Jenis –Jenis Socket Motherboard

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ketika kita merakit sebuah PC pasti kita akan mengganti bagian dalam dari PC tersebut, bagian dalam itu terdapat beberapa komponen yang saling terhubung di motherboard, yang menghubungkan komponen tersebut adalah socket. Socket pada motherboard merupakan sebuah konektor atau penghubung antara komponen – komponen dengan motherboard seperti penghubung antara HDD, penghubung sound card, penghubung prosessor dan lain – lain.

    Ada beberapa jenis dari socket yang perlu diketahui agar bisa menggunakannya ke pc yang sesuai, jenis – jenis tersebut antara lain :

    Jenis – Jenis Socket Motherboard pada Prosessor Intel

    1. Socket 423

    Socket 423 merupakan socket pertama yang di buat oleh perusahaan Intel dan pada socket ini terdapat jumlah pin count sebanyak 423 sesuai dengan nama socket tersebut. Socket yang pertama ini di gunakan untuk prosessor pertama yaitu Intel Pentium. Socket pada prosessor ini hanya di gunakan sekitaran 1 tahun dan setelah itu socket ini tidak di pakai lagi karena di ganti dengan versi terbaru.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2. Socket 478

    Socket 478 adalah socket kedua yang di kembangkan oleh perusahaan Intel dengan meningkatkan dan me-upgradesocket sebelumnya yaitu socket 423. Socket 478 ini memiliki jumlah pin sebanyak 478, dan di pakai untuk seri Pentium 4 serta Intel CPU Celeron. Tidak beberapa lama kemudian sejalan dengan perkembangan teknologi di dunia socket ini juga di gantikan dengan socket LGA 775.

    3. Socket LGA 775

    Socket ini di sebut dengan nama socket T, yang telah di rancang dan juga desain khusus untuk pengguna komputer desktop atau personal computer ( PC ). Singkatan dari LGA ini adalah Land Grin Array yang artinya tidak memiliki lubang – lubang pada socket, akan tetapi mempunyai 775 pin yang berbentuk menonjol, teknologi dari socket ini di gantikan dengan socket versi baru yaitu socket LGA 1366 dan socket LGA 1156.

    4. Socket LGA 1156

    Soket LGA 1156 ini dikenal dengan istilah atau sebutan Socket H, yang telah di rancang untuk menggantikan socket LGA 775 karena sudah tidak kompatibel dengan teknologi terbaru. Jika di bedakan dengan socket LGA 775, soket LGA 1156 ini bisa mengintegrasikan fitur – fitur sederhana yang telah ada di Northbridge untuk bisa sesuai dengan prosessor yang di pakai.

    Baca juga : Komponen-Komponen Penyusun Software

    5. Socket LGA 1155

    Socket ini adalah socket perkembangan dari socket LGA 1156 yang di kenal dengan nama lain Socket H2, socket ini di rancang serta di khususkan dengan jenis prosessor pada chipset Intel Sandy Bridge.

    Pada prosessor Sandy Bridge telah sudah mendukung dan support pada memori DDR3 – 1333.

    6. Socket LGA 1150

    Socket ini merupakan socket dari perkembangan versi LGA 115 dan merupakan socket terakhir yang di sebut dengan socket H3. Socket ini dibuat dan diluncurkan di pertengahan tahun 2015.

    Socket Prosessor AMD

    1. Socket 462

    Socket ini diciptakan pada tahun 2000 oleh perusahaan AMD, socket ini adalah socket pertama yang diluncurkan oleh AMD, dan terdapat pin sebanyak 462 lalu dikenal dengan socket seri A. Setelah beberapa lama socket ini digunakan akhirnya socket 462 diganti dengan versi yang telah di kembangan yaitu socket 754.

    2. Socket 754

    Perusahaan AMD meluncurkan socket ini dan diberi sebutan sebagai Generasi K8. Socket ini sudah di khususkan untuk prosessor kelas low end. Dan rata – rata prosessor Generasi K8 menggunakan socket 754.

    3. Socket 939

    Socket 939 di khususkan untuk teknologi prosessor mid – high. Socket ini memiliki beberapa teknologi dan fitur – fitur yang sangat modern dan telah support pada memori DDR2 yang juga modern pada zaman itu. Komputer yang menggunakan socket ini pada masa itu tidak banyak, karna harganya yang mahal membuat konsumen tidak sanggup untuk membeli.

    4. Socket AM2

    Socket MA2 diciptakan agar semua jenis dan versi prosessor dapat menyesuaikan dengan teknologi socket AM2 dan sifat dari socket ini adalah universal. Socket ini merupakan masa – masa revolusi socket bagi perusahaan AMD.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    5. Socket AM3

    Socket ini sudah mendukung semua jenis memori baik itu DDR2 atau DDR3 dan lainnya hingga Hypertransport mencapai 3200Mhz. socket ini dibuat pada era yangmodern, sehingga prosessor yang support dan kompatibel pada AM3 bisa digunakan ke socket AM2.

    6. Socket AM4

    socket ini merupakan socket yang paling terbaru yang di luncurkan oleh perusahaan AMDdan support pada memori DDR4. Dan sesuai dengan prosessor seri FX serta prosessor seri APU.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis –Jenis Socket Motherboard
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    25%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    25%

    Marah

    50%

    Komentar