Benarkah Batuk Tanda Tubuh Terinfeksi Virus Corona?

Daftar Isi

     

    Foto: Ilustrasi virus corona/COVID-19/masker.

    LancangKuning.com – Dunia tengah dihebohkan dengan wabah virus corona atau COVID-19 yang saat ini sudah menginfeksi puluhan negara. Salah satu kepanikan juga terjadi saat Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe kedapatan terbatuk-batuk saat berpidato di depan anggota parlemen, yang mana banyak publik khawatir pemimpin Negeri Matahari Terbit itu terserang virus mematikan corona.

    Batuk-batuk memang menjadi salah satu gejala yang disebutkan saat positif terinfeksi virus corona. Meski begitu, batuk tak melulu menjadi tanda bahwa virus corona jenis baru itulah penyebabnya.

    Baca Juga: Keroyok dan Injak Guru, 3 Orang Pelajar SMA Negeri Fatuleu Diamankan Polisi

    "Itu mitos, karena gejala yang terjadi pada saluran napas enggak semua karena infeksi. Seperti perokok lama, parunya rusak menyebabkan dia bisa batuk dan sesak. Yang penting waspada dengan gejala saluran napas itu agar dicari tahu penyebabnya," ujar Spesialis Penyakit Dalam, dr Suzy Maria Sp.PD di acaraAyo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 4 Maret 2020, dilansir VivaNews.

    Selain batuk, demam yang terjadi pada tubuh juga disebut sebagai tanda gejala COVID-19. Hal ini juga yang membuat pemerintah memasang thermal scanner di berbagai pintu masuk negara, agar mereka yang terdeteksi demam bisa langsung dipantau lebih lanjut.

    Baca Juga: Cara Kerja Thermo Gun, 'Pistol' Deteksi Dini Pasien Corona

    Namun, Suzy kembali menegaskan bahwa tak semua suhu tubuh yang meningkat berarti terinfeksi virus corona.

    "Suhu tubuh normal di pagi hari 37,3 derajat Celsius dan 37,8 derajat Celsius saat malam. Kalau infeksi virus, kecenderungan suhu tinggi seperti 39 derajat Celsius. Kalau infeksi bakteri, lebih pada suhu hangat," terangnya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Lebih lanjut, Suzy menambahkan bahwa serangan virus yang spesifik menyerang sistem pernapasan seperti virus corona, ada kecenderungan gejala seperti sakit tenggorokan. Hal ini biasanya berlangsung cukup lama dan disertai gejala lainnya yang mendukung.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Serangan virus sistem pernapasan akan menyerang bagian organ sistem pernapasan atas. Kita akan alami gejala seperti sakit menelan, pilek, demam serta bisa gejalanya berat sampai sesak napas," kata dia.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Benarkah Batuk Tanda Tubuh Terinfeksi Virus Corona?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar