Prinsip Etika Berkomunikasi

Daftar Isi

     

    LancangKuning.com - Komunikasi merupakan sebuah metode atau cara yang paling baik digunakan untuk berinteraksi. Berkomunikasi bukan hanya sekedar berbincang atau berbicara dengan orang lain, berkomunikasi juga merupakan cara untuk memperkuat ikatan persaudaraan kita dengan orang lain. Berkomunikasi bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu: berkomunikasi secara verbal dan berkomunikasi secara non – verbal.

    Apa itu berkomunikasi secara verbal dan non – verbal?

    1. Komunikasi secara verbal

    Komunikasi verbal adalah ucapan atau lisan dan kata – kata yang keluar dari mulut seseorang.

    1. Komunikasi secara non – verbal

    Komunikasi non – verbal adalah berkomunikasi dengan cara menggerakkan anggota badan dan tubuh yang setiap gerakan mempunyai arti tersendiri.

    Berkomunikasi merupakan proses yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain dengan mengeluarkan kata – kata atau gerak tubuh yang bisa membuat orang mengerti dengan apa yang di maksud.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Pada dasarnya komunikasi memiliki beberapa tingkatan – tingkatan yang menentukan kepada siapa kita sedang berkomunikasi. Jika seseorang berkomunikasi haruslah tau bahasa apa yang akan digunakan ketika sedang berkomunikasi. Berekut adalah tingkatan – tingkatan berkomunikasi yang perlu diketahui  :

    • Komunikasi intrapersonal

    Adalah komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. Biasanya komunikasi ini di lakukan oleh orang yang sedang berdiam atau melamun, dan kemudian dia berbicara dengan dirinya sendiri.

    • Komunikasi interpersonal

    Komunikasi ini disebut dengan istilah antar pribadi, yaitu pembicaraan yang dilakukan oleh 2 orang. Dan komunikasi interpersonal juga dapat dilakukan secara tidak langsung dan secara langsung. Komunikasi yang tidak langsung seperti berkomunikasi melalui handphone atau mengirim surat. Komunikasi ini yang diperlukan dan harus bisa memahami pesan apa yang akan di sampaikan dengan lawan bicara, agar lawan bicara tersebut dapat memahami apa yang sedang di sampaikan.

    • Komunikasi kelompok

    Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang dilakukan oleh banyak orang atau sekelompok orang di sebuah tempat. Komunikasi ini sering di lakukan ketika berkenalan dengan orang lain.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Yos Sudarso

    • Komunikasi organisasi

    Komunikasi ini memiliki skala jumlah yang besar jika di banding dengan komunikasi kelompok, pada komunikasi ini melibatkan lebih banyak orang untuk menentukan struktur dan peran masing – masing individu untuk mempengaruhi komunikasi yang di bentuk.

    • Komunikasi massa

    Komunikasi massa atau disebut juga dengan komunikasi public merupakan bentuk komunikasi yang luas, dan bahasa yang beragam dan orang dari mana saja. Tapi dalam penyampaian pesan pada komunikasi ini sangat formal dan lebih jelas di banding dengan komunikasi biasa.

    • Komunikasi dengan orang tua

    Pada saat kita berkomunikasi kepada orang yang lebih tua dari kita, kita haruslah berbahasa yang sopan agar dapat menghargai orang tua ketika berkomunikasi.

    • Komunikasi dengan orang sebaya

    Berkomunikasi dengan orang sebaya atau sama besar boleh menggunakan bahasa yang tidak formal atau menggunakan bahasa gaul yang membuat lawan bicara lebih merasa nyaman ketika berkomunikasi.

    • Berkomunikasi dengan anak dibawah umur

    Ketika berkomunikasi pada anak – anak sebaiknya tidak menggunakan kata perintah dan kata – kata yang kasar yang bisa membuat anak terbentak dan takut. Gunakanlah bahasa yang baik dan lemah lembut sama halnya ketika berbicara dengan wanita.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Etika – etika dalam komunikasi

    Etika berkomunikasi sangat dipelrukan, kenapa demikian karena ucap sang di gunakan saat berkomunikasi sangat berpengaruh dengan etika, sopan atau tidak sopannya etika seseorang dapat dilihat dengan cara berkomunkasinya kepada orang lain, baik kepada orang tua, sebaya, maupun kepada anak – anak.

    Ada beberapa cara untuk dapat menerapkan etika ketika bekomunikasi, yaitu :

    • Focus pada lawan bicara
    • Focus pada masalah
    • Jangan menimpali pembicaraan
    • Saling menghargai
    • Tidak boleh berbicara pada saat orang sedang berbicara
    • Selingi dengan humor
    • Berkomunikasi dengan bahasa yang formal.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prinsip Etika Berkomunikasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar