Keberkahan untuk Beberapa Bisnis Teknologi dibalik Wabah Corona

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Akhir-akhir ini penyebaran virus corona masih menjadi pusat perhatian hampir di seluruh dunia. Pasalnya virus ini tidak hanya tersebar dalam suatu negara saja melainkan dengan cepat hampir menguasai dunia. Korban yang meninggal akibat virus tersebut sudah begitu banyak bahkan mencapai ratusan orang sedangkan yang terinfeksi ribuan orang.

    Virus yang mulanya muncul di Wuhan, China ini cukup berdampak terhadap beberapa bidang bisnis diantaranya bisnis wisata, ritel, jasa, restoran dan beberapa bidang lainnya. Di Indonesia sendiri dampak dari wabah ini cukup terasa terlebih lagi dalam pendidikan, dimana sekolah dan kampus harus diliburkan karena himbauan sosial distancing oleh pemerintah.

    Selain itu beberapa perusahaan terpaksa harus tutup dan ada juga yang mengambil kebijakan dengan bekerja dari rumah. Meskipun terkesan cukup merugikan beberapa bidang usaha, namun untuk beberapa bisnis dalam teknologi dibalik Covid-19 ini justru mendatangkan keberkahan untuk mereka. Berikut beberapa industri bisnis yang mendapatkan keuntungan dari wabah corona ini :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Industri Game

    Merebaknya virus Covid-19 ini baik itu di china bahkan di hampir beberapa negara menetapkan untuk berdiam diri di rumah, ternyata hal ini menjadi keberkahan untuk developer game. Dilansir dari Kumparan.com bahwa terkhususnya di China pencarian keyword “game” berdasarkan indeks Baidu memiliki rekor tertinggi semenjak mulai terjadinya krisis ini bahkan melambung mencapai 60%.

    Salah satu aplikasi game yang paling banyak di download tersebut adalah Game For Peace and Honor Kings. Selain itu juga ada Face Plague Inc dimana para pemainnya memungkinkan untuk mengembangkan dan menyebarkan virus mematikan sehingga ini cukup menarik perhatian banyak orang.

    1. Layanan Kesehatan Online

    Sebagaimana kita tahu bahwa dampak dari wabah ini adalah menutup beberapa pusat bisnis untuk menghindari adanya perkumpulan. Dimana setiap orang disarankan untuk berdiam diri di rumah namun tetap menjaga kesehatan. Ketika sulitnya keluar rumah untuk menjalankan aktivitas kesehatan, otomatis kita harus bisa melakukannya meskipun dari rumah.

    Baca Juga : 

    Sehingga kebutuhan orang terkait Layanan kesehatan Online meningkat. Dimana di tengah wabah ini penting sekali bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan, sehingga development yang bergerak dalam bidang kesehatan online cukup diuntungkan dalam hal ini. Terlebih lagi kebutuhan konsultasi dengan dokter secara online saja.

    1. Aplikasi Kolaborasi

    Sebagaimana kita tahu bahwa himbauan untuk sosial distancing tentu saja menjadi dilema untuk beberapa perusahaan, dimana mereka harus mengambil keputusan antara meliburkan karyawan atau tetap bekerja dari rumah. Apabila keputusan bekerja dari rumah mereka ambil, tentu saja harus ada remote untuk mengontrol dan memastikan bahwa mereka benar-benar bekerja. Tidak hanya perusahaan, sekolah dan perguruan tinggipun diliburkan namun diganti dengan cara pembelajaran online.

    Keputusan untuk bekerja dari rumah dan belajar dari rumah ini memang sebuah keputusan yang sulit. Namun, berkat perkembangan teknologi tentu saja ini tidak menjadi sebuah permasalahan yang besar. Dimana beberapa perusahaan IT tentu saja kondisi ini bisa menjadi kesempatan untuk mereka dalam mengembangkan aplikasi kolaborasi untuk memfasilitasi berkerja dari jarak jauh. Dimana pimpinan tetap bisa memantau setiap karyawan yang bekerja meskipun di rumah masing-masing.  Setiap karyawan bisa termanajemen dan melakukan pekerjaan layaknya di kantor hanya saja mengalami perpindahan posisi kerja saja.

    Begitu juga dengan pengembang aplikasi pembelajaran daring, tentu saja sangat dibutuhkan sekali oleh sekolah dan perguruan tinggi. Dimana setiap siswa dan mahasiswa tetap harus terus belajar dan melangsung tatap muka bersama tenaga pengajar secara online. Diantara beberapa aplikasi yang banyak digunakan diantaranya Google Hangout, Zoom dan lainnya bahkan beberapa perusahaan IT berusaha mendevelopment sesuai kebutuhan kondisi yang ada.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Influencer

    Di tengah maraknya wabah ini ternyata beberapa influencer juga berusaha memberikan dukungan dalam pembuatan antivirus. Banyak sekali [ara influencer ini yang cukup tren dalam berbagi informasi terkait wabah virus corona, dan tentu saja mereka akan mendapatkan para pengikut yang ingin tahu tentang perkembangan dari penyebaran dan antisipasi covid 19 ini.

    1. E-Commerce

    Salain bidang bisnis di atas, aplikasi e-commerce juga salah satu banyak digunakan dalam masa krisis saat ini. Salah satu penyebabnya langkanya pasokan masker dan antiseprik seperti Hand Sanitizer dan lainnya. Selain langka, upaya untuk mengurangi keluar rumah tentu saja orang memilih bertransaksi secara online. Menggunakan platform e-commerce tentu saja akan menjadi salah satu solusi untuk tidak keluar rumah, dimana setiap kebutuhan cukup di order melalui aplikasi dan akan di antar oleh pihak ekspedisi.

    Itulah beberapa bidang bisnis yang meraih keuntungan atau keberkahan di balik adanya wabah Covid 19 ini. Sebagai warna negara yang baik untuk memutus mata rantai tersebar dan semakin meningkatnya grafik kasus dari corona ini sebaiknya patuhilah aturan untuk tetap berdiam diri di rumah.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keberkahan untuk Beberapa Bisnis Teknologi dibalik Wabah Corona
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar