Cara Mencocokan Motherboard Dengan Processor

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Motherboard adalah sebuah PCB atau printed circuit board yang mempunyai tugas sebagai penyedia koneksi elektrik yang dapat menyebabkan perangkat yang terhubung pada motherboard ataupun perangkat yang eksternal dapat terhubung dengan motherboard. Perangkat yang terhubung bisa berupa slot RAM, port USB, CPU, dan lain sebagainya. motherboard juga dapat mengatur perangkat lainnya yaitu mouse, keyboard, DVD drive dan lain sebagainya.

    Fungsi motherboard

    Motherboard mempunyai fungsi dan tugas yaitu sebagai alat penghubung semua komponen yang tersusun dalam sebuah komputer serta sebagai alat penghubung bahasa kode untuk perangkat keras sehingga dapat menjalankan berbagai tugas yang diberikan oleh user.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jenis-jenis dari motherboard

    Motherboard dibagi menjadi 4 macam yaitu berupa motherboard AT baby, motherboard ATX, motherboard BTX, dan motherboard ITX. Berikut ini merupakan penjabaran dari jenis-jenis motherboard :

    • Motherboard AT baby

    Motherboard AT baby adalah jenis motherboard klasik yang pertama. Pada saat ini jenis motherboard AT baby tidak ada yang menggunakannya karena memiliki ukuran yang besar serta dapat dengan cepat panas saat digunakan. Motherboard ini juga sudah tidak cocok lagi dengan komponen perangkat keras sekarang.

    • Motherboard ATX atau Advance Technology Extended

    Motherboard ATX merupakan motherboard yang dihasilkan dari pengembangan motherboard sebelumnya. Motherboard jenis ATX ini masih banyak yang menggunakannya. Berikut ini merupakan jenis dari motherboard ATX yaitu :

    • Motherboard micro jenis ATX.
    • Motherboard flex jenis ATX.
    • Motherboard mini jenis ATX.
    • Motherboard BTX atau Balanced Technology Extended

    Motherboard BTX merupakan motherboard yang dapat mongontrol proporsi suhu komponen yang terpasang pada motherboard tersebut. Kemampuan utama motherboard BTX ini adalah mengatur daur udara atau mengendalikan panas yang berlebih pada perangkat yang terhubung. Berikut ini merupakan jenis dari motherboard BTX yaitu :

    • Motherboard jenis BTX standar.
    • Motherboard micro BTX.
    • Motherboard pico BTX.

    Baca juga  : Rekomendasi Harddisk External

    • Motherboard ITX atau Information Technology Extended

    Motherboard ITX merupakan motherboard yang memiliki ukuran yang lebih kecil daripada jenis motherboard yang lainnya. Motherboard jenis ITX ini biasa digunakan pada PC yang berukuran mini. Berikut ini merupakan jenis dari motherboard ITX yaitu :

    • Motherboard mini ITX.
    • Motherboard nano ITX.

    Pengertian processor

    Processor adalah sebuah otak dari sebuah komputer yang mempunyai tugas untuk mengelola seluruh jalan sistem yang terdapat pada komputer tersebut dan melaksanakan proses perhitungan seperti aritmatika. Processor dibagi menjadi 3 bagian penting yaitu ALU (Aritcmatics Logical Unit), CU (Control Unit) serta yang terakhir MU (Memory Unit). Berikut ini merupakan penjabaran dari bagian penting processor yaitu :

    • ALU (Aritcmatics Logical Unit) merupakan bagian penting dari processor yang melaksanakan tugas perhitungan pada proses program.
    • CU (Control Unit) merupakan bagian penting dari processor yang melaksanakan tugas untuk mengatur jalan lalu lintas untuk output dan jalan lalu lintas untuk input suatu data.
    • MU (Memory Unit) merupakan bagian penting dari sebuah processor yang melaksanakan tugas sebagai alat untuk mencadangkan data yang mempunyai ukuran yang kecil tetapi memiliki kecepatan untuk mengakses yang tinggi.

    Fungsi dari processor

    Processor mempunyai fungsi yaitu sebagai alat untuk mengelola data yang input dan memperoleh data yang output. Kerja processor dibantu oleh RAM dan harddisk. Lambat atau cepatnya processor dalam mengelola sebuah data bergantung pada kecepatan processor yang digunakan tersebut.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Cara mencocokan motherboard dengan processor

    Letak untuk menempatkan processor pada motherboard adalah socket. Socket memiliki banyak jenis pada motherboard dan kita harus menyesuaikan processor yang ingin dipasang dengan socket yang ada di motherboard tersebut. Berikut ini merupakan penjabaran dari socket yang cocok dengan processor :

    • Socket Intel LGA 1366 yang cocok dengan processor Intel Core i7.
    • Socket Intel 603 yang cocok dengan processor Intel Pentium 4 Xeon.
    • Socket Intel LGA 1155  yang cocok dengan processor Intel Core i3.
    • Socket AMD AM3 yang cocok dengan processor Sempron 140.
    • Socket AMD 754 yang cocok dengan processor Athlon 64.

    Intinya soket motherboard harus sesuai mereknya dengan merek sebuah processor yang akan dipasangkan pada sebuah motherboard. (Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mencocokan Motherboard Dengan Processor
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    16%

    Terinspirasi

    16%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    16%

    Komentar