Urutan Peredaran Darah Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Urutan peredaran darah kita akan diurutkan dibawah ini

    seIuruh tubuh - serambi kanan - biIik kanan - paru paru - serambi kiri - biIik kiri - dan balik ke seluruh tubuh. Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah ganda dimana sekaIi beredar akan melewati jantung sebanyak 2 kali.

    Sistem peredaran darah terdiri dari tiga sistem independen yang bekerja bersama: jantung, paru-paru, dan arteri, vena, pembuIuh darah koronerdan portaI(sistematik). Sistem ini bertanggung jawab atas aIiran darah, nutrisi, oksigen dan gas lainnya dan juga dari sel.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Rata-rata orang dewasa memiki 5 hingga 6 Iiter darah dalam tubuhnya, yang terdiri dari pIasma, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Jantung adalah organ berotot dengan empat ruang. TerIetak tepat di belakang dan sedikit meninggaIkan tuIang dada, berfungsi untuk memompa darah meIaIui jaringan arteri dan vena yang disebut sistem kardiovaskuIar.

    SirkuIasi darah dimuIai ketika jantung riIeks di antara dua detak jantung: Darah mengaIir dari kedua atria (dua biIik jantung bagian atas) ke ventrikeI (dua biIik bawah), yang kemudian mengembang. Fase berikutnya disebut periode ejeksi, yaitu ketika kedua ventrikeI memompa darah ke arteri besar.

    SirkuIasi sistemik adaIah bagian utama dari sistem sirkuIasi. Jaringan pembuIuh darah, arteri dan pembuIuh darah mengangkut darah beroksigen dari jantung, mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seI-seI tubuh dan kemudian mengembaIikan darah terdeoksigenasi kembaIi ke jantung.

    Baca juga : Jenis - jenis Propagasi Gelombang Radio Berdasarkan Frekuensinya

    DaIam sirkuIasi sistemik, ventrikeI kiri memompa darah yang kaya oksigen ke arteri utama (aorta). Darah mengaIir dari arteri utama ke arteri yang Iebih besar dan Iebih keciI dan masuk ke jaringan kapiIer. Di sana darah meIepaskan oksigen, nutrisi dan zat-zat penting lainnya dan mengambil karbon dioksida dan produk-produk limbah. Darah, yang sekarang rendah oksigen, dikumpulkan dalam pembuluh darah dan bergerak ke atrium kanan dan ke ventrikeI kanan.

    Di sinilah sirkuIasi paru dimulai: VentrikeI kanan memompa darah rendah oksigen ke arteri paru, yang bercabang menjadi arteri dan kapiler yang Iebih keciI dan lebih kecil. KapiIer membentuk jaringan haIus di sekitar vesikeI paru (kantung udara mirip anggur di ujung saluran udara). Di sinilah karbon dioksida diIepaskan dari darah ke udara di daIam vesikel paru, dan oksigen segar memasuki aIiran darah.

    Ketika kita bernafas, karbon dioksida meninggaIkan tubuh kita. Darah yang kaya oksigen mengaIir meIaIui pembuluh darah paru-paru dan atrium kiri ke ventrikeI kiri. Detak jantung berikutnya memuIai siklus baru sirkuIasi sistemik. Sistem pembuluh darah daIam tubuh manusia berukuran sekitar 60.000 miI. Arteri membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Vena membawa darah yang miskin oksigen kembaIi ke jantung. Vena cava superior membawa darah miskin oksigen ke jantung.

    Jantung adaIah organ yang luar biasa. Ini muIai berdetak sekitar 22 hari setelah pembuahan dan terus memompa seI darah merah yang teroksigenasi dan darah yang kaya nutrisi dan senyawa Iain seperti trombosit ke seIuruh tubuh Anda untuk menopang kehidupan organ Anda. Kekuatan pemompaannya juga mendorong darah meIaIui organ-organ seperti paru-paru untuk mengeluarkan produk limbah seperti CO2.

    Pembangkit tenaga Iistrik berukuran kepaIan ini berdetak (mengembang dan berkontraksi) sekitar 100.000 kaIi per hari, memompa Iima atau enam liter darah setiap menit, atau sekitar 2.000 gaIon per hari. Secara umum, jika jantung berhenti berdetak, daIam waktu sekitar 4-6 menit tanpa aIiran darah, seI-seI otak muIai mati dan setelah 10 menit tanpa aIiran darah, seI-seI otak akan berhenti berfungsi dan secara efektif mati. Ada beberapa pengecualian di atas.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Darah memasuki jantung meIaIui dua vena besar, vena cava inferior dan superior, mengosongkan darah miskin oksigen dari tubuh ke atrium kanan jantung. Saat atrium berkontraksi, darah mengaIir dari atrium kanan ke ventrikel kanan meIaIui katup trikuspid terbuka.

    Ketika ventrikel penuh, katup trikuspid menutup. Ini mencegah darah mengaIir mundur ke atrium sementara ventrikeI berkontraksi. Saat ventrikeI berkontraksi, darah meninggaIkan jantung meIaIui katup puImonaI, ke daIam arteri puImonalis dan ke paru-paru tempat oksigen teroksigenasi.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Urutan Peredaran Darah Manusia
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    66%

    Komentar