Kelebihan Komunikasi Daring

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Adakah teman – teman tahu apa itu komunikasi daring? Jika belum, maka saya akan membagikan sedikit hal atau pengetahuan yang saya ketahui tentang komunikasi daring. Komunikasi dapatr kita artikan sebagai hubungan atau percakapan antara dua orang pihak, baik itu secara langsung atau tak langsung.

    Contoh komunikasi langsung ialah saat kita berbicara dengan seseorang yang dimana kita langsung bertatap muka dengannya. Sedangkan komunikasi yang tak langsung, itu adalah kebalikan dari komunikasi langsung, kita tidak bertatap muka dengan orang yang akan kita ajak bicara. Contohnya seperti chatting, SMS, dan lain sebagainya. Sedangkan “Daring” itu sendiri adalah singkatan dari “Dalam Jaringan”.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Sampai sini, apakah teman – teman dapat menyimpulkan apa itu komunikasi daring? Ya, komunikasi dalam jaringan, bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah komunikasi yang terjadi melalui jaringan, yaitu kita membutuhkan jaringan tersebut untuk dapat melakukan komunikasi. Apa contohnya? Chatting via Whatsapp misalnya, tanpa adanya jaringan kita tidak akan bisa menerima ataupun mengirim pesan, juga tidak bisa melakukan chatting.

     Ada banyak contoh komunikasi daring ini, jadi teman – teman hanya perlu mengetahui kuncinya, yaitu itu tadi komunikasi yang tidak bisa terjadi tanpa adanya jaringan. Komunikasi daring ini terbagi lagi kedalam dua bentuk, yaitu sinkron dan asinkron. Komunikasi sinkron disebut juga dengan komunikasi daring yang dilakukan secara bersamaan, maksudnya penerima dan pengirim melakukan komunikasi dengan waktu yang bersamaan (serentak) atau disebut dengan live.

    Sedangkan komunikasi daring asinkron ialah kebalikan dari sinkron, komunikasi ini terjadi secara tidak bersamaan, dan tidak live. Apakah teman – teman mengerti komunikasi yang terjadi secara live dan komunikasi yang terjadi secara tidak live? Saya akan memberikan contohnya, semoga dengan cara ini teman – teman dapat dengan mudah memahaminya, contoh komunikasi sinkron (secara live) ialah Video Call, Telephone.

    Baca juga : Pemanfaatan Radioaktifitas dan Dampaknya di Kehidupan Sehari Hari

    Itu terjadi secara langsung kan, dan teman – teman akan menerima panggilan serta dapat berkomunikasi dengan penelpon pada waktu yang bersamaan. Sedangkan untuk komunikasi asinkron (tidak live) contohnya saat teman – teman membaca sebuah artikel di internet, pasti teman – teman tidak dapat membaca artikel tersebut sebelum sang penulis mempostingnya kan. Nah, itu dikatakan tidak bersamaan atau tidak live.

    Komunikasi daring ini sudah banyak digunakan dikehidupan sehari – hari. Karena banyak keuntungan dan kelebihan yang dapat kita nikmati. Dengan adanya komunikasi ini, kita dapat terhubung dengan orang lain dibelahan bumi yang lain. Bahkan kita berkomunikasi dengan teman – teman diluar Indonesia, lihat seberapa canggihnya teknologi era ini.

    Saya akan memberitahukan kepada teman – teman kelebihan dari komunikasi daring ini, berikut :

    1. Hemat Biaya Transportasi

    Bayangkan, jika kita masih berada di zaman yang dimana hanya untuk berbicara saja kita harus bertemu dan bertatap muka langsung, mungkin masih biasa saja jika orang tersebut masih didaerah rumah kita atau masih di sekitar pulau yang kita tempati, tetapi jika orang tersebut adalah warga dari Negara tetangga, berapa biaya yang akan kita habiskan? Banyak bukan? Jadi dengan adanya komunikasi daring ini sangat membantu kita untuk menghemat pengeluaran.

    2. Tidak Membutuhkan Banyak Waktu

    Hal ini masih berkaitan dengan komunikasi yang terjadi jika orang yang akan kita ajak berkomunikasi itu memiliki lokasi yang cukup jauh dari kita, misalnya beda pulau saja. Tetap akan membutuhkan waktu untuk dapat bertemu bukan? Contohnya saja masalah kemacetan, jika kita tidak berangkat lebih awal dari orang lain, maka kita akan terjebak macet dan bukan tak mungkin kita akan sangat terlambat untuk menghadiri suatu pertemuan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    3. Memperat Hubungan

    Jika kita sedang berada jauh dari keluarga, misalnya. Kita tetap akan dapat berkomunikasi dan bertatap muka dengan orang yang kita rindukan, meski secara tidak langsung. Tetapi hal ini sudah sangat membantu tentunya, perasaan rindu tersebut akan hilang.

    Kita tak dapat memungkiri perkembangan teknologi saat ini, sebagai pengguna kita harus memanfaatkan kemajuan teknologi ini dengan sebaik – baiknya dan berlaku bijaksana. Saya rasa cukup sekian artikel ini, maaf atas segala kekurangan. Sekian.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Komunikasi Daring
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar