Perangkat Lunak E-Book Editor

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Perangkat lunak adalah sebuah piranti khusus untuk memuat data yang telah diformat, dan disimpan dalam bentuk digital. Perangkat computer dalam istilah Bahasa inggris yaitu software. Dengan kata lain, bagian system computer yang tidak berwujud.

    Hal ini menunjukkan perbedaan yang dominan dengan perangkat keras computer. Proses pembuatan perangkat atau software tersebut, membutuhkan sebuah Bahasa kode atau dengan istilah “Bahasa pemrograman”. Yang dibuat oleh seorang programmer untuk selanjutnya dikompilasi dengan sebuah aplikasi compiler. Sehingga menjadi rangkaian kalimat kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware

    Buku digital (E-book editor) merupakan sebuah buku digital yang dipublikasikan dalam bentuk digital/elektronik. Yang terdiri dari teks, gambar, video yang dapat dibaca pada komputer atau perangkat portable lainnya. Dengan menggunakan sebuah aplikasi yang disebut aplikasi e-book reader. Salah satu contohnya yaitu amazon kindle, sebuah laman membaca terbesar yang pernah ada.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Membuat E-Book dengan Perangkat Lunak E-Book Editor

    Buku digital juga disebut dengan istilah buku elektronik atau dalam Bahasa inggris disebut “e-book”. Namun, terkadang buku digital didefinisikan sebagai sebuah buku versi elektronik dari buku cetak.

    Keuntungan adanya buku digital, sebagai berikut:

    1. Dapat melestarikan literature dalam bentuk buku dengan jumlah banyak
    2. Tidak dapat rusak
    3. Perawatan yang murah
    4. Mudah dalam menyebar luaskannya
    5. Memiliki sifat portable
    6. Tidak memakan tempat
    7. Memiliki fasilitas terjemahan Bahasa
    8. Membatasi penyalinan

    Berbagai macam format buku digital/buku elektronik yang dibuat oleh penulis dan penerbit memiliki banyak format. Setiap format memiliki banyak kelebihan dan kekurangan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri

    Berikut beberapa contoh format e-book. Yaitu:

    1. Azw, file yang berkembang di sebuah laman ternama yakni amazon yang diberikan pada pembaca kindle.
    2. Azw3, format lanjutan dari azw standar, format ini juga disebut format kindle 8 versi baru
    3. Pdf, adalah salah satu format yang dikembangkan oleh adobe system. Yang berfungsi untuk mewakili dokumen dengan cara terpisah dari system operasi yang asli.
    4. Mobi, merupakan jenis file yang diberikan kepada e-book. Yang diciptakan oleh sebuah perusahaan buku digital perancis, yaitu mobipocket yang telah menciptakan aplikasi perangkat lunak bebas.
    5. Doc, adalah kepanjangan dari dokumen, doc juga sebuah format e-book yang merupakan ekstensi pengolah kata yang dikaitkan dengan aplikasi Microsoft 2007.
    6. Docx, suatu format yang dikenalkan pada sebuah software windows yakni Microsoft word 2007, hal tersebut berdasarkan open XML yang menggunakan kompresi ZIP untuk ukuran yang lebih kecil.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

     Fungsi Dari E-Book:

    1. Sebagai salah satu media alternative belajar
      Buku digital juga dapat memuat konten multimedia di dalamnya. Sehingga, mampu memberikan sajian bahan ajar yang menarik dan menyenangkan.
    2.  Sebagai media berbagi informasi
      E-book dapat disebarluaskan dengan lebih mudah, sehingga seseorang dapat mengetahui siapa penulis dan penerbitnya.
    3. Sebagai media hiburan
      Buku digital juga bisa menjadi sebuah hiburan bagi para readernya, dengan memberi suguhan seperti e-book dengan judul besar dongeng. Yang memuat konten bergambar lucu juga menggemaskan.

    Tujuan dari e-book

    Ada beberapa tujuan pengembangan buku digital:

    1. Memberikan kesempatan bagi para pembuat konten digital untuk lebih memudahkan berbagi informasi. Dengan ini, pengarang tidak perlu pergi ke penerbit, pengarang cukup mengunjungi salah satu laman took buku dan mendistribusikan bukunya secara mandiri.  
    2. Melindungi informasi yang akan disampaikan, sangat berbeda dengan buku versi cetak yang dapat mengalami kerusakan, basah, ataupun hilang. Dengan hal ini buku elektronik akan terhindar dari masalah-masalah tersebut.
    3. Mempermudah proses memahami materi ajar. Dengan buku digital, para guru serta murid dapat dengan mudah mengakses catatan atau materi tertentu, dengan cara memutar konten multimedia untuk memperkaya konten buku agar lebih menarik.(Manda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perangkat Lunak E-Book Editor
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar