Listrik Statis Dan Listrik Dinamis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Listrik dinamis dengan listrik statis memiliki beberapa definisi serta penjelasan berikut ini penjelasan serta beberapa definisi tersebut. Listrik statis memiliki penjelasan serta definisi sebagai jenis listrik yang tenang dan tidak bergerak. Berikutnya jenis listrik dinamis, jenis listrik ini ialah listrik yang berbeda karakter serta sifatnya dengan listrik statis, listrik jenis ini memiliki sifat yang bergerak.

    Dengan kata lain listrik dinamis menjadi listrik yang tidak diam atau listrik yang tidak tenang, dikarenakan listrik jenis ini terus bergerak. Didalam kelistrikan statis dan dinamis terdapat beberapa istilah yang saling berkaitan dan berhubungan dengan kedua jenis listrik tersebut. Beberapa istilah yang sering muncul atau kita dengar ialah sebagai berikut. Istilah yang pertama ialah  muatan, muatan listrik ialah energi yang dimiliki dari listrik baik listrik jenis statis maupun listrik jenis dinamis.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Energi tersebut juga terbagi menjadi energi yang positif dan juga energi yang negatif atau biasa dikenal dengan istilah muatan positif dan juga muatan negatif. Dan setiap muatan-muatan diatas terbentuk dari yang namanya zat, dan zat yang membentuknya yakni sebuah atom-atom maupun atas kumpulannya. Atom yang membentuk juga terbagi lagi menjadi proton dan juga elektron.

    Proton menjadi muatan atau energi yang memiliki sebuah muatan yang positif. Dan berkebalikan dengan atom elektron, atom elektron memiliki muatan yang energinya negatif. Jadi keduanya saling berlawanan, namun karena adanya perpaduan atau kombinasi keduanya terbentuklah aliran listrik. Setiap istilah yang muncul diatas akan banyak dibahas dan muncul dalam kelistrikan.

    Listrik statis dan juga listrik dinamis menjadi bagian dari kehidupan kita, keduanya sering bahkan selalu kita jumpai. Karena, keduanya menjadi hal yang kita butuhkan. Meskipun tidak dibutuhkan sekalipun, kedua jenis listrik tersebut tetap ada disekitar kita. Listrik ialah suatu kejadian yang mana terdapat muatan listrik didalamnya. Karena, listrik terbagi menjadi dua macam, maka karakter dan juga sifatnya juga berbeda-beda.

    Baca juga : Penyebab Terjadinya Listrik Statis

    Listrik dapat menjadi bermanfaat dan dapat menjadi berbahaya. Keduanya bergantung dari cara kita menggunakan dan memanfaatkannya. Beberapa contoh dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi bukti dari adanya jenis listrik statis dengan listrik dinamis ialah sebagai berikut ini. Yang pertama ialah contoh dari pengaruh listrik statis yang dapat terjadi dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya bagi kita.

    Contoh pertama dapat kita ketahui dan mungkin saja hampir setiap hari kita rasakan. Pada saat kita menonaktifkan televisi, maka akan terjadi gaya tarik ketika kita mendekatkan tangan maupun telapak tangan kita di layar televisi tersebut. Kemudian pada saat menyisir rambut, selanjutnya ketika kita memotong selembar kertas atau terdapat beberapa koyakan kertas-kertas kecil yang menempel pada penggaris.

    Selanjutnya ialah bukti dari adanya listrik dinamis, contohnya dapat dilihat dari pembangkit listrik yang digunakan untuk menyalurkan listrik, kemudian dari dinamo. Beberapa contoh barusan membuktikan akan adanya kedua jenis listrik tersebut. Namun untuk masalah dari setiap pengaruh listrik diatas keduanya memiliki pengaruh yang berbeda-beda baik untuk kita maupun lingkungan sekitar. Dan setiap pengaruh yang dikeluarkan juga berbeda dampaknya sesuai dengan jenis listriknya. 

    Baca juga :  Tempat Wisata di Riau

    Pada umumnya jenis listrik statis menjadi jenis listrik yang pengaruh atau dampaknya tidak besar, berbeda dengan jenis listrik dinamis, jenis listrik ini memiliki pengaruh atau dampak yang besar untuk kita dan lingkungan sekitar. Pengaruh ataupun dampak yang diakibatkan dari kegiatan listrik tersebut bergantung pada kekuatan yang dihasilkan dari energi dari listrik itu sendiri.

    Listrik statis dengan listrik dinamis keduanya tidak dapat hilang dari kehidupan kita. Disebabkan listrik telah menjadi suatu kebutuhan yang selalu digunakan untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari. Dan listrik menjadi kebutuhan yang tidak dapat dilepaskan begitu saja.  Listrik tidak dapat ditinggalkan dan selalu dibutuhkan karena listrik memberikan beberapa kemudahan dan kecepatan dalam mengerjakan sesuatu. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Listrik Statis Dan Listrik Dinamis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar