Wisata Sejarah Ke 5 Istana Kerajaan Melayu Di Bumi Lancang Kuning

Daftar Isi

    Wisata di RIAU - Riau adalah provinsi yang kaya akan sejarah. Banyak kerajaan yang tumbuh dan  berkembang di Bumi Melayu Lancang Kuning ini yang menjadi cikal bakal kebudayaan masyarakat melayu saat ini. Bahkan Provinsi Riau saat ini merupakan gabungan dari sejumlah kerajaan melayu yang pernah berdiri, seperti Kerajaan Indragiri, Kerajaan Siak dan masih banyak lagi. Nah, walaupun Kerajaan-Kerajaan tersebut telah menjadi sejarah, namun terdapat peninggalan berupa Istana Melayu di riau nan Indah. Berikut adalah 5 Istana Kerajaan Melayu yang dapat kamu jadikan sebagai destinasi wisata sejarah. Check it out !

    1. Kerajaan Pelalawan (1725 M - 1946 M)

    Kerajaan ini terletak di Kabupaten Pelalawan, istananya terbuat dari papan dengan desain yang sangat bernuansa melayu yang diberi nama Istana Sayap. Jadi ketika mengunjungi Kabupaten ini jangan lupa untuk mengunjungi Istana Kerajaan Pelalawan, karena Kerajaan ini turut berpengaruh besar dalam mewarisi budaya Melayu dan Islam di Riau.

    2. Kerajaan Indragiri (1347 M–1945 M)

    Kerajaan Indragiri adalah salah satu Kerajaan Melayu yang pernah berdiri di Riau, yang merupakan cikal bakal Kabupaten Indragiri Hilir dan Hulu. Sayangnya Istana Kerajaan ini telah lenyap karena abrasi Sungai Indragiri. Tapi, jangan kecewa karena pemerintah telah membangun replica Istana Kerajaan Indragiri ini berdekatan dengan Lokasi Danau Raja kota Rengat.

    3. Kerajaan Siak Sri Indrapura (1723 M–1945 M)

    Kerajaan Melayu ini berdiri di Kabupaten Siak. Istana Kerajaan Siak merupakan salah satu istana termegah di Riau dan merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Kota Siak.

    4. Kerajaan Rokan (Abad Ke-14 M)

    Kerajaan ini berada di Kota Lama, Kabupaten Rokan Hulu, begitu pula dengan Istana Kerajaannya. Nama kerajaan diambil dari nama sungai yang mengalir didaerah tersebut, yaitu sungai Rokan. Kerajaan Rokan Berdiri setelah Islam masuk ke wilayah Bumi Lancang Kuning.

    5. Kerajaan Rajo Koto Rajo

    Istana Kerajaan Rajo Koto Rajo dapat kamu temukan di Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi. Kerajaan ini juga merupakan salah satu Kerajaan Melayu yang pernah Berjaya di Provinsi Riau.

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang mencintai sejarahnya. Yuk, jadikan liburanmu lebih bermakna dengan mengunjungi peninggalan sejarah nan indah ini.

    (Ylz)

    Sumber : Dari berbagai Sumber

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wisata Sejarah Ke 5 Istana Kerajaan Melayu Di Bumi Lancang Kuning
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    66%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar