Cara Memilih Harddisk Eksternal Yang Bagus

Daftar Isi

    LancangKuning.com  - Mungkin diantara kalian sudah mengerti apa itu hard disk dan juga kegunaannya. Hard disk merupakan hardware yang menyediakan tempat untuk menyimpan serta membaca data pada komputer. Hard disk adalah jenis memori pada komputer yang memiliki sifat yang data pada komputer ini tidak hilang meskipun komputer yang kita gunakan di matikan. Sifat ini dinamakan dengan non-volatile memory.

    Penyimpanan data ini tidak sama dengan RAM dikarenakan ram hanya bisa menyimpan data pada  komputer masih hidup. Hard disk di perkenalkan pertama kali di tahun 1956 yang beberapa tahun kemudian menjadi penyimpanan data untuk penggunaan secara umum di tahun 1960. Hingga sekarang hardware ini masih dominan menjadi tempat penyimpanan untuk komputer personal untuk server.

    Dan yang menjadi pesaing hard disk sekarang adalah SSD yang dimana perangkat ini menawarkan kecepatan saat menyimpan serta membaca data lebih cepat, dan  memiliki keunggulan yaitu hanya memakan daya yang sedikit dan banyak lagi kelebihan dari perangkat keras ini. Hard disk memiliki fungsi sebagai sebuah perangkat untuk menyimpan data di komputer, data yang bisa disimpan oleh perangkat ini adalah seperti perangkat lunak atau software dan data pribadi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Di perangkat keras ini menyediakan berbagai bentuk dan kapasitas sesuai dengan  memori internal di komputer. dan hard disk dapat menyimpan data hingga miliaran bytes. Pada saat hard disk kita gunakan memiliki kapasitas yang besar nantinya akan semakin rendah rotate per minute nya. RPM berfungsi untuk membuat kecepatan putar dalam waktu 60 detik yang dapat dilakukan pada komponen hard disk. Setiap hard disk memiliki kecepatan yang berbeda  tergantung dengan jenis hard disknya, biasanya kecepatan hard disk adalah sebesar 5.400 RPM. Di hard disk mempunyai beberapa komponen seperti yang ada dibawah ini:

    • Platter
    • Spindle

    Komponen ini dapat berfungsi sebagai untuk menahan komponen platter agar berada tetap di saat platter diputar. Spindle juga terdapat pada kendaraan motor yang memiliki fungsi untuk memutarkan komponen platter dengan kelajuan yang relatif tinggi.

    • Read/Write head

    Merupakan sebuah komponen yang mempunyai fungsi untuk mengatur data seperti menulis hingga menghapus data di platter. Di sisi platter terdapat head yang berfungsi membaca serta menulis di sisi bawah platter.

    Baca juga : Pengantar Ergonomi

    • Read/Write actuator arm

    Komponen ini memiliki peran seperti sebuah lengan pada alat pemutar musik zaman dahulu. Komponen ini memiliki fungsi untuk menyesuaikan sebuah posisi dengan lokasi data yang ditulis di pattern.

    Cara Kerja Hard disk

    Di perangkat ini memiliki komponen yang bernama platter yang terdiri atas material magnetik yang sudah terbagi menjadi miliaran sebuah area yang kecil. Di setiap kawasan area tersebut bisa memberikan sebuah magnet untuk menyimpan jika tidak adanya gaya magnet akan tidak dapat menyimpan. Dengan menggabungkan nilai tersebut maka kemudian akan bisa membuat sebuah informasi, contohnya adalah kata yang mewakilkan dari 8 bit.

    Magnet digunakan saat penyimpanan komputer dikarenakan sebuah komputer akan dapat menyimpan suatu data walaupun perangkat komputer yang digunakan dalam keadaan mati. sama juga saat kita memberikan magnet pada paku, pastinya paku tersebut akan masih tetap dialiri oleh magnet hingga kita melepaskan magnet pada paku tersebut. Saat sedang menyimpan datadi hard disk, data yang kita simpan tidak begitu saja akan berhamburan di platter tetapi data yang kita simpat tersebut akan tersusun rapi pada saat di pola platter.

    Bilangan bit data yang tersusun di pusat yang sama serta melingkar serta kemudian dapat disebut dengan track. Setiap sebuah track kita pecah maka track tersebut akan membuat sebuah area yang lebih kecil yang bisa disebut sector. Di dalam bagian perangkat hard disk memiliki sistem yang digunakan menyimpan peta mengenai sebuah informasi dari semua data yang ada di sector, peta dapat mengetahui sebuah sector yang digunakan juga sebuah sector yang kosong penyimpanannya. Pada saat berada di operasi sistem windows peta ini akan berfungsi saat kita menyimpan data, dan selanjutnya peta tersebut terlebih dahulu akan mencari informasi sektor yang masih kosong.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Untuk dapat membaca informasi, suatu proses yang dilakukan dimana sebuah sector yang akan dicari adalah sebuah sector yang mempunyai informasi yang berhubungan dengan begitu banyaknya informasi data yang telah disimpan pada perangkat hard disk dengan memiliki ukuran yang kecil. Kita pastinya bingungpada saat akan membeli sebuah perangkat hard disk dikarenakan varian nya yangbegitu banyak. Ada beberapa cara untuk mendapatkan perangkat hard disk yang memiliki kualitas yang bagus adalah seperti berikut:

    •  Sistem operasi

    kita harus menyesuaikan sistem operasi yang kita gunakan di komputer.

    • Kapasitas hard disk eksternal

    Jangan sampai memilih sebuah hard disk yang memiliki kapasitas yang rendah dibandingkan dengan hard disk internal pada komputer.

    • Kecepatan rotasi hard disk eksternal

    Kecepatan pada hard disk sangat berpengaruh pada saat menyimpan data.

    • Konektivitas hard disk eksternal

    Pastikan hard disk yang kita beli sudah memiliki dukungan oleh USB 3.0.

    • Keamanan hard disk eksternal

    Carilah perangkat sebuah hard disk yang memiliki pengaman pada data akan disimpan.

    • Cover hard disk eksternal

    Gunakanlah hard disk yang memiliki cover yang aman untuk melindungi sebuah hard disk dari benturan.

    • Fitur hard disk eksternal

    Hard disk yang kita beli harus memiliki fitur yang harus sesuai oleh kebutuhan yang digunakan.

    • Merek hard disk eksternal

    Carilah hard disk yang mempunyai kualitas yang baik dan bagus serta berkualitas. (Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Memilih Harddisk Eksternal Yang Bagus
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar