Komponen Fiber Optik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Fiber optik merupakan sebuah kabel yang terbuat dari kaca dan plastik halus dan fungsikan sebagai media transmisi data serta bisa mentransmisikan signal cahaya ke sebuah tempat dengan kecepatan yang sangat tinggi. Pada ukurannya fiber optik sangatlah kecil yang berdiameter 120 mikrometer, fiber optik ini lebih kecil dari ukuran rambut manusia.

    Komponen – komponen yang di miliki oleh jaringan ini menggunakan pembiasan cahaya sebagai prinsip kerjanya, dan karena inilah laju transmisi pada komponen ini sangatlah cepat. Kecepatan transmisi menggunakan sumber cahaya dari LCD dan lacer.

    Fiber optik banyak digunakan sebagai alat telekomunikasi, kabel jaringan yang dimiliki fiber optik mempunyai kecepatan akses yang sangat cepat dan tinggi, dan dengan kecepatan akses, fiber optik dipakai sebagai alat telekomunikasi dan saluran komunikasi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Fungsi fiber optik

    Fiber optik sama dengan kabel lainnya yang digunakan untuk menghubungkan  jaringan antar komputer satu dengan komputer yang lain. Bedanya, fiber optik memiliki kemampuan dalam memberikan kecepatan akses data yang cukup tinggi dan transfer data yang cepat dibanding kabel yang lain. Fiber optik sangatlah aman dari ancaman elektromagnetik kenapa demikian karena kabel yang dimiliki oleh bier optik ini tidak memiliki arus listrik. Orang – orang banyak memakai fiber optik karena terdapat banyak kelebihan jika di banding dengan kabel yang lain

    Kelebihan dan kekurangan

    1. Kelebihan dari fiber optik

    • Bisa melakukan transmisi pada data dengan jarak yang jauh tanpa harus ada bantuan penguat signal.
    • Sangat tahan terhadap karat karena terbuat dari plastik dan kaca.
    • Bisa memanfaatkan gelombang dari cahaya sehingga tidak terganggu oleh gelombang lain atau gelombang elektromagnetik seperti pada gelombang radio.
    • Tidak akan mengalami gangguan pada arus karena fiber optik tidak mengandung jenis aliran listrik manapun.
    • Minimnya distorsi membuat keamanan pada fiber optik menjadi aman.

    2. Kekurangan dari fiber optik

    • Biaya untuk perawatan serta instalasinya sangatlah mahal.
    • Pemasangan kabel yang cukup rumit untuk bisa memaksimalkan kecepatan cahaya dan melancarkan transmisi cahaya.

    Baca juga : Kelebihan Fiber Optik Dibanding Tembaga

    Komponen yang terdapat pada Fiber Optik

    1. Core

    Core merupakan bagian inti dari kabel fiber optik dan serat kaca pada bagian ini sangatlah berpengaruh bagi kualitas fiber optik tersebut. Jika diameter yang ada pada serat kaca semakin besar, maka kualitas nya akan semakin bagus dan memiliki performa yang stabil.

    2. Cladding

    Cladding merupakan bagianyang dibuat dari serat kaca dan berfungsi sebagai pelindung serat kaca pada bahan utama kabel fiber optik. Cladding juga memiliki fungsi untuk dapat mengeluarkan cahaya dari luar kabel optik ke dalam inti kabel tersebut.

    3. Coating

    yaitu sebuah lapisan yang ada pada fiber optik, pembuatan coating berbeda jauh dengan inti (core) dan cladding yang terbuat dari kaca. Pada lapisan ini dibuat dari bahan plastik dan berfungsi sebagai lapisan yang bertujuan untuk melindungi semua bagian fisik dari permukaan kabel seperti kelembapan suatu udara dan menyebabkan rusaknya lapisan bagian dalam dari kabel tersebut.

    4. Strength Member & Outer Jacket

    Bagian ini berfungsi sebagai lapisan pelindung utama pada kabel. Lapisan ini merupakan lapisan paling kuat yang dimiliki oleh kabel dan berfungsi untuk melindungi bagian fisik kabel secara langsung.

    5. Single Mode

    Komponen ini adalah komponen yang mempunyai inti yang lebih kecil dengan ukuran 9 mikron, bagian ini berfungsi sebagai media yang bisa mengirimkan suatu sinar laser infra merah dengan panjang gelombang rasio 1300 – 1500 nm.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    6. Multimode

    Jenis ini fungsinya sebagai komersial. Bagian ini memiliki tugas lebih besar dan sangat memungkinkan untuk bisa mengeluarkan modus cahaya yang telah tersebar lewat serat secara bersamaan.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen Fiber Optik
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar