Pengertian Anatomi Dan Bagian Bagian Perangkat Keras Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apa itu Anatomi? Di dalam ilmu biologi, Anatomi merupakan sebuah ilmu yang mengkaji tentang susunan atau struktur dari tubuh atau badan organisme dan hubungan antara bagian satu dengan bagian yang lainnya. Jika kita artikan pada Perangkat Keras Komputer, maka Anatomi adalah sebuah ilmu yang mengkaji tentang susunan atau struktur dari pada sebuah komputer, hubungan antara perangkat keras satu dengan yang lain nya.

    Seperti karya Robert Burton, The Anatomy of Melancholy, ini adalah anatomi metaforis. Tidak seperti anatomi manusia, anatomi komputer dirancang dengan hati-hati, memungkinkan kita untuk membuat pernyataan luas tentang struktur dan tujuan setiap komponen tanpa kehilangan terlalu banyak keakuratan.

    Bagian Bagian Perangkat Keras Komputer

    1. Motherboard

    Komputer adalah koneksi komponen yang kompleks yang harus saling berkomunikasi untuk mencapai perintah pengguna. Komponen yang memungkinkan komunikasi penting ini adalah motherboard. Setiap bagian fisik perangkat Anda terhubung ke motherboard, itulah sebabnya kerusakan terlalu panas pada komponen penting ini dapat menyebabkan kerusakan bagian lain juga. Anda juga dapat mendengar teknisi merujuk ke papan logika, yang setara dengan motherboard di perangkat yang lebih kecil seperti ponsel dan tablet.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    2. Central Processing Unit (CPU)

    Perangkat apa pun yang memproses informasi memerlukan otak, dan di komputer, ini adalah unit pemrosesan pusat. Perangkat keras dan lunak lain di komputer mengirimkan perintah dan input mereka ke CPU sehingga dapat menginterpretasikan dan menjalankannya. Dengan demikian kecepatan CPU dan jumlah core sangat penting dalam memungkinkan komputer Anda melakukan multitask secara efektif. Karena seberapa sentral CPU itu, bug dan kekurangan dalam operasinya dapat menyebabkan masalah di seluruh sistem yang mungkin memerlukan penggantian CPU.

    3. Random Access Memory (RAM)

    Melanjutkan metafora otak kita, Random Access Memory adalah bagian perangkat keras di komputer Anda yang berfungsi seperti memori jangka pendek manusia. Setiap informasi atau data yang sedang aktif digunakan dan dibuat oleh program-program pada perangkat Anda disimpan untuk memudahkan akses dalam komponen RAM. Ini memungkinkan operasi komputer Anda dengan lancar dan cepat. Untuk alasan ini, jika ada yang salah dengan RAM Anda, Anda mungkin menemukan bahwa program Anda tidak lagi berfungsi dengan cepat, karena mereka harus mengakses informasi dari Hard Drive. Ini juga menyebabkan keausan yang tidak perlu pada Hard Drive, jadi kami selalu menyarankan untuk segera mengganti RAM yang salah.

    Baca juga : Cara Memilih Harddisk Eksternal Yang Bagus

    4. Power Supply

    Bagian komputer ini menerima arus AC dari sumber listrik eksternal dan mengubahnya menjadi arus DC (catu daya berkelanjutan) sehingga semua komponen perangkat keras lainnya dapat berfungsi tanpa gangguan. Catu daya juga mengatur panas untuk perangkat Anda, mencegah panas berlebih. Oleh karena itu, catu daya yang salah dapat menyebabkan masalah mekanis berbasis panas untuk seluruh bagian internal komputer Anda.

    5. Hard Disk Drive atau HDD dan juga Solid-State Drive atau SSD

    HDD dan juga SSD adalah dua opsi dalam komponen komputer yang bertindak sebagai penyimpanan memori dalam jangka panjang untuk data dan juga informasi. Apa pun yang digunakan komputer Anda, drive ini berfungsi sebagai perangkat penyimpanan utama dan terbesar untuk sistem operasi, perangkat lunak, dan file Anda. Karena informasi disimpan dalam komponen fisik, komputer Anda selalu dapat mengaksesnya, tidak seperti RAM, yang mengosongkan dirinya sendiri ketika tidak aktif berfungsi.

    Dalam kasus hard drive, yang terdiri dari komponen yang bergerak, karena komputer terus-menerus menulis dan membaca informasi tentangnya, itu dapat aus dan mulai menyebabkan masalah bagi fungsi program. Di sisi lain, karena solid-state drive tidak memiliki bagian yang bergerak tetapi melakukan fungsi yang sama, itu dapat menawarkan stabilitas dan umur panjang yang lebih besar untuk perangkat Anda tetapi harganya sangat mahal.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    6.  Video Card

    Agar Anda dapat melihat apa yang terjadi di dalam komputer Anda, Anda memerlukan kartu khusus yang mengirimkan informasi grafis ke monitor Anda (atau layar lain). Kartu video ini menempel pada motherboard. Penggunaan program atau perangkat lunak grafik-berat (game, program desain, dll.) Dapat membebani kartu video, menyebabkan masalah dengan panas berlebih atau akses RAM.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Anatomi Dan Bagian Bagian Perangkat Keras Komputer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    66%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    33%

    Komentar