Beberapa Fitur Baru yang Diluncurkan WhatsApp Ditahun 2020

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

    LancangKuning.com, Jakarta -- WhatsApp baru-baru ini memasukkan pembaruan ke program Google Play Beta. Pembaruan versi 2.20.13 dan 2.20.14 ini menyajikan fitur dark mode dan sejumlah fitur baru lain.

    Beberapa fitur seperti mode gelap (dark mode), stiker emoji, hapus pesan otomatis hingga transfer akun, akan menjadi fitur terbaru WhatsApp pada 2020.

    Baca Juga: Daftar 19 Daerah di Indonesia dengan Kewaspadaan Tinggi Hadapi Virus Corona

    Namun, pembaruan fitur-fitur ini baru bisa digunakan bagi pengguna yang sudah terdaftar pada WhatsApp versi Beta. Sehingga, pengguna WhatsApp versi pengguna akhir masih belum bisa mengakses fitur-fitur ini.

    Berikut beberapa fitur terbaru yang akan digulirkan pada 2020 seperti dilansir CNN Indonesia.

    1. Mode Gelap

    Fitur ini telah digulirkan WhatsApp dalam versi Beta 2.20.13 versi Android. Tak semua pengguna bisa menikmati mode gelap ini.  Fitur yang dinamakan Dark Theme ini bisa dijajal oleh para pengguna dengan mengunduh file APK

    Fitur ini bisa diaktifkan dengan cara WhatsApp Settings > Chats > Theme. Selain Dark Theme, dalam pengaturan ini  WhatsApp memberikan beberapa opsi pengaturan berbeda lain yakni Light Theme, System Default, dan Set By Battery Saver. Dengan mengaktifkan salah satu pengaturan ini, maka WhatsApp pengguna akan berubah.

    Jika Light Theme diaktifkan, maka WhatsApp akan berada di mode terang. Ini adalah mode normal WhatsApp yang telah ditampilkan ke pengguna selama bertahun-tahun.

    Baca Juga: Via Vallen Terkini, Soal Diet hingga Tepis Rumor Operasi Plastik

    Sementara dengan mengaktifkan system default, maka WhatsApp akan menyesuaikan dengan pengaturan ponsel. Sebab, Android dan iOS terbaru sudah menyediakan opsi mode gelap di sistem operasi mereka.

    Apabila pengguna mengaktifkan dark mode di pengaturan ponsel, maka WhatsApp akan ikut mengaktifkan mode gelap di aplikasinya.

    Untuk pilihan Set by Battery Saver, WhatsApp akan otomatis memilih menampilkan Light Theme atau Dark Theme sesuai dengan pengaturan battery saver di ponsel.

    2.  Emoji baru versi 13.0

    Emoji versi 13.0 yang akan meluncur pada 2020. Emoji terbaru ini menambahkan ikon seperti cheese cake, waffle, es batu, emoji menguap, emoji manusia berdiri, dan lainnya.

    WhatsApp memberikan pembaruan kecil dengan memberikan nama pada paket emoji agar pengguna bisa mengetahui jenis emoji yang hendak diunduh.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    3. Hapus Pesan Otomatis

    Fitur ini diketahui tengah dilakukan uji coba di beberapa pengguna. Disappearing Message (hapus pesan otomatis) memungkinkan pengguna menghapus pesan mereka secara otomatis.

    Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan diduga peluncurannya akan memakan waktu yang lama.

    4. Transfer Akun

    Baru-baru ini WhatsApp menerapkan fitur baru untuk platform iOS, yang memungkinkan untuk mendaftarkan akun WhatsApp Anda di perangkat iPhone baru tanpa meminta kredensial. Hal ini bisa dilakukan apabila jika iCloud Keychain diaktifkan.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur tersebut di platform Android.  Fitur yang dinamakan Account Transfer ini menggunakan Google API (antarmuka pemrograman aplikasi) yang membuat pengguna bisa memindahkan data WhatsApp dari satu ponsel ke ponsel lain tanpa membutuhkan registrasi. (jnp/eks)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Beberapa Fitur Baru yang Diluncurkan WhatsApp Ditahun 2020
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar