Kelebihan Fiber Optik Dibanding Tembaga

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kelebihan dari kabel ini dibanding dengan tembaga  adalah kemampuan  transmisi atau perpindahan sinyal yang cepat, kelebihan ini menjadi kelebihan yang dapat terlihat jelas jika dibandingkan dengan tembaga. Fiber optic sendiri ialah salah satu dari jenis kabel jaringan. Kelebihan dari kabel jenis fiber optic yang selalu diperbincangkan ialah  karena kemampuan kabel ini  untuk dapat mengalirkan atau memindahkan sinyal-sinyal dengan cepat.

    Kabel ini juga mampu memangkas waktu pengaliran data dari jarak yang sangat jauh. Lain halnya dengan jenis kabel yang lain, kabel fiber optic lebih unggul jika dibandingkan dengan kabel tembaga ataupun kabel yang lainnya dari segi kecepatan koneksi atau perpindahan sinyal yang sangat cepat. Kabel tembaga biasanya akan terpengaruh oleh jarak untuk masalah kecepatan koneksi. Maksudnya ialah kekuatan dari kecepatan sinyal kabel tembaga dipengaruhi oleh jarak.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Semakin jauh target atau tujuan kabel tembaga maka sinyal atau kekuatan dari kecepatannya akan berkurang. Jauh berbeda dengan kabel jenis fiber optic yang mampu untuk dapat mengurangi masalah jarak tersebut. Kemampuan dari setiap kabel dipengaruhi oleh bahan untuk pembuatan dari kabel tersebut. Dan keunggulan serta kecepatan koneksi dari kabel jaringan dipengaruhi oleh, jenis bahan yang digunakan untuk membuat kabel tersebut. bahan dari kabel tembaga yaitu salah satu jenis dari logam yaitu tembaga.

    Sedangkan, bahan dari kabel fiber optic yaitu sebuah serat kaca. Dari segi jenis bahan untuk membuat kabel dapat dilihat diantara kedua jenis bahannya, kabel fiber optic memiliki keunggulan lebih dari kabel tembaga. Kabel yang berasal atau terbuat dari logam biasanya memiliki banyak kekurangan atau sebuah masalah seperti tidak mampu untuk melawan atau tidak tahan dengan gelombang radio.

    Baca juga : Jenis Kabel Optik Dan Sifat Serta Kegunaannya

    Dikarenakan logam memiliki daya elektromagnet yang kuat sehingga tak jarang jika, kabel yang terbuat dari logam salah satunya tembaga mengalami gangguan dalam mengalirkan atau meneruskan sinyal. Berbeda dengan kabel jenis fiber optic yang mampu untuk dapat melawan atau tahan terhadap gelombang radio. Hal tersebut dikarenakan, bahan dari kabel ini tidak terbuat dari logam. Sehingga kabel ini tidak terpengaruh atau bebas dari gangguan energi elektromagnet.

    Oleh karena itu juga, kabel ini jarang mengalami gangguan atau sebuah masalah. Kemampuan kabel tembaga hanya terbatas pada kemampuannya untuk dapat mengalirkan atau memindahkan sinyal-sinyal listrik saja. Kabel tembaga tidak mampu untuk dapat mengalirkan sinyal-sinyal yang berbentuk cahaya. Berbeda dengan kabel fiber optic yang dapat mengalirkan dan juga memindahkan sinyal-sinyal yang berupa cahaya.

    Berbeda dengan kabel ini yang perlu waktu lebih untuk dapat mengalirkan atau memindahkan sinyal jika, dibandingkan dengan kabel fiber optic. Kecepatan menjadi salah satu andalan atau keunggulan terkuat yang dimiliki dari kabel serat kaca atau fiber optic. Selain kelebihan-kelebihan tersebut, kabel fiber optic merupakan kabel yang sederhana dan juga mudah untuk dibentuk atau fleksibel. Oleh karena itu, penggunaan kabel ini sering atau bahkan umum digunakan untuk menghubungkan antara sebuah kota dengan kota yang lainnya, negara dengan negara yang lain bahkan kabel ini juga digunakan antar benua.

    Dari penjelasan barusan dapat terlihat dengan jelas kelebihan dari kabel serat kaca. Kemampuannya untuk dapat mengirim atau mengalirkan sinyal dengan cepat menjadikan kabel ini lebih banyak dipilih atau digunakan orang lain untuk membentuk sistem jaringan. Walaupun memiliki begitu banyak kelebihan, kabel yang memiliki keunggulan tentunya memiliki biaya yang mahal dari segi pembuatan dan juga pemasangannya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Oleh karena itu, kabel fiber optic memiliki harga yang cukup tinggi untuk sebuah kabel jaringan dari jenis kabel-kabel lainnya. Namun untuk hal keunggulan kabel fiber optic tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan kabel ini.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Fiber Optik Dibanding Tembaga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar