Ruang Lingkup Manajemen Media Massa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ketika kita sedang bosan dan membutuhkan hiburan atau sekedar informasi ringan, ketika kita ingin mendengar lagu favorit yang sering kita nyanyikan sehari - hari, menonton pertunjukan favorit atau melihat acara terkini, kemana kita akan pergi? kita kemungkinan besar akan menyalakan televisi, radio, atau komputer.

    Sumber yang digunakan oleh mayoritas masyarakat umum untuk mendapatkan berita dan informasi mereka dianggap media massa. Media massa merupakan perantara untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Media massa adalah sarana komunikasi utama yang dipakai guna menjangkau sebagian besar masyarakat umum.

    Platform paling umum untuk media massa adalah koran, majalah, televisi dan Internet. Masyarakat umum biasanya bergantung pada media massa untuk memberikan informasi mengenai masalah politik, masalah sosial, hiburan dan berita terbaru.

    Manajemen media adalah bidang penelitian anter disiplin ilmu yang ditujukan untuk mempelajari bagaimana organisasi media menggunakan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat tertentu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Dengan kata lain, manajemen media berfokus pada manajemen outlet media yang efektif. Akibatnya adalah persimpangan akademik dua ilmu sosial yang berbeda: komunikasi dan bisnis. Manajemen media saat ini merupakan bidang yang mapan di Eropa dan Amerika, dengan kontribusi oleh akademisi yang berasal dari sekolah komunikasi dan bisnis.

    Mereka bertemu di forum internasional seperti World Media Economics and Management Conference dimana dalam pertemuan kelompok-kelompok seperti Asosiasi Manajemen Media Eropa atau Asosiasi Akademik Manajemen Media Internasional. Beasiswa mereka diterbitkan dalam jurnal khusus seperti Jurnal Internasional tentang Media Manajemen, Jurnal Studi Media Bisnis dan Jurnal Media Ekonomi. Selain itu, basis teoretis dan metodologinya telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir.

    Penelitian dalam manajemen media saat ini diterapkan pada sisi bisnis semua jenis organisasi media yang beroperasi di berbagai industri, termasuk surat kabar, radio, televisi, film dan Internet. Dari perspektif manajemen, semua bidang fungsional menarik bagi disiplin ilmu, termasuk strategi, personel, operasi, pemasaran, keuangan dan kewirausahaan. Akhirnya, riset manajemen media sebagian besar berfokus pada pasar global, Eropa, dan Amerika. Tetapi ini juga merupakan disiplin yang meningkat di Amerika Latin, Asia, dan Afrika, dengan semakin banyak sarjana yang datang dari wilayah-wilayah dunia ini.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri

    Namun, cakupan yang baik dari manajemen media mengenai berbagai fungsi bisnis dan industri media belum ditindaklanjuti dengan penelitian yang cukup relevan tentang kompetensi manajer media. Aspek seperti kepemimpinan, motivasi, pengambilan keputusan, perencanaan, dan standar etika masih perlu lebih banyak perhatian dari para peneliti manajemen media.

    Ruang Lingkup Manajemen Media Massa

    1. Manajemen Media Massa
      Sebelum mendirikan sebuah media massa, perlu diperhatikan visi dan misi dari organisasi, pola komunikasi yang akan digunakan serta usaha membangun hubungan yang baik dengan masyarakat dan media lain.
    2. Pembaca
      Media massa hendaklah mengetahui target pembaca yang akan diraih. Hal ini juga membuat sebuah media massa akan memiliki pasar mereka tersendiri.
    3. Redaksi
      Redaksi merupakan proses perencanaan, pengambilan data dan pengolahan yang kemudian menghasilkan isi dari sebuah media cetak.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Produksi dan Marketing
      Produksi dan marketing adalah proses paling penting dalam proses produksi media massa. Proses pencetakan dan distribusi akan dilakukan agar media massa dapat menjangkau lebih banyak pembaca.
    2. Komponen Biaya
      Perencanaan biaya dalam media massa berfokus pada penentuan biaya operasional saat proses redaksi, pengelolaan biaya ketika produksi dan anggaran yang digunakan dalam proses marketing atau pemasaran.
    3. Isi Media Massa
      Isi dari media massa dapat bervariasi tergantung masing – masing media massa. Isi dari media massa dapat berupa isi utama media massa, desain atau tampilan media massa dan kontrol kualitas.
    4. Evaluasi
      Evaluasi dilaksanakan untuk mengetahui respon pasar atau konsumen terhadap penerbitan media massa, evaluasi terhadap tulisan para wartawan dan meningkatkan kemampuan SDM yang bekerja di media massa tersebut.(Aldi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Manajemen Media Massa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar