Perbedaan Komentar, Identifier dan Tipe Data

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Manusia diberikan akal dan kemampuan masing – masing. Sebagai manusia kita harus banyak bersyukur atas segala rizki yang kita dapatkan. Dan kita harus pandai menggunakan segala nikmat tersebut untuk hal – hal kebaikan. Salah satu contohnya, belajar.

    Dan belajar tidak harus berhenti dibangku sekolah saja, ilmu dapat kita dapatkan dari mana saja. Belajar dapat kita peroleh melalui banyak hal, tidak melulu harus duduk di bangku sekolah. Pembahasan artikel saya kali ini mengenai perbedaan hal - hal diatas.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Setiap saya menulis artikel, saya selalu berharap agar teman – teman yang membaca artikel ini dapat mendapatkan edukasi dan juga dapat menambah pengetahuan teman – teman semua. Dan juga semoga teman – teman tidak sulit untuk memahami apa yang saya sampaikan.

    Dari namanya saja, (komentar,identifier dan tipe data) sudah berbeda. Nah, jadi sebenarnya ketiga hal tersebut memiliki perbedaan jika teman – teman mengetahui. Mungkin kali ini saya akan menyampaikan perbedaan ketiga hal tersebut dari segi penggunaannya.

    Yang pertama, komentar. Komentar ini digunakan untuk menandai suatu baris kode, guna untuk mempermudah pengguna dan agar lebih mudah untuk dipahami. Komentar dibuat tidak untuk ditangkap oleh compiler. Berikut adalah tanda ataupun symbol pada komentar :

    (//) , dan (/*…*/)

    Kedua tanda diatas, juga memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Yaitu, jika tanda yang pertama (//) tidak dapat digunakan pada baris yang banyak, melainkan hanya pada satu baris saja.

    Contoh : /ini komentar/;

    Nah, sedangkan tanda atau simbol yang kedua, dapat digunakan pada banyak atau lebih dari satu baris kode.

    Contoh : /*ini komentar

                         ini komentar

                         ini komentar*/

    Kurang lebih seperti itulah contoh dari penggunaan karakter atau simbol dari komentar.

    Selanjutnya kita akan membahas tentang Identifier. Identifier adalah suatu tanda pengenal yang digunakan pada variabel, fungsi dan konstanta. Tanda ini dibuat agar terbaca pada compiler. Apakah teman – teman tau apa itu compiler? Compiler adalah suatu program yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan seorang programmer.

    Baca juga : Pengertian Polymorphism Pada Java

    Dalam penulisan Identifier teman – teman harus mengetahui aturannya, hal itu diantaranya adalah Identifier tidak menggunakan spasi, dan tidak bisa diawali dengan angka, dan tidak boleh menggunakan symbol.  Selanjutnya adalah tipe data. Tipe data adalah kumpulan objek yang dapat kita temui pada suatu data. Adapun fungsi tipe data adalah untuk menentukan bilangan bulat dan desimalnya.

    Dan ada jenis – jenis data yang dapat teman – teman ketahui, diantaranya :

    A. Tipe data sederhana (Primitive), merupakan tipe bilangan dasar dalam pemrograman. Tipe data sederhana (primitive) ini dibagi menjadi :

    1. Numeric, tipe data ini digunakan untuk menyimpan tipe data berbentuk angka. Dan data numeric terbagi atas dua, diantaranya yaitu Integer dan real. Integer adalah tipe data dalam bentuk bilangan bulat, yang masih terbagi lagi, yang terdiri dari Byte, Integer,Word,Loingint, dan Shortint. Selanjutnya, bilangan real yang merupakan bilangan pecahan.
    2. Character, adalah tipe data dapat menyimpan satu digit karakter saja yang berukuran 8 bit.
    3. Boolean, adalah tipe data yang bernilai TRUE(Benar) dan FALSE(Salah), atau ON dan OFF, dengan ON = 1 , dan OFF = 0.

    B. Tipe data yang dapat menyimpan lebih banyak nilai. Adapun contoh tipe ini ialah, Array,Record,Image,Date Time, Object,Subrange, serta Enumerase.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    C. Tipe data lainnya, sudah pasti jenis dari jenis ini tidak termasuk dari kedua jenis data sebelumnya. Contohnya, Pointer, Data terstruktur yaitu terdiri dari Data String dan Data Set.

     Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, sekali lagi saya berharap teman – teman dapat mengambil pengetahuan yang mungkin terdapat pada artikel ini, semoga bagi teman – teman yang membaca artikel ini mendapatkan manfaat. Dan mohon maaf atas segala kekurangan ataupun kesalahan bahasa yang saya gunakan. Sekian.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Komentar, Identifier dan Tipe Data
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar