Pengertian Desain Produk Dalam Kerajinan Tekstil Dengan Berbagai Teknik Konstruksi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Maksud dari desain produk ialah sebuah proses terjadinya suatu produk yang terbaru dan akan dijual oleh sebuah perusahaan kepada konsumen atau pembeli untuk memperoleh keuntungan. Desain produk artinya rancangan awal untuk memudahkan seorang pencipta karya seni menghasilkan sebuah karya seni yang baru.

    Pengertian kerajinan tekstil

    Sebuah karya seni yang dibuat dengan kerajinan tangan yang menggunakan materi atau bahan utama yaitu bahan tekstil merupakan pengertian dari kerajinan tekstil. Kerajinan ini bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan ataupun tidak menggunakan peralatan dan dilaksanakan dengan cara tradisional ataupun modern.

    Desain untuk produk kerajinan tekstil dengan menggunakan berbagai teknik konstruksi. Teknik konstruksi untuk membuat produk kerajinan tekstil yaitu batik, tenun, cetak sablon, sulam, tapestri, makrame, dan jahit. Berikut ini merupakan desain untuk sebuah produk kerajinan tekstil menggunakan berbagai macam teknik konstruksi yaitu :

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Batik

    Batik adalah suatu teknik konstruksi dari kerajinan tekstil untuk menghasilkan sebuah desain produk yang dilakukan dengan memperindah permukaan materi tekstil atau kain. Teknik konstruksi batik ini dilakukan memanfaatkan peralatan berupa malam batik.

    • Tenun

    Tenun merupakan teknik konstruksi dari kerajinan tekstil yang dilakukan secara tradisional. Teknik ini dilakukan menggunakan tangan dengan model menyilangkan beberapa benang diantara benang lainnya. Hasil tenun ini biasanya berupa songket.

    • Cetak sablon

    Cetak sablon merupakan teknik konstruksi dari kerajinan tekstil yang dilakukan dengan cara dicetak di atas permukaan materi tekstil atau kain. Cetak sablon ini biasanya dicetak memakai layar.

    • Sulam

    Sulam adalah teknik konstruksi dari kerajinan tekstil yang dilaksanakan dengan cara menyulam benang-benang guna untuk memperindah permukaan materi tekstil atau kain.

    Baca juga : Sistem Basis Data Normalisasi

    • Tapestri

    Tapestri adalah teknik konstruksi dari kerajinan tekstil yang dilakukan dengan model menyilangkan serat ataupun benang diantara serat atau benang lainnya. Teknik ini mirip dengan tenun hanya saja hasil dari tapestri ini biasanya dimanfaatkan untuk hiasan atau aksesoris.

    • Makrame

    Makrame merupakan teknik konstruksi dari kerajinan tekstil yang dilakukan dengan model menyimpul atau menganyam benang sehingga membentuk rantai.

    • Jahit

    Jahit adalah teknik konstruksi dari kerajinan tekstil yang dilakukan dengan menyambungkan atau menjahit beberapa bagian kain agar menyatu. Teknik ini bisa dilaksanakan dengan cara menggunakan alat berupa mesin jahit ataupun menggunakan jarum dan dilakukan dengan manual.

    Jenis-jenis produk yang terbuat dari kerajinan tekstil :

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Jenis-jenis produk yang dihasilkan dari kerajinan tekstil ini bisa berupa jenis produk pakai dan jenis produk hiasan. Jenis produk pakai merupakan hasil jenis produk dari kerajinan tekstil yang dimanfaatkan. Contohnya pakaian, sarung bantal, penutup lantai, tirai jendela, dan lainnya. Sedangkan jenis produk hiasan merupakan hasil jenis produk dari kerajinan tekstil yang hanya digunakan untuk pajangan atau aksesoris saja. Contohnya gantungan hiasan pintu, hiasan untuk dinding ruangan, dan lainnya.

    Fungsi dari produk yang dihasilkan dari kerajinan tekstil

    Berikut ini merupakan fungsi dari produk yang dihasilkan dari kerajinan tekstil yaitu :

    • Digunakan sebagai hal yang dapat melambangkan nilai yang berkaitan dengan spiritual.
    • Digunakan sebagai alat untuk memperindah atau menghias suatu ruang.
    • Digunakan sebagai materi atau jenis produk yang bias dipakai.
    • Digunakan sebagai alat untuk melengkapi ritual seperti beberapa jenis kain songket yang digunakan dalam acara pernikahan, pesta adat dan atau upacara pemakaman.
    • Digunakan sebagai alat untuk bermain misalnya wayang, boneka, yoyo, dan lainnya.

    Prinsip dari produk yang dihasilkan dari kerajinan tekstil :

    Berikut ini merupakan prinsip dari produk yang dihasilkan dari kerajinan tekstil yaitu :

    • Harus memiliki unsur yang estetik agar hasil produk mengandung seni yang bagus.
    • Harus dibuat oleh seorang yang ahli dalam membuat kerajinan tangan agar dapat terciptanya produk yang mempunyai visual yang bagus.
    • Harus mempunyai keunikan dari materi yang akan dihasilkan.
    • Harus mempunyai unsur yang dapat digunakan untuk menghias ruang.(Mawar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Desain Produk Dalam Kerajinan Tekstil Dengan Berbagai Teknik Konstruksi
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar