Miris, Hanya karena Jogging, Dokter di Malaysia Terancam Dipenjara 

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Dokter Berlari

    Lancang Kuning, MALAYSIA – Salah satu dokter ahli jantung di Malaysia ditangkap oleh pihak kepolisan karena dinilai melanggar protokol Malaysia Movement Control Order (MCO). MCO merupakan protokol lockdown yang saat ini diterapkan oleh Malaysia karena wabah virus corona COVID-19 yang sudah menyebar ke negara tersebut.

    Baca Juga: 838 Pasien Corona Meninggal dalam Sehari di Spanyol

    Dokter bernama Ong Hean Teik berusia 61 tahun tersebut didakwa karena ketahuan bepergian ke Taman Bandaraya di sepanjang jalan Persiaran Quarry pada pukul 16.45 sore waktu setempat pada 19 Maret tanpa alasan yang sah.

    Baca Juga: Jubir Presiden Tegaskan Keringanan Kredit Diutamakan untuk Masyarakat yang Positif Corona

    Dilansir dari Malay Mail, dia pun dinyatakan telah melanggar peraturan Regulasi MCO 2020 dan didenda 1.000 ringgit yang setara dengan Rp3,7 Juta atau hukuman penjara tidak lebih dari enam bulan.

    Selain itu, dia juga didakwa karena sudah menghalangi seorang pelayan publik dalam melaksanakan tugasnya di tempat dan hari yang sama pada pukul 6 sore waktu setempat.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Untuk dakwaan kedua ini, sang dokter dapat dihukum hingga dua tahun penjara serta denda maksimum 10 ribu ringgit atau sekitar Rp37,6 juta, atau bisa keduanya ia dapatkan sekaligus sesuai ketetapan hakim.

    Hakim Jameliah Abdul Manaf mengatakan, Ong yang diwakili oleh pengacara Bala Mahesan, bisa saja dibebaskan dengan membayar uang jaminan sebesar 13 ribu ringgit atau sekitar Rp49 juta untuk kedua tuduhan itu serta menyerahkan paspornya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Dia juga diminta untuk melapor ke kantor polisi sebulan sekali dan menyebutkan tanggal kasusnya pada 9 Juni mendatang.

    Masalah ini berawal ketika petugas penegak Dewan Kota Pulau Penang (MBPP) melihat Ong sedang jogging di Taman Bandaraya dan segera memintanya untuk pulang ke rumah demi mentaati MCO yang sudah dilaksanakan sehari sebelumnya. Tapi, dokter itu menentang para petugas tersebut sambil bersikeras dia berhak untuk berada di taman rekreasi itu untuk berolahraga karena alasan kesehatan pribadi.

    Perselisihan itu terekam dalam sebuah video yang tersebar di media sosial. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Miris, Hanya karena Jogging, Dokter di Malaysia Terancam Dipenjara 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar