Komponen Lingkungan Yang Dikaji Dalam Amdal

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah artikel dengan judul “Komponen Lingkungan yang dikaji dalam Amdal”. Mungkin beberapa dari pembaca maih ada yang asing dengan kata “Amdal” ini. Nah, untuk mengobati rasa penasaran itu, terlebih dahulu saya akan membahas tentang apa itu Amdal.

    Kata “Amdal” ini memiliki kepanjangan, yaitu Analisis Dampak Lingkungan. Setelah mendengar kepanjangannya, pembaca pasti sudah mendapatkan gambaran sederhana tentang  apa makna Amdal itu sendiri. Amdal ini merupakan salah satu bentuk dari penelitian, dimana kegiatannya itu mirip seperti mengobservasi atau mengamati suatu kegiatan ataupun rencana dan menemukan akibat atau dampak dari hal tersebut pada lingkungan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dengan adanya amdal ini, dapat sangat membantu didalam sebuah lingkungan masyarakat. Karena, hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai pencegah atau juga dapat dijadikan pembelajaran dimasa mendatang agar suatu hal yang menyebabkan akibat buruk tersebut tidak terulang kembali.

    Selain itu, amdal juga dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk memutuskan suatu rencana seperti mempertimbangkan dampak yang mungkin terjadi pada lingkungan ketika akan melakukan suatu kegiatan ataupun usaha. Amdal merupakan kegiatan menganalisis yang mencakup berbagai aspek, mulai dari fisika hingga sosial budaya.

    Dan amdal ini juga berperan untuk membantu aparat Negara ataupun wakil daerah dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang sejahtera. Karena amdal dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan di masyarakat. Selain membantu pemerintah, amdal juga sangat membantu seseorang yang akan memulai suatu usaha. Dengan adanya analisis dampak lingkungan ini, maka seseorang akan lebih tenang karena ia dapat mengetahui dampak - dampak apa saja yang mungkin terjadi pada usaha yang akan ia mulai.

    Setidaknya, ia sudah mengetahui langkah apa yang akan dilakukan ketika suatu permasalahan terjadi. Dan amdal juga telah memiliki aturan pemerintah yang sah, seperti No. 27 1999, No. 27 tahun 2012 dan masih banyak lagi. Nah, itu tadi informasi sekilas tentang arti amdal atau analisis dampak lingkungan. Selanjutnya, saya akan membahas tentang apa saja komponen-komponen lingkungan yang dikaji Amdal.

    Baca juga : Metodologi Desain Komunikasi Visual (DKV)

    Yang pertama, ialah aspek fisik-kimia. Fisika ini merupakan ilmu yang berkaitan dengan alam, sedangkan kimia ialah ilmu yang juga merupakan bagian dari ilmu fisika, namun kimia ini membahas tentang perubahan zat, atom dan masih banyak lagi. Jadi dapat dikatakan bahwa ilmu fisika ini adalah induk dari ilmu kimia.

     Yang kedua, ialah aspek ekologi. Ekologi ini merupakan ilmu yang membahas tentang kehidupan manusia dengan manusia lainnya, dan dengan lingkungannya. Ilmu ini juga mempelajari tentang ekosistem.

    Yang ketiga, ialah aspek sosial – ekonomi, aspek ini membahas seputar kehidupan ekonomi masyarakat. Dan hal ini juga dapat dikaitkan dengan suatu usaha yang hendak didirikan.

    Yang selanjutnya, ialah aspek sosial – budaya. Kata ini pasti sudah sering kita dengar. Benar, aspek ini membahas tentang kebudayaan, nilai – nilai yang ada dimasyarakat serta membahas mengenai kebudayaan.

    Yang berikutnya, ialah aspek kesehatan. Kesehatan ini adalah hal yang sangat berharga, dan aspek yang cukup diperhatikan dalam lingkungan masyarakat. Dan kesehatan juga asset penting bagi manusia.

    Selain aspek diatas, ada juga beberapa contoh kegiatan amdal. beberapa diantaranya yaitu bidang pertanian, pertahanan, perindustrian, teknologi satelit, pariwisata bahkan pengelolaan limbah. Jadi, amdal juga termasuk hal yang dapat membantu masyarakat pemecahan suatu masalah dalam  masyarakat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Dan ternyata, amdal ini telah bergabung dengan lembaga resmi sebagai penyedia jasa analisis dampak lingkungan. Bahkan peraturan pemerintah mengenai analisis dampak lingkungan (amdal) ini sudah resmi dan sah. Hal tersebut menambah keakuratan dan membentuk kepercayaan masyarakat untuk tidak terlalu khawatir akan hal buruk yang akan terjadi. Proses penganalisaan ini, melewati beberapa langkah.

    Proses demi proses akan dilewati, dan hasil akhirnya akan diumumkan kepada masyarakat. Dan proses penganalisaan ini dibuat berdasarkan data dan fakta yang akurat. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen Lingkungan Yang Dikaji Dalam Amdal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar