Hukum Kesetimbangan Mekanika Teknik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Cabang Mekanika Teknik yang berkaitan dengan studi berbagai hukum mekanika sebagaimana diterapkan pada solusi Masalah Teknik disebut Mekanika Terapan. Kesetimbangan Mekanika Teknik dapat menjadi tiga cabang yaitu :

    1. Mekanika benda tegar
    2. Mekanika benda yang cacat.
    3. Mekanika Fluida.

    Dalam mekanika benda tegar, deformasi dianggap sangat kecil dan karenanya diabaikan. Deformasi kecil tidak cukup mempengaruhi kondisi keseimbangan. Tetapi dalam struktur dan mesin yang sebenarnya, deformasi juga dianalisis, bahwa cabang mekanika disebut sebagai "Mekanika benda yang dapat di deformasi" (atau Mekanika bahan) atau kekuatan bahan.

    Mekanika Fluida adalah cabang Ilmu yang menangani perilaku fluida, yang dikenai tindakan gaya dalam keadaan istirahat dan bergerak.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Ringkasan:

    Statika:

    Ini adalah cabang Ilmu, yang berkaitan dengan studi tentang tubuh pada statika istirahat adalah studi tentang keseimbangan tubuh di bawah aksi gaya, oleh karena itu, statika terutama berkaitan dengan kondisi keseimbangan tubuh stasioner.

    Dinamika:

    Ini adalah cabang Ilmu yang berurusan dengan studi tentang benda yang bergerak. Dalam dinamika, kita terutama memusatkan perhatian pada studi tentang gerak benda dan efek gaya yang bekerja padanya.

    Kinematika

    Ini adalah studi tentang benda yang bergerak tanpa mempertimbangkan kekuatan, yang menyebabkan gerak. Kinematika digunakan untuk menghubungkan perpindahan, kecepatan, akselerasi, waktu yang diambil dll dari tubuh tanpa referensi ke penyebab gerakan. Ini adalah studi tentang benda yang bergerak, dengan mempertimbangkan kekuatan, yang menyebabkan gerak. Kinetika digunakan untuk memprediksi gerakan tubuh disebabkan oleh kekuatan yang diberikan, atau untuk menentukan kekuatan yang diperlukan untuk menghasilkan gerakan yang diberikan.

    Hidro mekanik

    adalah studi yang berkaitan dengan kondisi cairan di mana ia dapat tetap diam atau bergerak. Hidro mekanik dapat dibagi menjadi hidro statik dan hidrodinamika.

    Hidrostatika adalah studi tentang cairan saat istirahat.

    Hidrodinamika

    adalah studi tentang fluida yang bergerak. Tubuh dikatakan kaku jika mempertahankan bentuk dan ukurannya bahkan jika kekuatan eksternal diterapkan padanya. Ini disebut tubuh yang kaku.

    Baca juga : Anatomi Perangkat Keras Komputer

    Hukum Mekanika

    Studi tentang mekanika benda tegar didasarkan pada tiga hukum Mekanika berikut.

    Hukum Pertama:

    Sebuah partikel tetap berada di posisinya (istirahat atau bergerak) jika gaya resultan yang bekerja pada partikel adalah nol

    Hukum Kedua:

    Percepatan partikel akan sebanding dengan gaya yang dihasilkan dan dalam arah yang sama, jika gaya yang dihasilkan tidak nol.

    Menurut hukum ini,

    Kekuatan = tingkat perubahan momentum. Tetapi momentum = massa × kecepatan, Karena massa tidak berubah, Gaya = massa × laju perubahan kecepatan yaitu, Force = massa × akselerasi (F = m × a)

    Hukum Ketiga:

    Gaya aksi dan reaksi antara benda yang berinteraksi berada dalam garis aksi yang sama, besarnya sama, tetapi bertindak dalam arah yang berlawanan.

    Hukum Paralelogram Pasukan

    Hukum trans misibilitas kekuatan dan hukum jajaran genjang kekuatan akan dibahas dalam pelajaran mendatang. Mari kita bahas hukum yang tersisa:

    Beberapa Ketentuan Dasar Yang Digunakan Dalam Mekanik

    Berikut ini adalah istilah dasar yang digunakan dalam mekanika:

    Massa:

    Jumlah materi yang dimiliki oleh suatu tubuh disebut massa. Massa tubuh tidak dapat berubah kecuali tubuh rusak dan sebagian terpisah secara fisik.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Panjang:

    Ini adalah konsep untuk mengukur jarak linear.

    Waktu:

    Waktu adalah ukuran suksesi peristiwa. Acara berturut-turut yang dipilih adalah rotasi bumi dengan porosnya sendiri dan ini disebut hari.

    Ruang:

    Setiap wilayah geometris di mana studi tentang suatu benda telah dilakukan disebut ruang.

    Perpindahan:

    Ini didefinisikan sebagai jarak yang digerakkan oleh benda / partikel dalam arah yang ditentukan.

    Kecepatan:

    Kecepatan dapat didefinisikan dengan waktu sehubungan dengan tingkat perubahan perpindahan.

    Akselerasi:

    Ini adalah tingkat perubahan kecepatan sehubungan dengan waktu.

    Momentum:

    Produk dari massa dan kecepatan disebut momentum. Jadi Momentum = Massa × Kecepatan

    Partikel:

    Dapat didefinisikan sebagai objek yang hanya memiliki massa dan ukuran.(Ade)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hukum Kesetimbangan Mekanika Teknik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar