Desa Tanah Merah, Inhil Mampu Kembangkan Akses Internet 

Daftar Isi

    LancangKuning.Com - Salah satu Desa di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mampu mengembangkan jaringan internet di Desa mereka yakni Desa Tanah Merah. Padahal, daerah tersebut jauh dari Ibukota Inhil. Dengan perkembangan tehnologi saat yang semakin canggih, desa seharusnya mengikuti era zaman sekarang. Sehingga informasi apapun mudah didapat oleh pihak masyarakat setempat. 

    Jaringan internet tersebut meliputi mulai dari Website Desa, Media Sosial dan Program Youtube mampu dikelola oleh pihak Desa Tanah Merah. Ini tentunya patut dicontoh untuk Desa-Desa yang ada di negeri seribu parit. 

    "Alhamdulillah, kita saat ini mempunyai jaringan internet sendiri. Pengelolaannya ada 5 orang staf saya, dengan cara ini pula masyarakat yang merantau bisa melihat perkembangan di Desa Tanah Merah," ungkap Kepala Desa Tanah Merah, Zulfadli, saat ditemui awak media. Jumat (09/12/16). 

    Zulfadli mengatakan, pengelolaan informasi desa melalui internet saat ini untuk membantu memberdayakan staf desa secara intensif khusus. Artinya modal dalam membina karakter Ilmu tehnologi dan Tehnologi (Iptek) dikalangan desa bisa tercipta dengan mudah disebabkan jaringan internet. 

    "Untuk gaji tenaga honor diseluruh perangkat desa sejak dibuatnya Program DMIJ oleh Bapak Bupati. Alhamdulillah juga ada kenaikan sekitar 200 hingga 500 persen," tambahnya. 

    Kemarin kata Zulfadli, gaji Kepala Desa hanya Rp 750 ribu, sekarang sudah mencapai Rp 3 juta lebih ditambah dengan tunjangan lainnya. Sedangkan gaji honor perangkat desa sebelum dikuncurkan program DMIJ ini hanya Rp 350 ribu. Namun untuk sekarang sudah mencapai Rp 1,500 juta, termasuk dijajaran RT, RW, Kepala Dusun dan lainnya juga mengalami kenaikan. 

    "Kenaikan gaji honor Guru Mengaji dan Guru Paud yang sebelumnya belum bisa dibayarkan secara langsung. Namun saat ini sudah bisa terbayarkan," sambungnya. 

    Sementara itu, Bupati Inhil H Muhammad Wardan yang sempat mengunjungi Desa Tanah Merah kemarin, mengatakan bahwa Ia merasa senang melihat kemajuan tehnologi di Desa ini. Bahkan wardan berharap desa yang ada di Inhil agar segera mengikutinya. 

    "Ini tentu sangat luar biasa, pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh Desa Tanah Merah secara baik ini tentu kita beri apresiasi. Semoga hal ini dapat diikuti disetiap desa-desa yang lainnya," kata Wardan saat berkunjung langsung ke Kantor Desa Tanah Merah kemarin. 

    Orang nomor 1 di Inhil itu berharap agar pengelolaan informasi desa berbasis internet dapat dikembangkan secara baik.  Sehingga ke depan, dapat berguna secara lebih luas lagi sebagai penunjang kegiatan pemerintahan desa.

    "Dalam hal mendata jumlah kependudukan dan potensi-potensi desa yang ada hingga ke satu kerja desa bisa secara cepat mengirim melalui internet. Dengan begitu tentunya akan membantu kita di kabupaten terlebih bagi pengembangan negeri kita ini ke depan," pungkas Wardan.

    Menurut pantauan dilapangan,  pengelolaan informasi desa berbasis internet di Desa Tanah Merah bisa dikatakan sukses. Mulai dari web dengan alamat TanahMerah.Desa.id, Facebook dengan nama akun Pemdes Tanah Merah, serta akun youtube dengan nama akun pemdes berjalan dengan baik. (Adv/Ydi) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Desa Tanah Merah, Inhil Mampu Kembangkan Akses Internet 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar