Desa Tengkulai Hulu Bangun Tanggul di 5 Parit 

Daftar Isi

    LancangKuning.Com - Pemerintah Desa Tengkulai Hulu Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) membangun tanggul di 5 Parit yang berbeda. Diantaranya Parit Senang, Parit Negara, Parit Surau, Parit Majid dan Parit Karim. 

    Tanggul di desa ini merupakan warisan leluhur mereka yang wajib dipertahankan untuk menjaga kebun-kebun kelapa masyarakat yang sekarang ini banyak yang mati akibat serangan kumbang dan lain sebaginya. 

    Desa Tengkulai Hulu dulu sempat  mencapai masa kejayaan sebagai penghasil kelapa terbaik, tetapi sekarang ini hanya menjadi kenangan saja. Banyak juga masyarakat yang menjual kebun kelapa mereka ke orang lain dikarenakan kurangnya pengelolaan dalam segi tanggul di parit-parit. 

    "Lepas sudah mimpi buruk para petani kelapa kita di daerah ini, semua berkat dukungan Pemda Inhil dengan program DMIJ yang begitu masyarakat rasakan perubahannya," ungkapnya Kades Sungai Tengkulai Hulu, Kamis (29/12/16). 

    Kebun kelapa memang telah menjadi mata pencaharian mayoritas penduduk di desa yang berada di sepanjang Sungai Tekulai tersebut. Semua itu tidak luput dari peranan pemerintah mensupot dan memberikan bantuan untuk menormalisasikan tanggul yang rusak. 

    "Ini lah bukti nyata manfaat program DMIJ yang begitu terasa bagi kami. Semua hampir bisa kami bangun dengan anggaran sebesar ini," jelas Syukur. 

    Di bawah kepemimpinan Bupati Inhil HM Wardan, Misi penyelamatan kebun kelapa melalui normalisasi parit sudah dimulai, mulai dari pembangunan tanggul mekanik di Parit yang akhirnya berlahan dapat terwujud berkat semangat dan banyaknya dana yang dialokasikan ke desa.

    "Kebun di sepanjang Parit Senang kelapanya memang bagus-bagus. Dan ini menjadi harapan masyarakatnya," tukas Syukur. (ADV/Ydi) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Desa Tengkulai Hulu Bangun Tanggul di 5 Parit 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar