Perbedaan Procedure dan Function

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada artikel kali ini, saya akan membahas hal yang berbeda dari kemarin. Jika kemarin kita telah membahas mengenai buku digital yang kita sebut ebook ataupun epub. Kali ini saya akan membahas tentang perbedaan Procedure dan Function.

    Apakah teman – teman tau apa itu Procedure? Dan apakah teman – teman tau apa itu Function? Jika teman – teman paham bahasa inggris, mungkin teman – teman akan mengatakan bahwa Procedure ialah langkah – langkah, dan Function ialah fungsi. Itu tidak salah, tapi pada artikel kali ini kita akan membahas makna Procedure dan Function dalam bidang pemrograman.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Baiklah, saya akan memberitahukan kepada teman – teman apa itu Procedure dalam pemrograman. Procedure adalah sebuah sistem yang dapat menjalankan perintah dan sistem ini dapat digunakam lebih dari satu kali penggunaan.

    Sedangkan Function adalah sebuah statement yang akan mengembalikan nilai kepada pengguna yang menginput data atau sebagai pemanggil.

    Adapun perbedaan dari kedua sistem diatas adalah Function akan mengembalikan nilai pada pengguna (pemanggil) sedangkan Procedure tidak bisa mengembalikan nilai tersebut pada pengguna. Selain itu, Procedure dapat digunakan tanpa membutuhkan parameter, sedangkan Function justru sebaliknya, ia membutuhkan sebuah parameter.

     Dan nilai pada Function dapat dikonversikan dalam bentuk variable, sedangkan Procedure tidak dapat dikonversikan nilainya.  Nah, jadi itu tadi perbedaannya. Teman – teman tau tidak apa fungsi dari kedua sistem tersebut? Berikut jawabannya jika teman – teman tidak tahu.

    Baca juga : Dasar Dasar Pengoperasian Visual Basic

    Sebelum lanjut ke fungsi, saya akan menjelaskan pengertian Procedure karena mungkin ada beberapa dari teman – teman yang masih bingung tentang pengertian simplenya. Begini, Procedure ialah salah satu blok program yang dimana kita dapat menuliskan kodingan program disana. Bagaimana? Sudah  terbayang belum teman – teman? Atau teman – teman belum mengetahui apa itu koding?

    Baca juga :

    Baik, tenang. Saya akan menjelaskan agar teman – teman bisa mengerti. Pernahkah teman – teman mendengar istilah Sublime Text? atau Visual Studio Code? Jika belum, tidak apa – apa saya akan menjelaskan sekilas mengenai dua aplikasi tersebut. Jadi kedua aplikasi diatas adalah satu dari beberapa jenis teks editor yang didalam halaman aplikasi tersebut kita dapat menuliskan kode pemrograman.

     Itu pengertian sederhana nya ya teman – teman. Pernahkah teman – teman menuliskan kode pemrograman? Jika pernah, pasti teman – teman mengerti apa itu koding. Jadi, koding ialah kegiatan menuliskan kode ataupun perintah yang dapat dibaca komputer atau laptop melalui bahasa pemrograman. Nah, kode – kode atau perintah tersebut nantinya akan dituliskan pada teks editor, seperti Sublime Text dan Visual Studio Code. Dan ada dua jenis Procedure ini yaitu yang bersifat lokal dan dan global.

    Dan fungsi dari Procedure dan Function ini adalah untuk membagi program besar ke dalam bentuk – bentuk sederhana sehingga menjadi lebih sederhana. Dan hal ini sangat membantu ketika kita melakukan suatu pekerjaan, apalagi jika berkaitan dengan mengetikkan kode atau perintah.

    Itulah tadi artikel sederhana dari saya. Mohon maaf jika dalam menyampaikan informasi teman – teman sulit untuk memahaminya, jika teman – teman ingin menjadi seorang Programmer maka teman – teman harus mengerti dasar – dasarnya. Mulai dari coding hingga mampu menguasai bahasa pemrograman. Karena, itu merupakan hal yang sangat penting dan menjadi modal seorang programmer.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

     Ada banyak bahasa pemrograman, diantaranya Python,PHP,JavaScript,C# dan masih banyak lagi. Jika teman – teman masih duduk dibangku sekolah, maka manfaat kan lah hal itu untuk belajar tanpa mengenal kata menyerah. Namun, jika teman – teman sudah tidak dibangku sekolah, tidak perlu khawatir.

    Karena teknologi di jaman ini sudah sangat canggih, seperti yang kita ketahui bahwa kita dapat mengakses informasi dengan hanya melalui handphone. Dan teman – teman juga tidak boleh menyerah, harus selalu berusaha dan juga disertai doa.

    Sekian artikel dari saya, sekali lagi saya meminta maaf apabila dalam penyampaian artikel ini, terdapat kata – kata yang membingungkan teman – teman.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Procedure dan Function
    Sangat Suka

    27%

    Suka

    9%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    63%

    Komentar