Pengantar Ergonomi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apakah kata ergonomi asing di telinga kalian, jika iya, maka kalian harus membaca artikel ini sampai akhir agar teman-teman semua paham tentang ergonomi. Sebenarnya kata ergonomi berasal dari bahasa Yunani, “ergon” artinya kerja dan “nomo” artinya aturan. Jadi pengertian ergonomi secara umum adalah segala pengetahuan, peraturan, dan etika yang menjadi acuan manusia dalam berinteraksi dengan pekerjaan, data, dan metode dalam merancangkan sistem supaya penggunaan sistem tersebut menjadi optimal sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan manusia.

    Berdasarkan pendapat dari Santoso(2004), ergonomi memiliki 4 tujuan utama, seperti yang ada di bawah ini :

    • Mengoptimalkan kerja pegawai perusahaan
    • Meningkatkan K3 ( Kesehatan Keselamatan Kerja )
    • Mengingatkan agar orang dapat bekerja dengan semangat, aman dan nyaman
    • Meningkatkan kerja yang menjanjikan

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berdasarkan pendapat dari Tarwaka(2004), penerapan ergonomi dalam dunia kerja akan mencapai tujuan-tujuan seperti yang ada di bawah ini :

    • Pekerja akan merasakan sejahtera dalam fisik dan mental karena. Fisik sejahtera karena menghindari kecelakaan kerja dan sejahtera mental karena adanya kepuasan dalam bekerja.
    • Semakin terasa nya kesejahteraan sosial, kesejahteraan sosial terwujud di saat ada interaksi dan komunikasi yang baik antara pekerja dengan pekerja dan pekerja dengan atasan sehingga menciptakan suasana kerja yang harmonis di antara seluruh lapisan pekerja.
    • Terjadi keseimbangan yang benar terhadap aspek teknis. Ekonomi dan antropologi dari seluruh sistem kerja maka terjadilah kualitas kerja dan hidup yang baik.

    Setelah kita tahu tujuan dari ergonomi, saat nya kita untuk membahas manfaat ergonomi. Manfaat ergonomi pada umumnya adalah supaya pekerjaan cepat terselesaikan, dengan keselamatan kerja yang terjamin, penggunaan waktu yang lebih sedikit, kesehatan yang terjamin dan sebagainya. Manfaat yang dapat kita peroleh dari penerapan ergonomi adalah :

    • Kerja semakin optimal, contohnya keuletan, keamanan dan semangat kerja meningkat.
    • Penggunaan waktu dalam kerja semakin sedikit dan biaya tambahan juga semakin berdampak dan terasa bagi kemajuan kerja contoh seperti biaya untuk pelatihan dan seminar.
    • Semakin meningkatkan kualitas pekerja manusianya dengan terus mengembangkan keahlian yang di perlukan.
    • Dapat mengoptimalkan waktu setiap hari supaya tidak ada waktu yang terbuang percuma.
    • Pekerja atau karyawan menjadi nyaman saat bekerja sehingga kualitas pekerjaan mereka semakin meningkat.

    Ergonomi juga memiliki prinsip dan biasanya prinsip tersebut di bagi menjadi 5, seperti yang ada di bawah ini :

    Baca juga : Hukum Kesetimbangan Mekanika Teknik

    1. Kegunaan

    Produk atau hasil kerja dalam dunia usaha harus memiliki kegunaan atau manfaat bagi orang yang menggunakan dalam mendukung kebutuhan dengan optimal tanpa masalah yang menyusahkan dalam penggunaanya. Contohnya seperti pompa angin untung ban yang di beri ukuran atau parameter sehingga saat mengisi angin ban tidak mengalami kekurangan atau kelebihan gas.

    2. Keamanan

    Dalam prinsip keamanan artinya dalam setiap penggunaan masing-masing produk memiliki manfaat dalam setiap penggunaan nya tanpa menimbulkan bahaya atau kerugian dalam penggunaannya. Contohnya seperti tas yang di beri pin kode untuk membuka supaya tidak semua orang dapat membuka tas kita tanpa kita sadari.

    3. Kenyamanan

    Kenyamanan dalam penggunaan suatu produk sangat di butuhkan karena jika produk yang kita hasilkan sangat nyaman saat di gunakan oleh pengguna mereka pasti akan suka dengan produk tersebut dan citra usaha kita akan semakin bagus dan orang akan tertarik untuk terus menggunakan produk kita. Contoh sweater yang dapat menghangatkan dan nyaman di pakai.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    4. Keluwesan

    Luwes artinya hampir sama dengan tidak hanya terbatas artinya ergonomi dapat di gunakan untuk kebutuhan pada kondisi lainnya atau dalam artian memiliki fungsi ganda. Misalnya tas yang di lengkapi tempat charger baterai ponsel

    5. Kekuatan

    Jika produk kita kuat artinya produk tersebut harus tahan banting, tahan lama, tidak mudah rusak atau awet. Misalkan sepatu yang tahan bertahun tahun meskipun sering di gunakan.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengantar Ergonomi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar