Alat Ukur OTDR

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mugkin diantara kalian belum mengetahui apa itu OTDR merupakan singkatan dari optical time domain reflektometer yang merupakan sebuah alat yang berbasis seperti sebuah optical-elektronik yang berfungsi untuk mengukur karakteristik sebuah kabel fiber optic. Kesehatan jaringan Anda tergantung pada kualitas infrastruktur jaringan Anda. Kualitas ini dimulai dengan sertifikasi lengkap oleh kontraktor atau integrator sistem bahwa infrastruktur pemasangan kabel serat telah dipasang dengan benar.

    Mempertahankan pabrik serat yang andal juga penting dalam melindungi aplikasi penting bisnis Anda. Sebagai administrator jaringan, penting untuk memahami cara mendapatkan kinerja terbaik dari investasi pemasangan kabel Anda dan bagaimana menyelesaikan masalah dengan cepat ketika terjadi. Sebagian besar pelanggan akrab dengan Sertifikasi Dasar - kadang-kadang dikenal sebagai sertifikasi serat Tier 1 - yang mengukur redaman (kerugian pemasangan), panjang dan polaritas.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Tes ini memastikan bahwa tautan serat menunjukkan kerugian yang lebih kecil dari anggaran kerugian maksimum yang diizinkan untuk aplikasi langsung. Sumber Cahaya Sederhana / Power Meter atau Set Uji Kerugian Optik yang lebih otomatis dapat menjalankan fungsi ini. Sertifikasi serat Extended atau Tier 2 melengkapi pengujian Tier 1 dengan penambahan Optical Time Domain Reflectometer (OTDR) dari ujung ke ujung.

    Jejak OTDR adalah tanda tangan grafis dari pelemahan serat sepanjang panjangnya yang memberikan wawasan tentang kinerja komponen tautan (kabel, konektor, dan sambungan) dan kualitas pemasangan dengan memeriksa ketidakseragaman dalam jejak OTDR. Unit yang lebih maju dapat memberikan mudah untuk memahami Peta Peristiwa dan nilai kerugian untuk masing-masing komponen serta tautan.

    Jejak OTDR membantu dalam peristiwa individual yang seringkali tidak terlihat saat melakukan pengujian hanya kehilangan / panjang (tingkat 1). Hanya dengan sertifikasi serat yang lengkap, menginstal dapat memiliki gambaran lengkap tentang pemasangan serat dan pemilik jaringan memiliki bukti pemasangan yang berkualitas. Pengujian serat ini menyatakan bahwa pengerjaan dan kualitas pemasangan memenuhi spesifikasi desain dan jaminan untuk aplikasi saat ini dan di masa mendatang.

    Baca juga : Karakteristik Kabel Fiber Optik

    Pengujian dua arah link serat untuk pengujian Tier 2 (OTDR) tidak hanya diwajibkan oleh standar industri dan sebagian besar produsen untuk garansi, itu juga satu-satunya cara untuk mengetahui kerugian keseluruhan aktual untuk suatu tautan. Itu karena mengukur hilangnya konektor serat dan sambungan, serta kehilangan tautan keseluruhan, tergantung pada arah pengujian. Menguji tautan serat dalam satu arah dapat memberi Anda hasil yang berbeda dari menguji tautan serat yang sama di arah yang berlawanan.

    Pengujian Dua Arah dengan OTDR

     Karena waktu dan biaya yang signifikan yang terlibat dalam pengujian dari kedua ujungnya, teknisi sering mencoba menghemat waktu sebanyak mungkin dengan menguji semua tautan dari satu ujung sebelum pindah ke ujung lainnya. Sayangnya metode ini tidak berfungsi.

    Untuk menguji secara akurat tautan serat di kedua arah, kabel peluncur dan kabel tail harus tetap pada posisi pengukuran awal (bahkan standar mengatakan demikian) selama kedua pengujian. Tapi itu sama sekali tidak mungkin jika Anda menguji semua tautan dari satu ujung sebelum pindah ke yang lain. Untuk mengatasi dilema ini, kita dapat menguji dua serat secara bersamaan dan menggunakan lingkaran untuk menghubungkan kedua serat tersebut secara bersamaan.

    Ini memungkinkan dua serat dari link duplex untuk diuji dalam satu tembakan tanpa menggerakkan OTDR ke ujung. OTDR menyukai Fluke Networks Pro fitur Teknologi SmartLoop yang memeriksa keberadaan serat peluncuran, loop, dan ekor ketika menguji tautan serat dupleks. Dengan SmartLoop, teknisi dapat menggunakan beberapa loop di ujung jauh dan melakukan serangkaian uji dua arah tanpa harus meninggalkan waktu tes pemotongan ujung dekat dengan setidaknya 50 persen.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Mendeteksi Masalah Menggunakan OTDR

    OTDR juga digunakan untuk menjaga kinerja pabrik serat. OTDR memetakan kabel dan dapat menggambarkan kualitas terminasi dan lokasi kesalahan yang dapat menghambat kinerja jaringan. OTDR memungkinkan ditemukannya masalah sepanjang saluran yang dapat memengaruhi keandalan jangka panjang.

    OTDR mencirikan fitur-fitur seperti keseragaman atenuasi dan tingkat atenuasi, panjang segmen, lokasi dan hilangnya konektor dan sambungan, dan kejadian lain seperti tikungan tajam yang mungkin terjadi selama pemasangan kabel atau sesudahnya. Saat memilih OTDR yang tepat, insinyur jaringan harus memastikan alat ini memiliki fungsionalitas tertentu, seperti sertifikasi panjang loss, tampilan peta saluran / acara, kemampuan meter daya, antarmuka yang mudah digunakan, dan opsi pintar-jarak jauh.

    Selain itu, OTDR perlu menyediakan sarana yang dapat diandalkan untuk mendokumentasikan hasil. Fitur yang membuat OTDR mudah dioperasikan seperti pengaturan otomatis dan Peta Acara sangat penting bagi pengguna yang bukan ahli OTDR tetapi perlu mencari masalah dengan cepat.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alat Ukur OTDR
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar