Fungsi Kerajinan Tekstil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin diantara kalian belum mengetahui apa fungsi dari kerajinan tekstil, kerajinan adalah sebuah bagian dari seni terapan yang bisa di katakan bahwa sebuah proses pembuatan yang mengikut sertakan suatu keterampilan yang manual di saat membuat sebuah benda keperluan kebutuhan dalam hidup yang sudah di bentuk untuk memiliki tujuan kegunaan dan serta memiliki nilai yang mempunyai keindahan. 

    Fungsi Kerajinan Tekstil - Di dalam produk kerajinan biasanya dapat memanfaatkan bahan atau material yang sudah tersedia dan juga sudah di hasilkan melalui keterampilan dengan alat bantu maupun dengan tangan kosong dan juga hasil yang di produksi hanya terbatas. Di dalam kerajinan tekstil  merupakan sebagai karya  yang tercipta dari bahan atau material dasar dari serat atau benang dan memiliki material yang fleksibel.

    Bahan tekstil ini bisa terbentuk dengan cara melalui penyulaman hingga cara pressing. Tekstil juga dapat diartikan sebagai sebuah jalinan atau lungsin yang dapat di sebut dengan anyaman yang kaitannya antara satu dan lainnya dalam tenunan maupun rajutan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sebagai rakyat indonesia harus bangga karena produk kerajinan merupakan sebuah salah satu kebudayaan bangsa indonesia tentunya kita harus bangga karena kita lahir serta tinggal di negara ini. Dan suatu kerajinan tekstil memiliki jenis yaitu kerajinan produk tekstil tradisional dan kerajinan produk tekstil yang modern.

    • Kerajinan tekstil yang tradisional

    Kerajinan ini merupakan sebuah kerajinan yang masih dibuat dengan secara manual atau dengan tangan kosong. Di kerajinan ini saat memproduksi tidak menggunakan bantuan mesin karena sifat di kerajinan ini masih tradisional, dan karena itulah kerajinan tradisional menghasilkan produk hanya terbatas di sebabkan oleh tenaga kerja dan tangan manusia yang terbatas.

    Tetapi kerajinan ini memiliki produk yang dapat dihasilkan dengan nilai yang tinggi. Di samping kelebihan itu kerajinan produk tekstil tradisional juga memiliki kelemahan yaitu saat sedang memproduksi kerajinan tersebut akan memerlukan waktu yang cukup lama serta harus membutuhkan kesabaran. Dari kerajinan tekstil yang tradisional memiliki beberapa kegunaan yaitu sebagai:

    a. Untuk pemenuhan sandang bagi tubuh

    Sebagai makhluk hidup yang memiliki adab dan akhlak. Pakaian memiliki kegunaan sebagai kebutuhan hidup untuk menutupi seluruh tubuh dari benang dan untaian kain yang panjang dengan berbentuk pakaian ataupun sarung.

    Baca juga : Penerapan Statistika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

    b. Untuk menjadi alat bantu untuk kebutuhan 

    Kerajinan tekstil ini adalah sebuah kebutuhan untuk mempercantik dekorasi di rumah. Contohnya adalah seperti alas meja dan banyak lainnya.

    c. Untuk sebagai alat ritual

    Di negara Indonesia sangat banyak keberagaman budaya dari setiap daerah, salah satu kegunaan kain dalam alat ritual adalah seperti tradisi-tradisi turun temurun yang tetap menggunakan kerajinan tekstil misalnyakain batik,kain tenun lainnya dan banyak lagi.

    • Kerajinan tekstil yang modern

    Di dalam kerajinan ini hampir semua produksi kerajinan tekstil dilakukan oleh mesin atau pun robot dan sistem pembuatannya pun semuanya serba otomatis. Di kerajinan ini mempunyai suatu kelebihan yaitu dapat memproduksi kerajinan dengan jumlah yang banyak dan juga memiliki kekurangan yaitu memiliki bahan yang kurang bagus dan kurangnya daya tahan produk tidak tahan lama. Kerajinan tekstil modern juga memiliki kegunaan yaitu:

    a. Pemenuhan kebutuhan sandang

    Perkembangannya kerajinan pastinya akan berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan sandangbukan hanya untuk melindungi tubuh kerajinan produk tekstil juga bisa melindungi dari terik panasnya matahari yaitu dengan adanya kerajinan tekstil topi dan sebagainya.

    b. Untuk pelengkap dekorasi

    Kerajinan modern juga ikut dalam berkembangnya dekorasi dan kerajinan modern produk tekstil adalah satu hal yang banyak di minati atau di incar dalam mempercantik interior dekorasi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Fungsi Dari Kerajinan Produk Tekstil

    1. Fungsi penghias

    Sebuah Kerajinan tekstil biasanya digunakan untuk sebagai sebuah hiasan ataupun pajangan dalam suatu ruangan. Dan di dalam benda hias terdapat makna yaitu kerajinan yang sengaja dibuat yang memiliki kegunaan untuk hiasan semata. Contohnya adalah boneka dan lain sebagainya.

    2. Fungsi untuk benda pakai

    Merupakan kerajinan yang memiliki tujuan untuk sebuah produk dapat digunakan sehari-hari. Misalnya baju serta aksesoris lainnya.

    3. Fungsi simbolik

    Fungsi ini masih berkaitan dengan nilai-nilai ritual misalnya adalah kain batik atau kain tenun lainnya yang di produksi dengan menggunakan motif yang simbolik. (Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Kerajinan Tekstil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    60%

    Tidak Peduli

    40%

    Marah

    0%

    Komentar