Pewarisan Sifat Pada Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Adanya makhluk hidup di karena kan tejadinya pewarisan sifat yang terjadi antara satu dengan yang lainnya. Pasti kita pernah membandingkan-bandingkan muka kita sama orang tua kita dan kita berfikir kita lebih mirip dengan siapa. Saat kita melihat-lihat alam yang terdapat di lingkungan kita, pasti banyak persamaan yang kita jumpai kepada makhluk hidup tersebut. Persamaan yang ada pasti terjadi antara anak dan induknya.

    Dengan adanya pewarisan sifat maka sifat setiap makhluk pasti akan berbeda-beda dengan lainnya. Banyak sifat yang diwariskan dari  ayah dan ibu pada anaknya, contohnya tinggi, warna kulit, bakat, mata, bentuk tubuh, rambut, kepintaran, raut wajah, dan masih banyak yang lainnya. Ada yang di sebut dengan hereditas yang artinya sifat yang diturunkan dari ayah dan ibu pada anaknya. Penurunan sifat dapat diwariskan dengan perkawinan antar dua jenis

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kromosom

    Berfungsi untuk membawa sebuah informasi genetik terhadap keturunannya, yang berupa benag-benang halus. Ada dua jenis kromosom yaitu :

    • Kromosom kelamin

    Yang berfungsi untuk memilih jenis kelamin dari sebuah organisme.

    • Kromosom tubuh

    Berfungsi sebagai penentu sifat dari tubuh oraganisme

    Gen

    Susunan-sunan yang ada di dalam tubuh setiap makhluk hidup disebut sebagai genotipe. Semua makhluk hidup mempunyai genotip yang berbeda dan bisa memilih sifat dari makhluk hidup itu. Sifat makhluk hidup yang tidak terlihat di sebut dengan genotipe, genotip yang akan memberikan sifat dari makhluk hidup tersebut sifat yang di sebut fenotipe, fenotip sifat yang bisa di lihat.

    Ada beberapa fungsi dari gen yaitu, memberitahu informasi genetik dari induk kepada anaknya dan mengatur pertumbuhan dan proses metabolisme individu. Gen berada dari lokus kromosom, banyak seklai gen bahkan ribuan yang terikat dalam setiap kromosom. Biasa nya gen di tandai dengan huruf kecil atau juga kapital.

    Baca juga : Konsep Dasar Mikrobiologi dan Parasitologi

    Persilangan

    Persilangan yang artinya adalah suatu proses yang akan menyatukan dua sifat yang beda dan pastinya kita ingin keturunan kita mendapatkan sifat yang baik. Penemu pertama daru persilangan ini adalah Gregor Mandel, Dia menggunakan kacang ercis sebagai bahan percobaannya. Ada 2 alasan mengapa ia memilih kacang ercis.

    • Sangat mudah untuk melakukan persilangan, sangat mudah untuk bertumbuh, dan juga tidak lama bertahan hidup di perkirakan lama sampai setahun.
    • Memiliki benang sari dan putik yang artinya bisa melakukan penyerbukan dengan sendirinya. Juga dapat di bantu oleh manusia untuk melakukan persilangan. Dengan begitu bunga akan memberikan hasil dari persilangan yang sifatnya sama dengan induknya.

    Peran persilangan bagi kehidupan manusia

    Agar kita mendapatkan hasil yang memuaskan maka kita harus melakukan persilangan untuk mendapatkan keturunan yang baik dan benar. Contohnya saja andaikan kamu berharap buah jeruk yang segar dan manis, kamu harus melakukan persilangan kepada tanaman jeruk nya, dengan demikian tanaman jeruk akan menghasilkan keturunan yang bagus. Jika ingin mendapatkan keunggulan yang bagus maka lakukan lah persilangan.

    Pewarisan sifat pada manusia

    Banyak sekali sifat yang diturunkan oleh manusia kepada keturunannya, contohnya saja mata, rambut keriting, tinggi badan dan masih banyak lagi. Ada berbagai penyakit yang di sebabkan dari keturunan.

    • Kencing manis
    • Golongan darah
    • Sifat pengecap
    • Albino
    • Kanker

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kelainan bawaan pada manusia

    • Jari yang berlebih

    Yang artinya memiliki jari-jari yang berlebih

    • Hemofili

    Darah yang tidak mudah untuk bergumpal saat terjadi nya luka atau goresan pada tubuh.

    • Gangguan penglihatan pada mata

    Buta warna juga bisa di turunkan dari ayah dan ibu, dimana seseorang tidak bisa membedakan setiap warna yang ada.

    • Gangguan mental

    Gangguan mental juga dapat di turunkan dari ayah dan ibu. Ciri-ciri dari orang berkegangguan jiwa adalah : menyebabkan kebodohan,  saat berbicara langsung akan menjawab dengan lama, dan juga pikkiran yang kosong.( Rinta )

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pewarisan Sifat Pada Manusia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar