Etika Presentasi Untuk Seorang Penyaji

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Presentasi tidak pernah bisa dihindari dari dunia pendidikan. Hampir semua jenjang menengah sampai pendidikan tingkat tinggi melakukan presentasi. Para pengajar maupun pelajar semua dituntut melakukan presentasi. Presentasi menjadi sebuah rutinitas yang dilakukan dalam dunia pendidikan. Bahkan saat ini presentasi mulai menyentuh dalam ranah pendidikan dasar.  

    Biasanya dalam dunia pendidikan, presentasi dilakukan para pelajar untuk menyampaikan tugas atau materi yang sudah mereka kerjakan. Namun tidak menutup kemungkinan pelajar juga melakukan presentasi saat berorganisasi. Demikian halnya juga dengan pengajar baik guru dosen. Pengajar sering melakukan presentasi saat memberikan materi kepada yang akan diajar.

    Mempresentasikan materi yang akan diajarkan umumnya akan membuat pelajar lebih tertarik dan mudah untuk mengerti. Presentasi dalam dunia pekerjaan pun tidak kalah penting terutama di bidang bisnis. Di dunia kerja, presentasi dilakukan untuk menyampaikan materi, hasil kerja pada atasan atau rekan sekerja nya dan lain sebagainya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Keahlian dalam presentasi juga penting di dunia kerja. Bisa dikatakan presentasi adalah satu dari sekian keahlian yang harus dimiliki dalam dunia pekerjaan. Contohnya dalam pekerjaan bisnis, melalui presentasi seseorang harus mampu mempromosikan produk atau ide yang dimiliki dengan baik agar dapat meyakinkan audiens. Saat presentasi, seorang penyaji harus mampu berbicara dengan lantang dan percaya diri didepan public.

    Ketika presentasi seseorang akan belajar untuk berbicara didepan orang (umum). Lalu apakah presentasi itu? Presentasi adalah kegiatan berbicara di hadapan orang banyak untuk menyampaikan ide ataupun informasi. Presentasi dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah materi (informasi), membuat suatu ide dengan harapan mendapatkan solusi dari permasalahan yang sedang dialami, meyakinkan audiens terutama saat mempromosikan produk yang dimilikinya. Ketika melakukan presentasi ada unsur-unsur pokok yang diperlukan seperti :

    1. Moderator, moderator adalah orang yang mengatur jalannya presentasi
    2. Pembicara, pembicara adalah seorang melakukan presentasi (seorang penyaji)
    3. Audience, yaitu orang yang menjadi tujuan/sasaran penyaji untuk menyampaikan materi presentasinya
    4. Tools, peralatan yang perlukan untuk mendukung presentasi yang akan dilakukan. Seperti LCD projector, sound system, dan lain sebagainya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Surakarta

    Presentasi bukan hanya sekedar berbicara didepan banyak orang. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa presentasi mempunyai tujuan. Puncak keberhasilan seorang penyaji ketika melakukan presentasi adalah saat audiens mengerti, tertarik ataupun terpengaruh dengan informasi yang telah disampaikan. Maka diperlukan peran yang besar bagi seorang penyaji agar presentasi yang dilakukan berhasil.

    Mulai dari mempersiapkan bahan presentasi dengan baik serta kelengkapan alat yang digunakan sebagai media untuk presentasi, memperhatikan kerapian pakaian yang digunakan, berbicara dengan jelas agar materi yang mau disampaikan dapat tersampaikan dengan baik ke audiens, selesai menyampaikan materi seorang penyaji juga harus mendengarkan dan mampu menjawab setiap pertanyaan audiens. Sebelum memulai presentasi, penyaji harus mempersiapkan semuanya dengan matang.

    Ketika menggunakan powerpoint sebagai media presentasi, penyaji harus memperhatikan huruf yang digunakan dan ukuran huruf agar jelas dan mudah untuk dibaca. Jangan terlalu banyak slilde, buat seefisien mungkin. Seorang penyaji juga harus memiliki etika dalam melakukan presentasi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Etika yaitu sebuah keyakinan dan prinsip yang dianut untuk menyatakan mana benar dan salah yang dapat diterima. Seorang penyaji juga harus menjaga perilakunya agar tidak merugikan dirinya ataupun orang lain. Beberapa etika yang harus dimiliki seorang penyaji dalam presentasi yaitu :

    • Penyaji berpakaian dengan sopan
    • Menyajikan bahan dengan batas waktu yang telah tentukan (tepat waktu). Seorang penyaji harus mampu menggunakan waktu dengan baik agar semua materi dapat disampaikan dengan jelas
    • Penyaji harus jujur. Artinya terbuka dalam menyampaikan informasi yang menjadi sumber data yang digunakan saat presentasikan.
    • Berbicara dengan lantang dan jelas sehingga audiens dapat memahami apa yang disampaikan. Seorang penyaji perlu menguasai dan mendalami bahan materinya.(Eka)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Etika Presentasi Untuk Seorang Penyaji
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar