Tahapan Kerja SIG

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tahapan kerja dari SIG meliputi beberapa tahapan yaitu mulai dari proses pemasukan data, proses menganalisa data, dan proses pengeluaran data. Dengan demikian tahapan dari kerja sig terdiri dari 4 tahapan yang pertama pemasukan data, kedua analisa data dan ketiga pengeluaran data keempat pengelolaan data. Tahapan dari pemasukan data ialah sebagai berikut.

    Pada langkah awal atau tahapan ini memiliki peran sebagai pengumpul data dan mempersiapkan data dari segala sumber. Data yang digunakan untuk SIG dapat berbentuk sebagai sebuah data internet, data dari sebuah grafik, data gambar, data dari sebuah peta, data dari sebuah data tabel dan data yang lainnya. Pemasukan data memerlukan kendali untuk kualitasnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Hal ini dikarenakan, pengendalian dari pemasukan data bertujuan agar data yang diperoleh dapat dilihat kualitasnya baik atau tidak. Cara untuk memasukan data juga terbagi menjadi tiga yaitu sebagai berikut ini. Yang pertama penyiaman, kemudian digit, dan tabel atau tabulasi. Dari setiap cara tersebut data yang ditampilkan akan memiliki kualitas serta struktur yang tidak sama.

    1. Cara yang pertama ialah penyiaman, cara ini mengubah data dari yang bentuknya grafis continue menjadi data grafis yang bentuknya diskret.
    2. Cara yang kedua ialah digit, cara ini mengubah data yang tadinya analog menjadi sebuah data yang digit atau digital. Data ini dalam prosesnya menjadi sebuah node(titik), garis, bidang, dan sebuah segmen.
    3. Cara yang ketiga ialah tabel, cara ini mengubah tampilan data menjadi kedalam bentuk tabel.

    Berikutnya ialah mengelola data, pada tahapan ini data yang telah didapatkan akan dikelola dan jika sewaktu-waktu data diperlukan dapat digunakan kembali. Data yang telah didapat dan dikelola disimpan sebagai sebuah dokumen atau informasi arsip. Dengan mengelola data akan terbentuk pembagian-pembagian atau pengelompokan dari data. Sehingga data yang sama akan mudah ditemukan pada golongan-golongannya sendiri.

    Baca juga : Konsep Dasar SIG

    Selain itu dengan mengelola data akan dapat memperoleh sebuah analisis baru atau informasi baru. Selanjutnya yaitu menganalisa data, pada tahapan ini data yang telah didapat dan telah dikelola selanjutnya diselidiki apakah benar atau tidak. Dengan menyelidiki data yang telah didapat dan dikelola akan menghindari terjadinya kesalahan dalam mengambil keputusan dan mengambil sebuah langkah atau tindakan tertentu.

    Berikutnya adalah pengeluaran data, pada langkah atau tahapan ini data yang telah dipersiapkan dengan baik melalui tahapan pemasukan data, kemudian menganalisa data, dan mengelola data akan ditampilkan atau diberitakan. Bentuk dari data pengeluaran bisa sebuah tabel, sebuah grafik, peta, data dokumentasi, maupun sebuah rekaman atau video.

    SIG sendiri memiliki penjelasan sebagai sebuah informasi mengenai struktur dari bumi yang biasanya disebut sebagai geografi. Mulai dari struktur daratan dan perairan. Tujuan dari adanya SIG adalah untuk dapat mempelajari struktur dari bumi, apa kemungkinan akan terjadi bencana alam atau tidak serta mencegah terjadinya korban jiwa, jika terdapat bencana alam yang mungkin akan datang secara tidak terduga.

    Ilmu yang mempelajari bumi dan alam ini dapat mengumpulkan banyak jenis data tertentu yang ada pada alam, yang kemudian dijadikan sebagai acuan serta informasi yang dapat berguna. Sebelum para ilmuwan maupun peneliti menggunakan ilmu ini, mereka menggunakan peta sebagai sumber untuk dijadikan bahan pelajaran dan penelitiannya. Ilmu yang mempelajari bumi ini sangat membantu manusia guna mengurangi terjadinya korban jiwa jika terjadi bencana.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Dengan mempelajari dan meneliti menggunakan SIG memberikan banyak kemudahan dan hasil yang dapat dipercaya. Sistem informasi geografis, merupakan kepanjangan dari SIG sendiri. Dengan adanya penelitian ini, akan membawa perubahan pada kehidupan manusia dan dapat menolong setiap orang yang terdapat pada daerah yang sering terjadi bencana. Selain bentuk pencegahan dengan mempelajari ilmu ini kita dapat mengelola dan memanfaatkan bumi dengan baik.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tahapan Kerja SIG
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar