Keunggulan Jurusan Agribisnis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang berfikir jika kuliah di jurusan agribisnis akan bertemu dengan sawah, cangkul, sabit, padi, ladang dan lainnya. Yang kerjanya selalu kotor-kotoran. Di jurusan agribisnis kita tidak menjadi seorang buruh tani akan tetapi malah sebaliknya, nah mari kita tentang agribisnis.

    Indonesia merupakan sebuah negara yang agraris dimana negaranya yang mengandalkan pertanian sebagai sektor yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pakan dalam negeri, tetapi sayangnya sekarang Indonesia malah mengagungkan sektor industri. Sehingga membuat pertanian Indonesia semakin terpuruk. Sehingga muncul agribisnis sebagai suatu usaha yang bisa membangkitkan pertanian di Indonesia.

    Agribisnis merupakan bisnis yang ada di bidang pertanian. Di jurusan agribisnis kita mempelajari tentang ilmu ekonomi pertanian dan usaha tentang tani dimana kita harus mempelajarinya dengan mendalam. Agribisnis bisa memberikan lowongan pekerjaan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dalam agribisnis kita mempelajari bagaimana cara untuk memasarkan dan manajemen hasil dari pertanian yang sudah ada. Jika hasil pertanian baik maka perekonomian Indonesia akan baik juga.

    Lulusan dari jurusan agribisnis diharapkan bisa meningkatkan hasil pertanian. Sehingga bisa membuat masyarakat sejahtera. Karena jurusan agribisnis mempelajari tentang ekonomi sehingga jurusan agribisnis banyak yang bekerja di bank. Memiliki ilmu pertanian membuat lulusan agribisnis juga bisa masuk ke perkebunan dan dinas pertanian.  

    Dalam waktu yang dekat ini Indonesia bakal menghadapi sebuah tantangan baru dimana tantangan tersebut adalah menjadi masyarakat ekonomi ASEAN. ASEAN terdiri atas beberapa negara, dimana di antaranya memiliki mitra kerja. Negara tersebut adalah Jepang, Cina, Korea Selatan, India, Selandia Baru dan juga Australia.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    Sehingga kondisi tersebut membuat setiap negara berlomba-lomba untuk meningkatkan ekonomi negaranya, Sehingga bisa memanfaatkan potensi yang ada. Kita berharap agar masyarakat ekonomi ASEAN bisa memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan ekonomi dari setiap negara yang terlibat, yang bisa memajukan negara ASEAN.

    Sektor yang paling diunggulkan Indonesia yaitu sektor agribisnis. Dimana Indonesia memiliki lahan pertanian yang lumayan besar.

    Agar terhindar dari krisis ekonomi sehingga banyak memiliki keunggulan. Berikut alasan mengapa jurusan agribisnis memiliki arti yang sangat penting :

    1. Aktivitas dari agribisnis bisa menghasilkan pangan, dimana pangan tersebut akan selalu ada.
    2. Agribisnis adalah suatu usaha ekonomi yang bisa membuat kita hemat visa, karena usaha tersebut bersumber dari sumber daya lokal.
    3. Agribisnis memiliki banyak kaitannya dengan usaha ke depan dan usaha ke belakang, sehingga perkembangan dari budidaya pertanian yang akan mendorong industri dan jasa.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Pertanian adalah sumber pencarian yang utama bagi masyarakat, karena jika tidak ada petani kita tidak bisa makan yang enak seperti yang kita rasakan saat ini. Dimana pertanian juga membutuhkan banyak jasa.
    2. Di Indonesia kultur yang digunakan masyarakat masih sesuai dengan tradisi dari negara agraris, sehingga jalan hidup yang seperti ini sangat menunjang perkembangan dari agribisnis
    3. Keberadaan lahan yang banyak dan sumber daya alam yang banyak membuat Indonesia yang besar dan belum dimanfaatkan dengan baik, bisa membuat masyarakat Indonesia untuk mengembangkan agribisnis nya.
    4. Di dalam era globalisasi seperti sekarang ini bisa membuat kita bisa bersaing di pasaran dunia yaitu barang olahan, sehingga agroindustri sangat berpeluang besar supaya bisa dikembangkan mengingat keberadaan bahan baku yang ada lumayan besar.
    5. Kontribusi dari agribisnis di dalam perekonomian nasional lumayan besar,  terkhusus di dalam industri non migas.
    6. Mengembangkan agribisnis sangat identik dengan pemberdayaan masyarakat, dimana mereka banyak yang bekerja sebagai petani, menimbang banyaknya masyarakat yang miskin.

    Jurusan agribisnis kurang diminati sama generasi muda. Padahal, industri sangat membutuhkan generasi muda untuk memastikan adanya keberadaan produksi pangan yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu jika kamu memiliki minat di dalam bisnis maka tidak perlu lagi untuk bisa mendalami tentang ilmu di jurusan ini dimana jurusan ini akan memberikan pekerjaan yang bagus untuk generasi muda. Tidak hanya memberikan pekerjaan kita juga bisa memajukan Indonesia dengan cara meningkatkan perekonomiannya.(Indah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keunggulan Jurusan Agribisnis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar