Pengertian Inheritance

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Inheritance memiliki penjelasan yakni sebagai berikut ini. Inheritance dapat memiliki arti sebuah cara untuk membuat program yang mana setiap class dapat menjadi sebuah acuan untuk kelas yang lainnya. Dengan demikian cara inheritance merupakan bentuk cara untuk menerapkan sebuah program. Caranya yaitu dengan, menjadikan salah satu class sebagai panduan untuk class-class yang lain, dan juga untuk perintah selanjutnya yang akan digunakan.

    Dengan demikian, salah satu class dapat diturunkan untuk class dan perintah yang lain. Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui bahwa akan terdapat kemudahan dalam menggunakan cara ini. Karena, kita hanya perlu mempersiapkan beberapa class yang nantinya class ini akan dapat digunakan untuk fungsi maupun penerapan-penerapan method tertentu. Selain terdapat kemudahan cara penerapan ini untuk sebuah program tentunya juga memiliki kerumitan tersendiri.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Setiap penerapannya memerlukan ketelitian dan keakuratan untuk memanggil dan menghubungkan class tertentu. Dengan kata lain cara ini memiliki cara penerapan yang dilakukan secara terstruktur dan juga detail. Dan biasanya penerapan dari cara ini banyak digunakan untuk pemrograman yang menggunakan bahasa PHP. PHP sendiri merupakan salah satu jenis bahasa program yang banyak menggunakan cara serta method ini.

    Di dalam bahasa PHP banyak sekali perintah untuk memanggil class untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi yang lainnya. meskipun penerapannya dapat dilakukan secara terstruktur, sebenarnya cara ini juga dapat dijalankan secara acak. Maksudnya penerapan cara ini sebenarnya dapat berjalan meskipun penyusunan class nya teracak atau tidak teratur. Namun, dalam pemanggilan sebuah method atau perintah maka perlu menyertakan nama dari class tersebut.

    Agar tidak terjadi kesalahan fungsi.  Dari penjelasan ini dapat diketahui bahwa penerapan cara ini memiliki dua kelebihan. Dan dari penjelasan tersebut pula, dapat diketahui bahwa cara ini dapat diterapkan dalam dua bentuk penggunaan. Penggunaannya terbagi menjadi secara terstruktur dan juga acak.  Penerapannya yang terbagi dua ini menjadi kelebihan dari penerapan inheritance untuk menjalankan sebuah fungsi program.

    Baca juga : Fungsi Struktur Kontrol Keputusan dalam Pemrograman

    Dibalik kelebihan cara inheritance, terdapat beberapa kesulitan untuk menerapkannya kedalam program. Jika pengguna cara ini tidak mengerti dengan baik dalam menggunakan dan menerapkannya maka program yang dibuat tidak akan bekerja atau berjalan dengan semestinya.

    Banyak sekali sebutan untuk istilah-istilah yang terdapat dalam penerapan cara inheritance ini. Beberapa istilah yang mungkin telah  kita kenal seperti, class, method, enkapsulsi, dan terdapat istilah yang bernama property. Beberapa istilah barusan merupakan istilah-istilah yang akan muncul dalam penerapan cara inheritance. 

    Setiap istilah tersebut memiliki arti dan penjelasan serta fungsi tersendiri. Dan beberapa istilah tersebut dapat terbagi lagi menjadi beberapa bagian.  Contohnya seperti pembagian istilah class serta penjelasannya. Class dapat dibagi menjadi induk class, kemudian terdapat anak class, keduanya memiliki penjelasan serta fungsi yang berbeda. Induk class ialah, class yang menjadi panduan atau acuan yang akan diberikan atau diturunkan untuk anak class. Sedangkan anak class sendiri, memiliki penjelasan serta fungsi yang berlawanan dengan induk class.

    Baca juga :  Tempat Wisata di Pekanbaru

    Anak class ialah class yang menjadi penerima dari acuan, panduan dan juga apa yang diturunkan oleh induk class. Selanjutnya terdapat enkapsulasi yang memiliki penjelasan yaitu cara untuk memberikan hak akses untuk sebuah method. Hal ini memiliki tujuan agar program yang dibuat menjadi tersusun dengan baik atau bisa disebut dengan terstruktur. Selain terdapat istilah method dalam cara ini terdapat istilah lagi yang bernama property.

    Cara inheritance ini banyak menggunakan class dalam menerapkan program, oleh karena itu, cara ini memiliki kekurangan atau kelemahan. Kekurangan dari cara ini akan muncul ketika, terdapat atau ada sebuah property yang sama. Hal ini juga berlaku untuk sebuah method yang memiliki nama yang sama pula. Jika hal tersebut terjadi maka cara penerapannya akan menjadi lebih sulit lagi. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Inheritance
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar