Faktor yang Mempengaruhi Otomatisasi Perkantoran

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Faktor-faktor yang mempengaruhi otomatisasi perkantoran salah satunya adalah akibat keterbatasan manusia dalam melakukan sesuatu. Maksudnya manusia memiliki keterbatasan dalam mengerjakan sesuatu, baik dalam hal waktu, tenaga, dan pikirannya. Karena, keterbatasan ini manusia memerlukan otomatisasi.

    Sesuatu yang berkaitan dengan otomatisasi adalah mesin atau alat elektronik. Mesin tidak sama halnya dengan manusia. Manusia memiliki keterbatasan dalam mengerjakan sesuatu oleh karena itu, manusia memerlukan otomatisasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi otomatisasi perkantoran ialah sebagai berikut.

    1. Faktor yang pertama adalah akibat keterbatasan manusia. Kita memerlukan istirahat untuk dapat bekerja kembali. Seperti, tidur, makan, minum dan kegiatan lain yang dapat membantu. Faktor ini merupakan faktor utama yang mempengaruhi manusia untuk memerlukan otomatisasi. Kita memiliki kekurangan untuk dapat mengerjakan sesuatu secara terus menerus. Contohnya seperti, kelelahan dan membutuhkan istirahat.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Faktor yang kedua adalah kebutuhan akan sesuatu yang terus-menerus seperti berita, informasi, makanan dan kebutuhan lain yang terus-menerus. Karena kebutuhan yang terus bertambah maka kita perlu otomatisasi. Dengan adanya otomatisasi kebutuhan tersebut akan terpenuhi atau terlaksana.
    2. Faktor otomatisasi yang lain ialah karena, masalah waktu. Dengan adanya otomatisasi dalam perkantoran maka, waktu dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga, dari otomatisasi ini kita memiliki waktu luang dan dapat mengerjakan kegiatan yang lain. Dengan begitu, waktu tidak terbuang sia-sia. Kita memiliki waktu-waktu tertentu untuk melakukan kegiatan lain seperti, waktu untuk beristirahat, beribadah, tidur, berlibur dan kegiatan lainnya.
    3. Faktor berikutnya ialah untuk mendapat keuntungan yang lebih besar. Dengan adanya otomatisasi maka, pekerjaan akan lebih cepat selesai. Otomatisasi memberikan waktu untuk jam kerja menjadi lebih banyak. Dengan demikian, kita tidak perlu bekerja terlalu keras. Otomatisasi tidak hanya memberi keuntungan menjadi lebih besar namun, pekerjaan terasa lebih mudah.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Keperawatan Panti Waluya Malang

    1. Dengan adanya otomatisasi akan mempermudah kita dalam mengerjakan sesuatu. Dengan kemudahan pula kerja terasa lebih ringan. Kita memerlukan otomatisasi untuk dapat melakukan pekerjaan yang tidak bisa kita lakukan terus-menerus. Oleh karena itu banyak yang menggunakan otomatisasi untuk membuat kerja lebih mudah dan cepat selesai.
    2. Faktor lainnya ialah otomatisasi memberikan kita hasil yang akurat atau tepat serta lebih cepat. Karena kelebihan ini kita banyak bergantung pada otomatisasi. Kita tidak memiliki ketelitian yang tinggi dalam mengerjakan sesuatu bahkan kita dapat salah atau lupa. Oleh karena itu, kita memerlukan otomatisasi dari mesin ataupun alat kerja lainnya yang berjalan secara otomatis. Otomatisasi yang ada di kantor contohnya adalah kalkulator atau alat hitung dan alat lainnya yang bekerja secara otomatis.
    3. Faktor selanjutnya yang mempengaruhi otomatisasi dibutuhkan perkantoran ialah untuk mengurangi jumlah pekerja atau pegawai yang terlalu banyak. Dengan berkurangnya pekerja atau pegawai maka keuntungan menjadi lebih besar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Faktor-faktor di atas yang menjadi penyebab kenapa perkantoran membutuhkan otomatisasi. Kita selalu membutuhkan kemudahan oleh karena itu, otomatisasi selalu digunakan untuk mencapai tujuan yang kita harapkan. Dengan adanya otomatisasi kekurangan kita dalam mengerjakan sesuatu akan tertutupi. Untuk mendapat hasil kerja yang baik kita tidak hanya bergantung pada otomatisasi saja tapi juga pada kerja keras kita.

    Dari faktor-faktor yang telah disebutkan diatas kita dapat mengetahui bahwa sangat besar peran atau fungsi otomatisasi untuk kita. Otomatisasi telah menyebar luas ke setiap wilayah untuk dapat mempermudah kita mencapai hasil kerja yang baik dan maksimal.

    Perkantoran memiliki jam kerja yang padat. Oleh karena itu, perkantoran membutuhkan otomatisasi. Perkantoran yang menggunakan system kerja yang otomatis akan menjadi lebih maju dan tentunya berhasil. Mengapa demikian? Karena, otomatisasi memberikan pengaruh yang positif atau sangat baik baik bagi perkantoran maupun suatu perusahaan. Seperti, kemudahan dan hasil yang cepat serta baik.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Faktor yang Mempengaruhi Otomatisasi Perkantoran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    100%

    Komentar