Jenis Jenis Rangkaian Logika Sekuensial

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Dalam teknologi digital saat ini, telah ada kemajuan besar dalam prospek pengembangan sirkuit elektronik baik di domain digital maupun analog. Sejalan dengan perkembangan, kompleksitas juga meningkat dengan cepat. Peningkatan dalam kompleksitas ini memungkinkan para desainer dan pengembang untuk memunculkan struktur dan desain rekayasa modern dalam domain elektronik. Dan, dalam lingkup evolusi ini, rangkaian sekuensial terjadi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pengertian logika sekuensial

    Dalam teori sirkuit digital, logika sekuensial adalah jenis sirkuit logika yang outputnya tidak hanya bergantung pada nilai sekarang dari sinyal inputnya tetapi pada urutan input masa lalu, sejarah input juga. Ini berbeda dengan logika kombinasional, yang outputnya adalah fungsi dari hanya input yang ada. Artinya, logika sekuensial memiliki status (memori) sedangkan logika kombinasional tidak.

    Logika berurutan digunakan untuk membangun mesin negara hingga, blok bangunan dasar di semua sirkuit digital. Hampir semua sirkuit dalam perangkat digital praktis adalah campuran dari logika kombinasional dan sekuensial.

    Sirkuit logika sekuensial digital dibagi menjadi tipe sinkron dan asinkron. Dalam sirkuit sekuensial sinkron, keadaan perangkat hanya berubah pada waktu diskrit sebagai respons terhadap sinyal jam. Dalam sirkuit asinkron, keadaan perangkat dapat berubah setiap saat sebagai respons terhadap perubahan input.

    Jenis-jenis sirkuit sekuensial

    Di sinilah diskusi tentang jenis rangkaian berurutan. Ini terutama dari dua jenis dan dibahas di bawah ini yakni :

    • Sirkuit Urutan Sinkron

    Sirkuit berurutan sinkron menggunakan input level dan sinyal clock karena input sirkuit memiliki batasan waktu propagasi sirkuit dan lebar pulsa untuk menghasilkan output. Durasi pulsa output seperti pulsa clock dari sirkuit clocked. Level output memodifikasi kondisinya pada awal pulsa input dan berlanjut hingga pulsa clock berikutnya tiba. Sampai kedatangan pulsa berikutnya, sirkuit ini tidak melakukan aktivitas sehingga operasinya sedikit lebih lambat daripada sirkuit asinkron.

    Baca juga : Komponen Elektronika Beserta Fungsinya

    • Sirkuit Berurutan Clocked

    Sirkuit clocked menggunakan sandal jepit dan kait berpagar sebagai elemen memori. Operasi sirkuit dioperasikan oleh pulsa clock periodik di mana ini terhubung ke input jam untuk menyinkronkan semua modifikasi internal negara.

    • Sirkuit Berurutan Tanpa Jam

    Sirkuit ini tidak memerlukan jam apa pun. Perubahan internal negara didasarkan pada transisi pulsa antara 0-pulsa atau 1-pulsa. Ini dirancang untuk bertindak sebagai respons terhadap pulsa waktu tertentu; sinyal periodik di antara sinyal nol dan sinyal pengatur jarak. Sirkuit berurutan sinkron diimplementasikan dalam desain sandal jepit, penghitung, dan untuk mengembangkan mesin yang dikendalikan negara MOORE-MEALY.

    • Sirkuit Sekuensial Asinkron

    Sirkuit berurutan asinkron melakukan operasi mereka tanpa bergantung pada sinyal clock tetapi menggunakan pulsa input dan menghasilkan output. Karena tidak ada ketergantungan pulsa clock, sirkuit ini dapat beralih ke keadaan berikutnya dengan cepat ketika sinyal input diubah. Jadi, ada operasi yang lebih cepat dengan rangkaian sekuensial asinkron. Sirkuit sekuensial asinkron efektif biaya untuk digunakan dalam sistem independen kecil yang hanya memerlukan beberapa elemen. Komunikasi antara dua elemen, masing-masing memegang jam independennya sendiri, dan ini akan dicapai oleh sirkuit ini.

    Aplikasi Sirkuit Berurutan

    Karena definisi rangkaian sekuensial itu sendiri mendefinisikan bahwa rangkaian ini beroperasi pada elemen memori, aplikasi utama dari rangkaian ini adalah untuk membangun unit memori. Dari kartu memori kecil hingga memori komputer besar, aplikasi rangkaian sekuensial harus ada di sana. Aplikasi luas dari rangkaian logika berurutan yakni :

    • Shift register.
    • Flip flops.
    • Konverter analog ke digital dan digital ke analog.
    • Penghitung.
    • Jam.
    • Digunakan sebagai register di dalam mikroprosesor dan pengontrol untuk menyimpan informasi sementara.
    • Diterapkan dalam perangkat yang dapat diprogram seperti CPLD, PLD, dan FPGA.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kesimpulan

    Nah, hari ini elektronik digital mengamati perkembangan luas dan dari banyak elemen, salah satu yang mendapat keunggulan luas adalah sirkuit berurutan. Sirkuit berurutan ini berdiri sebagai blok bangunan mendasar. KIta membutuhkan sirkuit ini untuk mendapatkan peningkatan kinerja dan mereka digunakan dalam operasi yang bekerja dengan daya yang lebih kecil. Selain itu, kecepatan operasi dalam memproses kegiatan juga mendapat perhatian banyak orang. (Mawar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Jenis Rangkaian Logika Sekuensial
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    66%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar