Tahapan Strategi Pemasaran

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Usaha sebuah perusahaan untuk memperkenalkan, memasarkan dan menjual barang bisa berupa produk atau jasa dengan menggunakan cara dan rencana yang tertentu agar penjualan dari perusahaan tersebut meningkat merupakan pengertian dari strategi pemasaran. Seorang pemimpin perusahaan harus tau bagaimana mengendalikan strategi pemasaran produk (berupa barang) dan jasanya.

    Hal tersebut dikarenakan strategi pemasaran ini memegang kunci dan menentukan sukses atau tidak suksesnya usaha bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Strategi pemasaran dapat digunakan sebagai penentu nilai suatu produk (berupa barang) dan jasa dari perusahaan tersebut. Nilai dari sebuah produk (berupa barang) atau jasa ditetapkan oleh beberapa faktor yaitu faktor konsumsi, faktor kualitas barang produk (berupa barang) dan jasa, serta faktor pemasaran barang (berupa produk) dan jasa.

    Tujuan dari strategi pemasaran

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Berikut ini merupakan tujuan dari strategi pemasaran bagi perusahaan yaitu :

    • Sebagai peningkat kemampuan beradaptasi jika mengalami pergantian struktur dari sebuah pemasaran.
    • Sebagai penghasil ukuran pemasaran yang standar dan sudah mencapai target yang sudah diinginkan.
    • Sebagai peningkat kualitas untuk mengkoordinasikan tiap individu yang berada dalam sebuah kelompok dan tim pemasaran sebuah perusahaan.
    • Sebagai pemikiran dasar yang logis untuk memilih dan mengambil sebuah keputusan untuk meningkatkan pemasaran sebuah perusahaan.

    Fungsi serta manfaat dari strategi pemasaran

    Berikut ini merupakan fungsi serta manfaat dari strategi pemasaran bagi perusahaan yaitu :

    • Dengan strategi pemasaran, sebuah perusahaan dapat memprediksi tujuan yang sudah ditargetkan oleh perusahaan tersebut.
    • Dengan strategi pemasaran, seorang pemimpin dari sebuah perusahaan dapat berpikir jernih untuk memilih dan mengambil keputusan serta mendapatkan banyak motivasi.
    • Dengan strategi pemasaran, standar prestasi kerja dalam kegiatan atau proses pemasaran lebih mudah diawasi.
    • Dengan strategi pemasaran, lebih terarah dan lebih mudah dalam mengkoordinasikan sebuah pemasaran.

    Jenis-jenis dari strategi pemasaran

    Berikut ini merupakan beberapa jenis dari strategi pemasaran bagi perusahaan yaitu :

    • Jenis strategi pemasaran yang membedakan pasar artinya jenis strategi pemasaran ini hanya melayani kebutuhan masyarakat atau konsumen yang tertentu dengan produk (berupa barang) dan jasa yang juga tertentu.
    • Jenis strategi pemasaran yang hanya terfokuskan atau terkonsentrasi artinya jenis strategi pemasaran ini dikhususkan untuk segmentasi pasar sebuah perusahaan yang melihat  batasan sumber materi yang dimiliki perusahaan tersebut.

    Baca juga : Pengertian Metode Npv

    • Jenis strategi pemasaran yang tidak membedakan pasar artinya jenis strategi pemasaran ini tidak memilih masyarakat tertentu dan melayani kebutuhan masyarakat atau konsumen yang umum dan mencakup keseluruhan.

    Tahapan dari strategi pemasaran

    Berikut ini merupakan tahapan-tahapan dari strategi pemasaran yaitu :

    • Segmentasi pasar

    Segmentasi pasar merupakan kegiatan pembagian suatu pasar yang bersifat berbeda atau heterogen dan menjadi suatu satuan pasar yang bersifat homogen.

    • Menentukan target untuk sebuah pasar

    Menentukan target untuk sebuah pasar artinya kegiatan memilih segmentasi pasar yang sudah terpilih dan melaksanakan segmentasi pasar tersebut.

    • Menentukan posisi atau titik untuk sebuah pasar

    Menentukan posisi atau titik untuk sebuah pasar artinya kegiatan memilih dan menempatkan produk (berupa barang) atau jasa agar dapat tepat dengan target atau tujuan perusahaan tersebut.

    • Marketing mix

    Marketing mix memiliki arti yaitu kumpulan komponen penting yang akan digunakan saat memilih strategi pemasaran untuk sebuah perusahaan.

    • Membangun kreativitas pemasaran

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Membangun kreativitas pemasaran artinya seorang pengusaha harus memiliki cara dan rencana pemasaran yang lebih unik dan kreatif agar bisa bersaing dengan perusahaan lain.

    • Konsisten dan fokus

    Konsisten dan fokus artinya seorang pengusaha harus memiliki cara atau rencana yang tersusun dan pengusaha tersebut harus konsisten dalam melaksanakan cara atau rencananya.

    • Melakukan evaluasi usaha bisnis

    Melakukan evaluasi usaha bisnis artinya seorang pengusaha harus melakukan evaluasi pada usaha bisnis yang dijalankannya jika sudah melaksanakan strategi usaha bisnis agar dapat mengukur dan melihat cocok atau tidak cocoknya strategi pemasaran yang sudah dilakukannya. (Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tahapan Strategi Pemasaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar