Kelebihan Dan Kekurangan Sistem ERP

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apa itu sistem ERP? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu sistem ERP, padahal penerapan pada sistem ERP tersebut pada suatu bisnis bisa menghasilkan banyak keuntungan. Akibat secara tidak langsung, pada pengelolaan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Lalu apakah pengertian dari sistem ERP ? sistem ERP ialah singkatan dari 3 elemen utama, yakni Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning(perencanan).

    Untuk konsep ERP ini lebih sering digunakan pada konteks software. Tujuan utama ialah software ERP ialah menjadi penyedia wadah untuk arus pada informasi di dalam perusahaan sehingga pihak manajemen bisa mengambil keputusan yang berdasarkan dengan data.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berikut ialah kelebihan pada sistem ERP :

    1. Biaya Manajemen dan Biaya Operasional Berkurang

    Pada biaya operasional dan manajemen selalu ada di setiap perusahaan dan juga berkaitan dengan laporan keuangan. Dan pada setiap perusahaan harus memangkas biaya manajemen dan biaya operasional agar tidak terlalu membebani perusahaan. Untuk software ERP ini bisa mengurangi dana dengan melalui sistem yang terintegrasi.

    2. Bisnis dan Akurasi Data Terintegrasi dengan Baik

    Pada sebuah perusahaan yang menggunakan ERP akan bisa melihat perubahan pada setiap modul karena pembaharuan yang akan terjadi bersifat real time.  ERP juga bisa mengurangi duplikat dan pencurian data yang umum disebabkan oleh kesalahan pengguna.

    Pada integrasi bisnis tersebut akan berjalan lancar dengan lebih mudah dan data yang akurat ada pada perusahaan yang bisa dipertanggungjawabkan. Kegiatan pada perusahaan tersebut akan lancar lebih sama yang di sebabkan oleh karyawan yang akan menggunakan tampilan yang sama saat menjalankan aktivitas dalam bisnis.

    2. Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan

    Sistem ERP mempunyai berbagai macam alat pendukung untuk mengambil sebuah keputusan seperti alat perencanaan dan juga alat. Dan pada penyajian untuk laporan keuangan pada sistem ini juga akan lebih mudah dan juga dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkaitan tanpa batas waktu.

    3. Produktivitas dan Efisiensi Meningkat

    Ada nya  sistem ini akan meningkatkan pada sebuah perusahaan. Kegiatan harian pada perusahaan seperti order, manajemen keuangan, steril pada penjualan hingga akuntansi juga akan berjalan lebih baik dan mudah.

    Baca juga : Sistem ERP dan Fungsinya

    4. Penyempurnaan Kolaborasi

    Sebagai karyawan di suatu perusahaan tentu mempunyai bermacam ragam karakter sehingga akan sering timbul suatu konflik saat bekerja. Dengan menggunakan sistem ERP ini setidaknya pada perselisihan departemen yang sudah biasa terjadi akan bisa dikurangi karena kerja sama tim semakin baik.

    Kesalahan seperti saat input data akan terlihat nyata sehingga tidak ada lagi terjadi konflik di hadapan semua pihak yang berkaitan. Untuk penyelesaian masalah atau untuk pencarian solusi bisa dilaksanakan lebih baik dan cepat.

    Kekurangan dari sistem ERP :

    1. Adanya keterbatasan pemilihan pada perangkat lunak sistem ERP.
    2. Pada sistem ERP ini mempunyai harga yang sangat mahal, hal ini disebabkan oleh biaya bervariasi dari ribuan dollar sampai dengan jutaan dollar. Hal ini di sebabkan oleh biaya untuk proses reengineering sangat tinggi.
    3. Sistem ini akan sering terpampang sulit untuk beradaptasi dengan jalannya kerja dan untuk  suatu proses pada bisnis dalam berbagai macam organisasi.
    4. Pada sistem ini terlalu lengkap jika dibandingkan dengan kebutuhan untuk si pelanggan.
    5. Bergantungan pada satu vendor tertentu. Hal ini disebabkan oleh sistem ERP yang telah di rancang dengan memerlukan support yang lama dari vendor yang diinstall.
    6. Perekayasaan kembali pada proses suatu bisnis untuk menyesuaikan dengan industri yang telah di uraikan oleh sistem dan dapat mengakibatkan hilangnya keuntungan yang kompetitif.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Jadi pada sistem ini memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Pada sistem ini memiliki banyak keuntungan bagi yang menggunakan sistem tersebut.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan Sistem ERP
    Sangat Suka

    25%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    25%

    Marah

    50%

    Komentar