Komponen-Komponen Penyusun Software

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Perangkat lunak adalah seperangkat instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas tertentu. Berbanding terbalik dengan perangkat keras, yang mencitrakan aspek fisik komputer, perangkat lunak merupakan sebutan umum yang digunakan untuk aplikasi, skrip, dan program yang beroprasi pada perangkat. Perangkat lunak bisa diketahui sebagai bagian variabel dari perangkat keras bagian yang tidak berubah-ubah dan komputer. Berikut komponen-komponen penyusun software.

    Komponen Komponen Penyusun Software

    1. Internet

    Ada banyak hal dalam seni menggunakan Internet untuk mendapatkan pijakan kompetitif daripada sekadar aplikasi E-Mail atau halaman rumah di situs Web untuk tujuan periklanan. Internet, didorong oleh tuntutan lingkungan bisnis yang baru dan kompetitif, memaksa perusahaan untuk mengintegrasikan data, teks, suara, dan informasi gambar dalam berbagai format, dan juga harus terbuka dan berjejaring. Ini dinamis berdasarkan pada bagian yang dapat dipertukarkan dan secara teknologi memberdayakan dengan mendistribusikan pengambilan keputusan kepada pengguna dalam semua fungsi, termasuk pemasaran, layanan pelanggan, sumber daya manusia, keamanan dan hukum, serta pakar teknis tradisional dalam divisi layanan informasi perusahaan .

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2. Utilitas Sistem

    Contoh Utilitas Sistem termasuk salinan file, perbaikan hard drive, dan item serupa. Pada Laptop, semua Aksesori Meja (kalkulator, tutup tombol, dll.) Dan semua Panel Kontrol adalah contoh Utilitas Sistem.

    3. Layanan Sistem

    Contoh Layanan Sistem adalah bahasa kueri basis data bawaan pada mainframe atau lapisan media QuickTime dari Macintosh.

    4. Interface pengguna

    Contoh dimana, Macintosh memperkenalkan Alan Kay (penemu komputer pribadi, antarmuka pengguna grafis, pemrograman berorientasi objek, dan agen perangkat lunak) ide-ide terobosan pada antarmuka manusia-komputer, sistem operasi tidak menyertakan antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna Macintosh disebut Macintosh ToolBox dan menyediakan jendela, menu, kotak peringatan, kotak dialog, bilah gulir, tombol, kontrol, dan elemen antarmuka pengguna lain yang digunakan bersama oleh hampir semua program.

    5. Graphics Engines

    Mesin Grafik mencakup elemen pada ketiga level terendah, mulai dari menampilkan hal-hal secara fisik pada monitor hingga menyediakan rutinitas grafis high-end seperti font dan sprite animasi.

    Baca juga : Pengertian Anatomi Dan Bagian Bagian Perangkat Keras Komputer

    6. Google

    Lapisan Logical dari Sistem Operasi. Level Logical sistem operasi menyediakan fungsi tingkat tinggi, seperti manajemen file, fasilitas internet dan jaringan, dll. Sistem file dan program shell (terutama program shell grafis) adalah cara utama yang dialami oleh pengguna komputer pada komputer. Banyak orang menganggap sistem operasi hanya sebagai dua elemen ini.

    Sistem file menyediakan cara logis bagi program untuk mengakses file. Data aktual disimpan sebagai bit biner pada media penyimpanan (magnetik, optik, dll.), Seringkali dengan informasi khusus untuk koreksi kesalahan dan keperluan internal lainnya. Data biasanya disimpan dalam blok - dan ada banyak cara blok dapat diatur pada media fisik.

    Daripada meminta setiap program secara langsung mengakses perangkat keras dan menginterpretasikan dengan benar pola bit media fisik, sistem operasi menyediakan sistem file yang logis. Program (termasuk semua kecuali level terendah dari sistem operasi) merujuk file tertentu dengan nama file atau berbagai jenis nomor akses dan menggunakan API sistem file standar untuk hal-hal seperti membaca, menulis, menambahkan, dll.

    Beberapa sistem operasi (seperti UNIX) memperlakukan semua file sebagai aliran bit atau aliran byte. Sistem operasi lain menyediakan interpretasi file yang lebih canggih. Sebagian besar sistem operasi mainframe menawarkan aliran pendekatan byte dan berbagai pendekatan yang diindeks. Beberapa sistem operasi menyediakan basis data seperti akses ke catatan dan data tertentu yang disimpan dalam file, sementara sistem operasi lain meninggalkan kemampuan ini untuk perangkat lunak manajemen basis data khusus. Beberapa sistem operasi menyediakan layanan untuk jenis file tertentu (seperti interpretasi multimedia musik dan video, interpretasi pengolah kata dari dokumen teks, dll.).

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Lapisan Perangkat Keras (Fisik) dari Sistem Operasi

    Level Perangkat Keras sistem operasi mengontrol penggunaan sumber daya sistem fisik, seperti manajer memori, processor , driver disk, dll. (Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen-Komponen Penyusun Software
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar