Cara Mengetahui Socket Motherboard

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal atau mengetahui tentang motherboard, untuk mendalami tentang hardware yang menjalankan komputer adalah suatu langkah awal. Soket adalah susunan pin dan mekanisme aman yang menahan prosesor di tempatnya dan menghubungkan motherboard ke daya pemrosesan yang tersedia. Ada soket yang berbeda tergantung pada generasi apa CPU didukung.

    Jika terjadi situasi di mana CPU dan soket tidak kompatibel, skenario kasus terbaik adalah bahwa komponen tidak akan secara fisik dapat terhubung dengan soket, sementara kasus terburuk mungkin kerusakan yang tidak dapat diperbaiki untuk kedua bagian sistem. Terkadang Anda perlu tahu CPU socket yang digunakan motherboard Anda. Misalnya, ketika Anda berpikir tentang meningkatkan CPU Anda atau bahkan hanya pendingin CPU Anda.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Pada dasarnya nomor soket menempatkan motherboard Anda ke dalam keluarga papan serupa yang lebih besar. Artikel ini akan menunjukkan cara mencari tahu soket yang Anda gunakan. Sebelumnya mari kita jelaskan apa yang dimaksud dengan socket, socket sebagai dudukan atau konektor yang ada di sebuah motherboard dan tempat menyambungkan atau memasang komponen komputer seperti HDD ada banyak tipe socket untuk prosessor di motherboard.

    Di saat ini yang paling sering di pakai motherboard adalah socket jenis T, H, H1, dan H3. Dalam perangkat keras komputer, soket CPU atau slot CPU berisi satu atau lebih komponen mekanis yang menyediakan koneksi mekanis dan listrik antara mikroprosesor dan papan sirkuit cetak (PCB). Ini memungkinkan untuk menempatkan dan mengganti central processing unit (CPU) tanpa menyolder.

    Baca juga  : Urutan Peredaran Darah Manusia

    Soket biasa memiliki klip penahan yang menerapkan gaya konstan, yang harus diatasi saat perangkat dimasukkan. Untuk chip dengan banyak pin, soket zero insertion force (ZIF) lebih disukai. Soket yang umum termasuk Pin Grid Array (PGA) atau Land Grid Array (LGA. Perangkat tertentu menggunakan soket Ball Grid Array (BGA), meskipun ini membutuhkan solder dan umumnya tidak dianggap dapat diganti pengguna.

    Soket CPU digunakan pada motherboard di komputer desktop dan server. Karena memungkinkan pertukaran komponen dengan mudah, komponen ini juga digunakan untuk membuat prototipe sirkuit baru. Laptop biasanya menggunakan CPU permukaan-mount, yang mengambil lebih sedikit ruang pada motherboard daripada bagian yang dicolokkan.

    Jika Anda ingin mengetahui motherboard anda memakai socket yang berjenis apa, sebaiknya anda bisa men download CPU-Z aplikasi yang sangat membantu dan berguna untuk melihat spec dari komputer atau laptop anda.

    Identifikasi Soket Motherboard Anda

    Aplikasi CPU-Z untuk menemukan informasi yang tepat. Aplikasi ini sepenuhnya gratis, tidak mengandung spyware, tidak ada iklan, dan hanya beberapa megabyte.

    Unduh CPU-Z dari situs web resmi CPU-Z. Anda dapat memilih antara penginstal dan versi zip. Kami menyarankan untuk menggunakan versi zip karena tidak memerlukan instalasi.

    Temukan Jenis Soket Tanpa Membuka PC Anda

    • Langkah Pertama

    Klik kanan ikon Windows pada taskbar layar desktop dan kemudian pilih "Control Panel" dari menu melompat untuk meluncurkan Control Panel komputer.

    • Langkah Kedua

    Pilih tombol "Sistem". Cari tahu tipe prosesor di bawah bagian Sistem di tengah halaman. Tuliskan nama lengkap dan nomor model prosesor komputer Anda.

    • Langkah Ketiga

    Cari prosesor Anda di situs web basis data CPU atau lihat sumber daya. Basis data CPU akan menunjukkan kepada Anda jenis soket CPU yang digunakan prosesor Anda saat ini. Jika Anda ingin memutakhirkan sistem, Anda harus mencari prosesor dengan soket yang sama kecuali Anda siap untuk mengganti motherboard juga.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Cari Tahu Jenis Socket Dengan Membuka PC

    • Langkah Pertama

    Matikan komputer dan lepaskan kabel daya.

    • Langkah Kedua

    Lepaskan penutup case dan balikkan komputer.

    • Langkah Ketiga

    Temukan CPU. Ini akan mudah dibedakan dengan heat sink dan kipas besar yang terpasang di atasnya. Anda harus menemukan jenis soket yang tertulis di bawah soket pada motherboard.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengetahui Socket Motherboard
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    8%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    25%

    Marah

    33%

    Komentar