Robot Rebut Pekerjaan Manusia, Bos Perusahaan Siapkan Strategi

Daftar Isi

    LancangKuning.Com - Dalam film-film fiksi ilmiah seperti I-Robot, menunjukkan pekerjaan manusia bisa dilakuka robot. Kini, hal itu tak lagi fiksi karena sudah dapat direalisasikan. Banyak dari para ahli dan analis memprediksikan bahwa peran manusia di dalam dunia pekerjaan akan semakin menipis. Dan banyak pula dari berbagai pihak menyebutkan robot akan mengambil alih pekerjaan manusia yang bersifat repetitif dimasa yang akan datang.

    Dari prediksi-prediksi yang ada, hal tersebut menjadi perhatian bagi sejumlah petinggi perusahaan yang ada di dunia. Dalam pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF), beberapa petinggi perusahaan menyebut pertumbuhan mesin akan menjadi penyebab manusia kehilangan pekerjaan.

    Kini, tak jarang sejumlah perusahaan besar gencar dalam mengembangkan sistem otonomos yang didukung dengan machine learning, baik untuk robotika, kendaraan, dan 3D printer.

    Dari kutipan yang diambil pada liputan6.com yang juga mengutip dari Reuters, Selasa (24/1/2017). Pekerjaan (untuk manusia) akan menghilang. Pekerjaan akan berubah dan perubahan ini akan bertahan lama, tak mengenal kelas, dan memiliki dampak untuk semua orang," ujar CEO Hewlett Packard Enterprise Meg Whitman

    Alasannya, penggunaan teknologi jauh lebih mahal daripada memakai tenaga buruh yaitu manusia. Bukan berarti kondisi tersebut tidak akan terjadi. Maka dari itu, sejumlah eksekutif pada pertemuan tersebut mengakatan perlunya melakukan pengembangan tenaga kerja terampil.

    Universitas Oxford pada tahun 2013 memperkirakan setengah pekerjaan yang ada di Amerika  Serikat terancam dengan keberadaan mesin.

    Sementara Forrester Research menghitung setidaknya pada 2019, seperempat pekerjaan akan digantikan dengan robot software, robot fisik, serta sistem otonomos. Pada 2025, sebagian besar pekerjaan akan digantikan dengan yang lebih baru.

    (Sumber: Liputan6.com)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Robot Rebut Pekerjaan Manusia, Bos Perusahaan Siapkan Strategi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar