Mengenal Mikroskop

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Sejarawan memuji penemuan mikroskop majemuk kepada pembuat tontonan Belanda, Zacharias Janssen, sekitar tahun 1590. Mikroskop senyawa menggunakan lensa dan cahaya untuk memperbesar gambar dan juga disebut mikroskop optik atau cahaya (versus mikroskop elektron). Mikroskop optik yang paling sederhana adalah kaca pembesar dan bagus untuk pembesaran sekitar 10 kali (10x).

    Mikroskop majemuk memiliki dua sistem lensa untuk pembesaran yang lebih besar, 1) lensa okuler, atau lensa okuler yang dilihat orang dan 2) lensa objektif, atau lensa yang paling dekat dengan objek. Sebelum membeli atau menggunakan mikroskop, penting untuk mengetahui fungsi masing-masing bagian.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Mikroskop adaIah aIat yang digunakan untuk meIihat benda yang terIalu keciI untuk mata teIanjang. Ilmu menyelidiki benda-benda keciI menggunakan instrumen seperti itu disebut mikroskop. Mikroskopis berarti tidak terIihat oleh mata kecuaIi jika dibantu oIeh mikroskop.

    Ada banyak jenis mikroskop, yang paling umum dan pertama kali ditemukan adalah mikroskop optik yang menggunakan cahaya untuk menggambarkan sampel. Jenis mikroskop utama lainnya adalah mikroskop elektron dan berbagai jenis mikroskop probe pemindaian.

    Jenis Jenis Mikroskop

    Mikroskop Cahaya Senyawa

    Biasanya teropong (dua lensa mata), mikroskop cahaya majemuk , menggabungkan kekuatan lensa dan  cahaya untuk memperbesar subjek yang dilihat. Biasanya, lensa mata itu sendiri memungkinkan pembesaran 10X atau 15X dan ketika dikombinasikan dengan tiga atau empat lensa objektif, yang dapat diputar ke bidang pandang, menghasilkan perbesaran yang lebih tinggi hingga maksimum sekitar 1000X secara umum.

    Mikroskop cahaya majemuk ini populer di kalangan ahli botani untuk mempelajari sel-sel tumbuhan, dalam biologi untuk melihat bakteri dan parasit serta berbagai sel manusia / hewan. light microscope objective lenses Ini adalah mikroskop yang berguna di laboratorium forensik untuk mengidentifikasi struktur obat. Mikroskop cahaya majemuk adalah salah satu yang paling akrab dari berbagai jenis mikroskop karena paling sering ditemukan di ruang kelas sains dan biologi.

    Baca juga : Sistem Klasifikasi 6 Kingdom

    Mikroskop Stereo

    Mikroskop stereo , juga disebut mikroskop pembedah, memiliki dua jalur optik pada sudut yang sedikit berbeda yang memungkinkan gambar dilihat tiga dimensi di bawah lensa. Mikroskop stereo diperbesar dengan daya rendah, biasanya antara 10X dan 200X, umumnya di bawah 100x. Dengan jenis mikroskop ini, Anda biasanya memiliki pilihan untuk membeli variasi tetap atau zoom dari produsen dan relatif murah. Penggunaan untuk jenis mikroskop ini termasuk melihat permukaan, bedah mikro, dan pembuatan arloji, ditambah membangun dan memeriksa papan sirkuit.

    Mikroskop Digital

    Masuki abad ke-21 dengan mikroskop digital dan memasuki dunia dengan detail luar biasa. Mikroskop digital, ditemukan di Jepang pada tahun 1986, menggunakan kekuatan komputer untuk melihat objek yang tidak terlihat oleh mata telanjang. Di antara berbagai jenis mikroskop, jenis ini dapat ditemukan dengan atau tanpa eyepieces untuk mengintip ke dalam. Terhubung ke monitor komputer melalui kabel USB, seperti menghubungkan printer atau mouse.

    Perangkat lunak komputer memungkinkan monitor untuk menampilkan spesimen yang diperbesar. Gambar bergerak dapat direkam atau gambar tunggal diambil dalam memori komputer. Keuntungan dari mikroskop digital adalah kemampuan untuk mengirim email gambar, serta nyaman menonton gambar bergerak untuk jangka waktu lama.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mikroskop Komputer USB

    Meskipun tidak cocok untuk aplikasi ilmiah yang sama dengan mikroskop cahaya lainnya, mikroskop Komputer USB , di antara berbagai jenis mikroskop, dapat digunakan pada hampir semua objek dan tidak memerlukan persiapan spesimen. Ini pada dasarnya adalah lensa makro yang digunakan untuk memeriksa gambar pada layar komputer yang terhubung ke port USB-nya. Namun, perbesaran dibatasi dan tidak sebanding dengan mikroskop cahaya majemuk standar Anda hanya hingga 200X dengan kedalaman bidang yang relatif kecil.

    Mikroskop Saku

    Dalam memeriksa berbagai jenis mikroskop yang tersedia di pasaran, mikroskop saku mungkin kecil tetapi kemampuannya mengesankan. Ini adalah perangkat yang merupakan hadiah besar untuk anak atau siswa Anda. Ini digunakan oleh para ilmuwan untuk pencitraan genggam berbagai spesimen / benda di lapangan atau di laboratorium. Ini kecil, tahan lama, dan portabel dengan perbesaran mulai dari 25x hingga 100x. Ada banyak model berbeda yang tersedia.(Egdaf)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mengenal Mikroskop
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar