Pengenalan tentang Database Mysql

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Misalkan sebuah perusahaan perlu menyimpan nama-nama ratusan karyawan yang bekerja di perusahaan sedemikian rupa sehingga semua karyawan dapat diidentifikasi secara individual. Kemudian, perusahaan mengumpulkan data semua karyawan itu. Sekarang, ketika saya mengatakan data, maksud saya bahwa perusahaan mengumpulkan informasi yang berbeda tentang suatu objek. Jadi, objek itu bisa berupa entitas dunia nyata seperti orang, atau objek apa pun seperti mouse, laptop, dll.

    Jenis DBMS dan Sistem Manajemen Basis Data

    Database Management System (DBMS) adalah aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna, aplikasi dan database itu sendiri untuk menganalisis dan menangkap data. Data yang disimpan dalam database dapat dimodifikasi, diambil dan dihapus, dan dapat berupa jenis apa pun seperti string, angka, gambar dll.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jenis-jenis DBMS

    Ada 4 jenis DBMS, yaitu Hierarkis, Relasional, Jaringan, dan DBMS Berorientasi Objek.

    1. DBMS Hierarkis: Seperti namanya, tipe DBMS ini memiliki gaya hubungan tipe pendahulu-penerus. Jadi, ia memiliki struktur yang mirip dengan pohon, di mana simpul mewakili catatan dan cabang-cabang pohon mewakili bidang.

    2. Relational DBMS (RDBMS): Jenis DBMS ini, menggunakan struktur yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dan mengakses data dalam kaitannya dengan sepotong data lain dalam database.

    3. DBMS Jaringan: DBMS jenis ini mendukung banyak hubungan di mana banyak catatan anggota dapat ditautkan.

    4. DBMS berorientasi objek: Jenis DBMS ini menggunakan perangkat lunak individual kecil yang disebut objek. Setiap objek berisi sepotong data, dan instruksi untuk tindakan yang harus dilakukan dengan data.

    Bahasa Query Terstruktur (SQL)

    SQL adalah inti dari basis data relasional yang dipakai untuk mengakses dan mengelola basis data. Dengan menggunakan SQL, Anda dapat menambah, memperbarui atau menghapus baris data, mengambil himpunan bagian informasi, memodifikasi database dan melakukan banyak tindakan. Subset berbeda dari SQL sebagai berikut:

    1. DDL (Data Definition Language) - Memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai operasi pada basis data seperti CREATE, ALTER dan DELETE objek.

    2. DML (Bahasa Manipulator Data) - Memungkinkan Anda untuk memanipulasi dan mengaskses data. Ini membantu Anda untuk memasukkan, mengambil, menghapus, dan mempabarui data dari database.    

    3. DCL (Data Control Language) – Membuat  Anda dapat untuk mengontrol akses ke database. Contoh - Berikan atau Cabut izin akses.

    4. TCL (Bahasa Kontrol Transaksi) - Memungkinkan Anda untuk berurusan dengan transaksi basis data. Contoh - Komit, Rollback, Savepoint, Set Transaksi.

    MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional open-source yang bekerja pada banyak platform. Ini menyediakan akses multi-pengguna untuk mendukung banyak mesin penyimpanan dan didukung oleh Oracle. Jadi, Anda dapat membeli versi lisensi komersial dari Oracle untuk mendapatkan layanan dukungan premium.

    Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Utp Dan Fiber Optik

    Fitur-fitur MySQL adalah sebagai berikut:

    1. Kemudahan Manajemen - Perangkat lunak ini sangat mudah diunduh dan juga menggunakan penjadwal acara untuk menjadwalkan tugas secara otomatis.

    2. Dukungan Transaksional yang Kuat - Memegang properti ACID (Atomicity, Consistency, Isolasi, Durability), dan juga memungkinkan dukungan multi-versi yang didistribusikan.

    3. Pengembangan Aplikasi Komprehensif - MySQL memiliki pustaka plugin untuk menyematkan database ke dalam aplikasi apa pun. Ini juga mendukung prosedur tersimpan, pemicu, fungsi, tampilan dan banyak lagi untuk pengembangan aplikasi. Anda dapat merujuk ke Tutorial RDS, untuk memahami RDBMS Amazon.

    4. Kinerja Tinggi - Menyediakan utilitas pemuatan cepat dengan cache memori yang berbeda dan partisi indeks tabel.

    5. Total Kepemilikan Biaya Rendah - Ini mengurangi biaya lisensi dan pengeluaran perangkat keras.

    6. Dukungan Open Source & 24 * 7 - RDBMS ini dapat digunakan pada platform apa pun dan menawarkan dukungan 24 * 7 untuk open source dan edisi enterprise.

    7. Secure Data Protection - MySQL mendukung mekanisme yang kuat untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang memiliki akses ke database.

    8. Ketersediaan Tinggi - MySQL dapat menjalankan konfigurasi replikasi master / slave berkecepatan tinggi dan menawarkan server cluster.

    9. Skalabilitas & Fleksibilitas - Dengan MySQL Anda dapat menjalankan aplikasi yang tertanam dalam dan membuat gudang data yang menyimpan sejumlah besar data.

    Jenis Data MySQL

    1. Numerik - Tipe data ini mencakup bilangan bulat dengan berbagai ukuran, titik-mengambang (nyata) dari berbagai precision dan angka yang diformat.

    2. Karakter-string - Tipe data ini memiliki jumlah karakter yang tetap, atau beragam. Tipe data ini juga memiliki string panjang variabel yang disebut CHARACTER LARGE OBJECT (CLOB) yang digunakan untuk menentukan kolom yang memiliki nilai teks besar.

    3. Bit-string - Tipe data ini mempunyai panjang tetap atau panjang bit bervariasi. Ada juga tipe data string bit panjang variabel yang disebut BINARY LARGE OBJECT (BLOB), yang tersedia untuk menentukan kolom yang memiliki nilai biner besar, seperti gambar.  

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    4. Boolean - Type data ini memiliki nilai FALSE atau TRUE. Karena SQL, memiliki nilai NULL, logika tiga nilai digunakan, yang TIDAK DIKETAHUI.   

    5. Tanggal & Waktu - Tipe data DATE memiliki: YEAR, MONTH, dan DAY dalam bentuk YYYY-MM-DD. Demikian pula, tipe data TIME memiliki komponen HOUR, MINUTE, dan SECOND dalam bentuk HH: MM: SS. Format ini dapat berubah berdasarkan persyaratan.

    6. Timestamp & Interval - Tipe data TIMESTAMP mencakup minimal enam posisi, untuk fraksi desimal detik dan opsional DENGAN kualifikasi WAKTU ZONA selain bidang DATE dan WAKTU. Tipe data INTERVAL menyebutkan nilai relatif yang dapat digunakan untuk menambah atau mengurangi nilai absolut tanggal, waktu, atau cap waktu.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengenalan tentang Database Mysql
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar