Fungsi Decoder

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Fungsi decoder yang paling utama ialah untuk dapat memudahkan seseorang pada saat menghidupkan tujuh segment hal inilah yang menyebabkan kita perlu menggunakan decoder agar dengan mudah bisa menghidupkan tujuh segment.

    Fungsi dari decoder ini tidak hanya untuk menghidupkan tujuh segment saja, tetapi juga untuk dapat menentukan dan menetapkan tujuh segment dengan mudah. Dengan adanya bantuan yang didapatkan dari decoder tadi, kita tidak perlu waktu yang sangat lama untuk menghidupkan tujuh segment. Dengan memiliki waktu penyelesaian yang cepat, maka kita memiliki banyak waktu luang. Dan dengan adanya penyelesaian yang cepat maka tidak ada waktu yang terbuang.

    Baca juga :  Tempat Wisata di Pekanbaru

    Decoder sendiri memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi, tujuan dari memenuhi syarat ini ialah supaya dapat menjadi konsep. Syarat dari decoder sendiri ialah gabungan dari sebuah output. Dan untuk satu output memiliki yang namanya satu input. Decoder ada yang berbentuk sebuah tabel.

    Decoder sendiri memiliki penjelasan yakni suatu benda atau alat untuk dipergunakan sebagai proses yang digunakan untuk mengembalikan encoding. Dengan demikian, kita dapat mengetahui dan juga menerima data serta informasi yang terpercaya atau asli. Ada penjelasan lain mengenai decoder, alat ini dapat dijelaskan sebagai suatu atau sebuah susunan  sekumpulan gerbang-gerbang logika. Mulai dari yang dasar sampai dengan yang memakai sebuah IC yang banyak tersebar.

    IC sendiri merupakan alat yang membantu kita untuk mudah dalam memasang dan menyusun decoder, dan setiap decoder penyusunannya sesuai dengan keinginan kita. Seperti yang terdapat diatas decoder ada yang berbentuk sebuah tabel, tabel tersebut bernama atau memiliki sebutan tabel kebenaran. Tabel ini menjelaskan dan mendeskripsikan sebuah kode, kode tersebut ialah kode biner, kemudian kode ini akan diubah dalam bentuk sinyal.

    Baca juga : Jenis Jenis Rangkaian Logika Sekuensial

    Sinyal ini bernama diskrit. Ada dua komponen yakni decoder dan juga encoder. Kedua komponen ini saling berkaitan namun memiliki sifat yang tidak sama atau berlawanan satu sama lain. Meskipun berlawanan keduanya tetap saling terhubung dan berkaitan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari penjelasan berikut ini. Decoder sendiri bertugas mengubah kode yang tadi ya biner menjadi sebuah sinyal yang akan segera di transmisi.

    Sedangkan, encoder sendiri memiliki tugas untuk mengubah dan mempermudah kita memahami sebuah isyarat atau kode yang didapatkan. Perbedaan keduanya ialah encoder ialah, sekumpulan susunan-susunan logika yang kemudian kode yang di dapatkannya diubah dari yang dapat dimengerti oleh kita menjadi suatu kode yang sulit untuk kita mengerti dan ketahui.

    Sedangkan decoder menjadi sekumpulan logika yang telah diubah dari yang tidak bisa kita mengerti menjadi isyarat atau kode yang dapat kita mengerti. Dengan demikian, kita dapat dengan mudah dalam mengetahui dan mengerti apa saja data yang diberikan dan didapatkan. Komponen diatas memang berbeda namun, dari setiap perbedaan tersebut dapat diketahui keduanya saling  berkaitan atau berhubungan satu dengan yang lainnya.

    Tugas keduanya saling membutuhkan satu dengan yang lain. Decoder mengubah data yang dimiliki encoder agar dapat atau bahkan mudah dimengerti oleh manusia. Dan encoder mengubah data yang dimiliki decoder agar dapat dengan mudah diketahui bahkan dapat dimengerti dengan baik oleh kita. Encoder serta decoder memiliki batasan. Batasan tersebut ialah batasan dalam proses dalam pengeluaran data atau output.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Keduanya terbatas untuk hal tersebut, hal tersebut karena, terdapat batas maksimum. Dan maksimum yang dimiliki ialah 2n. Dalam penerapan komponen ini diperlukan logika dan pemahaman yang baik. Karena beberapa dari isyarat atau kode dapat diketahui dan tidak dapat untuk diketahui.

    Dengan adanya pemahaman yang baik dan juga logika yang akurat akan memudahkan dalam menjalankan tujuh segment, dengan menggunakan alat decoder dan encoder. Logika dalam penerpan tujuh segment menjadi hal yang sangat penting dan utama. Dengan penerapan logika yang tepat, maka kita dapat dengan mudah untuk menjalankannya. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Decoder
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar