Bantu Masyarakat, Presiden Siapkan Dana Rp2 Triliun untuk UMKM di Tengah Wabah Corona

Daftar Isi

    Foto: Presiden Joko Widodo

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberi stimulus ekonomi hingga Rp2 triliun kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tujuannya, untuk menjaga daya beli para pengusaha kecil di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

    Baca Juga: Cegah Virus Corona, Bandara dan Pelabuhan di Papua Ditutup

    Hal ini diungkap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Menurutnya, insentif akan ditebar seluas mungkin agar menjangkau sekitar 64 juta unit usaha kecil yang ada di Indonesia.

    "Kami memberikan stimulus bagi peningkatan daya beli UMKM dan disetujui oleh presiden dengan anggaran Rp2 triliun," ujar Teten dalam keterangan resmi, Kamis (26/3).

    Baca Juga: Antisipasi Covid-19, Bawaslu Riau Laporkan Perkembangan Terkini Lewat VC Se Indonesia

    Teten mengatakan stimulus tersebut akan diberikan dalam beberapa program yang tengah digodok oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Salah satunya memberi bantuan langsung tunai senilai Rp3 juta per usaha mikro.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Rencananya, pemberian dana akan merujuk pada rekomendasi dari Dinas UMKM di daerah. Nantinya, masing-masing daerah tinggal memberi data ke pemerintah pusat.

    Lalu, memberikan bantuan sebesar Rp2 juta kepada individu yang memiliki usaha mikro. Kemudian, memberi skema bantuan Rp4 juta melalui kerja sama dengan BUMN pangan, seperti Perum Bulog.

    Kemudian, Bulog akan mendistribusikan produk pangan ke warung-warung tradisional. Tak ketinggalan, juga memberi subsidi biaya pengantaran bagi usaha mikro yang belum masuk platform digital.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Teknisnya ada beberapa model yang sedang kami persiapkan. Kami sedang memberikan stimulus bagi jasa antar termasuk tukang ojek online," katanya, melansir CNN Indonesia.

    Selain itu, sambung Teten, pemerintah juga akan mengalokasikan anggaran stimulus untuk mendongkrak daya beli masyarakat terhadap produk UMKM.

    "Diharapkan stimulus mampu mendongkrak penjualan produk-produk UMKM dengan anggaran Rp2 triliun dan diskon 25 persen untuk konsumen 2 juta orang, sehingga diharapkan akan memberikan stimulus terhadap daya beli UMKM sebesar Rp10 triliun," jelasnya.

    Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan dua paket kebijakan stimulus ekonomi untuk meredam tekanan di tengah pandemi virus corona di Tanah Air. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per Kamis (26/3) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus positif virus corona di Indonesia sudah mencapai 790 kasus, di mana 58 orang meninggal dunia dan 31 orang sembuh. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bantu Masyarakat, Presiden Siapkan Dana Rp2 Triliun untuk UMKM di Tengah Wabah Corona
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar