Cara Membuat E-Book Dengan Calibri

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Buku elektronik atau yang sering di kenal dengan sebutan e-book merupakan buku digital yang bisa di baca melalui hand phone. E-book tidaklah berbeda jauh dengan buku pada umumnya yang sering kita baca yang  di tulis atau di ketik di lembaran kertas serta terbuat dari lembaran – lembaran kertas.

    Sedangkan buku digital atau buku elektronik ( e-book ) berisi informasi – informasi yang berbasis digital yang juga dapat di baca dan seperti layaknya sebuah buku yang memilki teks dan gambar. Buku elektronik atau e-book sangatlah diminati oleh kebanyakan orang karena bisa di pakai kapan saja dan dimana saja berada.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Asalkan anda telah mengunduh e-book dari internet atau memiliki akses internet untuk dapat membaca e-book tersebut. Pada buku digital atau e-book memiliki banyak fitur yang bisa dipakai untuk memudahkan orang dalam membaca e-book , fitur – fitur yang terdapat pada e-book tersebut diantaranya adalah :

    1.Fitur halaman : apabila seseorang yang membaca e-book kemudian sulit untuk mencari – cari atau memindahkan halaman, maka fitur ini sangatlah membatu, para pembaca hanya menukar angka yang ada pada fitur tersebut lalu menekan enter, lalu otomatis anda akan di arahkan ke halaman yang sesuai dengan angka yang anda buat.

    2.Fitur Zoom : fitur ini memudahkan pembaca dalam memperbesar ukuran kalimat atau e-book dan juga memperkecil ukuran e-book tersebut. dll

    Buku digital memiliki format buku seperti doc, pdf, jpeg, dan lain –lain. Pada setiap format yang ada pada e-book terdapat kelebihan serta kekurangannya tersendiri, itu pun tergantung dengan alat apa yang digunakan untuk membaca e-book tersebut.

    Langkah – langkah untuk membuat E-book dengan Menggunakan Calibri

    Sebelum melakukan langkah – langkah, hal pertama yang anda lakukan yaitu membuka file yang berformat .doc , dan mengubah semua judul bab tersebut menjadi Heading. Setelah hal tersebut telah anda lakukan berikutnya lakukan langkah – langkah berikut.

    Baca juga : Karakteristik Komunikasi Interpersonal

    Membuat Buku Digital atau E-book dengan menggunakan Calibri

    Menurut situs web Calibri menjelaskan bahwa Calibri merupakan sebuah aplikasi manajemen perpustakaan e-book yang memberikan sumber terbuka dan gratis yang telah dikembangkan oleh pengguna buku elektronik. Berikut adalah langkah – langkah membuat e-book dengan Calibri.

    1.Buka file dan pilih heading 1 dari menu style, lalu simpan dokumen tersebut dalam bentuk HTML.

    2.Buka Calibri lalu klik tombol Add books, setelah kotak dialog muncul, anda bisa menjelajah ke tempat file HTML anda berada.

    3.Setelah file HTML yang baru ditambahkan  ke  dalam perpustakaan Calibri, pilih file baru dan klik tombol Edit metadata  dari sini anda bisa menambahkan informasi seperti : Judul, Penulis, Deskripsi, Gambar Sampul, Halaman dan lain – lain. Setelah semuanya sudah anda lakukan maka selanjutnya menekan tombol OK

    4.Sekarang klik tombol konversi buku dari kanan atas layar baru, anda juga dapat memilih pub atau mobi. Ada beberapa pilihan yang tersedia, namun anda tidak perlu memakai pilihan tersebut secara keseluruhan. Anda hanya bisa menggunakan beberapa pilihan dari opsi – opsi yang tersedia.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    5.Pilih tab Look && Fell dari sisi kotak dialog baru. Setelah itu pilih Remove spacing between paragraphs . kemudian pilih ikon tongkat di sebelah kanan Level 1 TOC ( ekspresi to path ). Di tab baru pilih h1  dari menu drop-down di bawah Cocokkan nama tag. Klik OK untuk menutup tab. Selanjutnya klik OK  lagi untuk mengonversikan file. Setelah konversi telah selesai, anda bisa mengklik tombol Convert book lagi kemudian pilih format yang berbeda.

    Langkah – langkah di atas sangatlah mudah jika anda membuat mengikutinya dari awal hingga akhir. Jadi ketika anda ingin membuat beberapa buku digital anda dapat membuatnya menggunakan Calibri atau yang lainnya.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membuat E-Book Dengan Calibri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar