Struktur Kontrol Program

Daftar Isi

    LancangKuning - Struktur dari kontrol program terbagi menjadi beberapa jenis struktur. Jenis dari struktur kontrol program salah satunya yaitu dimulai dari struktur program yang bernama struktur berurutan. Struktur berurutan merupakan bentuk struktur yang sederhana dari struktur yang lainnya. Struktur ini digunakan sesuai dengan namanya, ia dijalankan secara urut dari awal hinga akhir program.

    Penerapannya dapat diketahui dari contoh penerapan statemen awal dan berlanjut ke statemen berikutnya. Untuk penerapan struktur yang berurutan ini terdapat beberapa komponen atau bagian-bagian yang saling terkait. Misalnya blok program, dan di dalam blok program ini terdapat lagi bagian-bagian seperti beberapa variabel yang berguna untuk menentukan komponen yang ada dalam struktur kontrol program.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Bahasa program biasanya dituliskan dengan cara penerapan dari struktur yang telah ditentukan dari awal. Dan seperti yang kita lihat bahasa program memiliki banyak jenis serta cara penulisannya juga berbeda-beda serta menarik. Untuk menerapkan sebuah bahasa program dengan menggunakan struktur tertentu, terdapat beberapa jenis struktur yang dapat kita gunakan.

    Yang pertama struktur sekuensial, struktur ini menggunakan cara penulisan yang berurutan dan juga sistematik. Jadi penggunaan struktur ini akan memerlukan konsep yang selalu teratur dan juga berhubungan. Berikutnya ada struktur yang bernama struktur seleksi, struktur ini menggunakan konsep atau cara penerapan penulisan dengan cara menguji.

    Untuk dapat menguji menggunakan struktur ini dilakukan cara yang bernama pembuatan cabang-cabang. Dengan adanya cabang-cabang ini maka, dapat dilakukan sejumlah perintah untuk mengarahkan ke tahap tertentu yang menjadi tujuannya. Karena penerapan ini hanya mengenal dua fungsi yaitu benar dan salah maka terjadilah proses yang bernama percabangan.

    Penerapannya dengan cara membentuk cabang memberikan pengaruh yang selalu memerlukan suatu kondisi atau keadaan. Dan di dalam percabangan sendiri jika terjadi kesalahan dalam pengujian maka akan dilakukan yang namanya pengulangan. Proses ini akan terus dilakukan dan berlangsung jika apa yang dicari mengalami kesalahan.

    Baca juga : Perbedaan Konstanta Bilangan Dan Konstanta Teks

    Dengan demikian kita dapat mengetahui bahwa percabangan menjadi saling berhubungan dengan pengulangan untuk mendapat nilai yang benar. Sangat banyak sekali jenis-jenis dari bahasa program. Beberapa bahasa program yang mungkin kita ketahui dan tidak kita ketahui dapat kita lihat sebagai berikut ini. Yang pertama ada bahasa pascal, bahasa ruby, bahasa python, bahasa C, bahasa java script, bahasa html, bahasa php, dan banyak lagi jenis dari bahasa program.

    Setiap jenis dari bahasa-bahasa program yang telah disebutkan tersebut, memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan cara penulisan atau penerapan setiap fungsinya, cara untuk setiap penulisan bahasa program diatas berbeda-beda serta unik atau menarik. Bahkan dapat dikatakan beberapa diantaranya memiliki kesulitan tersendiri untuk menerapkannya. Namun, di balik kesulitan dan kerumitan nya setiap bahasa memiliki kelebihan tersendiri.

    Selain memiliki kelebihan dan kekurangan setiap bahasa pastinya memiliki kekurangan. Oleh karena itu, beberapa jenis bahasa saling berhubungan untuk menggunakannya. Contohnya dapat diketahui dari penggabungan bahasa program html dengan php. Kemudian kedua bahasa tersebut dikombinasikan lagi dengan bahasa program yang bernama bahasa java script.

    Tentunya dari penggabungan bahasa program ini memiliki maksud dan tujuan tertentu agar sebuah fungsi program dapat berjalan baik. Karena, setiap bahasa memiliki kekurangan dan kelebihan maka dengan cara menggabungkan beberapa jenis bahasa dapat menutupi dan melengkapi kekurangan bahasa yang lain sehingga fungsi-fungsi program dapat berjalan baik.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Setiap jenis bahasa hanya dapat menerapkan beberapa fungsi tertentu. Oleh karena itu, program yang berjalan bergantung pada fungsi yang diterapkan.  Dan karena, sebab ini beberapa program dapat berjalan namun penerapannya akan sulit. Oleh sebab itulah, beberapa melakukan penggabungan bahasa program agar program yang diterapkan memiliki kelebihan.

    Struktur pengendali atau kontrol sendiri memiliki penjelasan lain yakni, sebuah penertiban atau aturan jalan program, yang dapat berwujud sebuah perintah atau fungsi-fungsi yang perlu ditulis. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Struktur Kontrol Program
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar