Penyebab Terjadinya Listrik Statis

Daftar Isi

    LancangKuning.com -  Mungkin diantara kalian belum mengetahui bagaimana proses terjadinya listrik statis, Listrik Statis adalah sebuah gejala listrik di dalam sebuah benda yang tidak langsung benda tersebut tidak aliri oleh arus listrik. Semua benda fisik terdiri dari atom. Di dalam atom adalah proton, elektron dan neutron.

    Proton bermuatan positif, elektron bermuatan negatif, dan neutron netral. Karena itu, semua hal terdiri dari tuduhan. Biaya yang berlawanan menarik satu sama lain (negatif ke positif). Seperti biaya saling tolak (positif ke positif atau negatif ke negatif). Sebagian besar waktu muatan positif dan negatif seimbang dalam suatu objek, yang membuat objek itu netral.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Listrik statis adalah hasil dari ketidakseimbangan antara muatan negatif dan positif pada suatu objek. Biaya ini dapat menumpuk di permukaan suatu objek sampai mereka menemukan cara untuk dilepaskan atau dibuang. Salah satu cara untuk melepaskannya adalah melalui sirkuit.

    Menggosok material tertentu satu sama lain dapat mentransfer muatan negatif, atau elektron. Misalnya, jika Anda menggosok sepatu di karpet, tubuh Anda mengumpulkan elektron ekstra. Elektron menempel pada tubuh Anda sampai mereka dapat dilepaskan. Saat Anda mencapai dan menyentuh teman berbulu Anda, Anda mendapat kejutan. Jangan khawatir, hanya kelebihan elektron yang dilepaskan dari Anda ke hewan peliharaan Anda yang tidak curiga.

    Saat Anda melepas topi, elektron ditransfer dari topi ke rambut, menciptakan tatanan rambut yang menarik, objek dengan muatan yang sama saling tolak. Karena mereka memiliki muatan yang sama, rambut Anda akan berdiri tegak. Rambutmu hanya berusaha untuk saling menjauh sejauh mungkin.

    Saat Anda menggosokkan balon ke pakaian Anda dan menempel di dinding, Anda menambahkan kelebihan elektron muatan negatif ke permukaan balon. Dinding sekarang lebih bermuatan positif daripada balon. Ketika keduanya bersentuhan, balon akan menempel karena aturan yang berlawanan menarik positif ke negatif .Untuk informasi dan percobaan listrik statis yang lebih banyak.

    Baca juga : Dampak Positif AMDAL

    Filsuf dan ahli matematika Yunani kuno Thales of Miletus adalah yang pertama menggambarkan listrik statis, pada abad keenam SM, tetapi para ilmuwan telah berjuang selama beberapa dekade untuk menjawab pertanyaan mendasar itu. Namun, para peneliti yang bekerja di skala nano baru saja membuat langkah besar ke depan dalam upaya untuk memahami mengapa menggosok dua permukaan secara bersamaan dapat menyebabkan kejutan.

    Listrik statis turun ke gaya interaktif antara muatan listrik. Pada skala atom, muatan negatif dibawa oleh partikel elementer kecil yang disebut elektron. Sebagian besar elektron tersusun rapi di dalam sebagian besar materi, apakah itu batu yang keras dan tidak hidup atau jaringan tubuh Anda yang lunak dan hidup. Namun, banyak elektron juga duduk tepat di permukaan material apa pun.

    Setiap bahan yang berbeda berpegangan pada elektron permukaan ini dengan kekuatan karakteristiknya yang berbeda. Jika dua material saling bergesekan, elektron dapat terkoyak dari material yang "lebih lemah" dan menemukan diri mereka berada pada material dengan kekuatan ikatan yang lebih kuat.

    Pemindahan elektron ini - yang kita ketahui sebagai percikan listrik statis - terjadi setiap saat. Contoh yang terkenal adalah anak-anak yang meluncur ke bawah seluncuran, berjalan di atas karpet atau seseorang melepaskan sarung tangan wol untuk berjabat tangan. Tetapi kita melihat efeknya lebih sering di bulan-bulan musim dingin yang kering, ketika udara memiliki kelembaban yang sangat rendah.

    Udara kering adalah insulator listrik, sedangkan udara lembab bertindak sebagai konduktor. Inilah yang terjadi: Di ​​udara kering, elektron terperangkap di permukaan dengan kekuatan ikatan yang lebih kuat. Tidak seperti ketika udara lembab, mereka tidak dapat menemukan cara mereka untuk mengalir kembali ke permukaan tempat mereka berasal, dan mereka tidak dapat membuat distribusi biaya seragam lagi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Percikan listrik statis terjadi ketika sebuah objek dengan kelebihan elektron negatif mendekati objek lain dengan muatan yang lebih sedikit negatif - dan kelebihan elektron cukup besar untuk membuat elektron "melompat". Elektron mengalir dari tempat mereka dibangun - seperti pada Anda setelah berjalan melintasi karpet wol - ke hal berikutnya yang Anda hubungi yang tidak memiliki kelebihan elektron - seperti gagang pintu.

    Listrik statis statis dapat terjadi dikarenakan adanya perpindahan sebuah benda yang memiliki muatan positif ke sebuah benda lainnya yang memiliki sifat negatif yang nantinya elektron akan bergerak pindah dari benda bermuatan positif ke benda yang bermuatan negatif.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyebab Terjadinya Listrik Statis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar