Besar Turunan dan Satuannya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Besaran adalah nilai numerik yang menunjukkan jumlah sesuatu, biasanya ditanyakan dalam kelipatan satuan standar. Besaran juga merupakan suatu pengukur dalam pembelajaran pasti, contoh panjang, bobot, volume, kecepatan sesaat, kerapatan, dan gaya. Besaran digunakan untuk menghitung sesuatu yang tidak diketahui jumlahnya.

    Besaran dan satuan

    Dalam world of fisika, kita dapat menghitung setiap besaran dalam satuannya, dengan cara mengubah besaran tersebut. Dengan suatu standar yang telah memenuhi persyaratannya (bayangkan ketika kamu mengukur panjang sebuah bangku dan kamu mendapatkan panjangnya lima jengkal. adalah ukuran umumnya).

    Sedangkan, satuan adalah nama atau sebuah istilah yang diberikan untuk mengukur besaran tersebut, satuan juga merupakan standar atau dasar ukuran dalam arti kata satuan sebagai takaran, sukatan, dan sebagainya. Setiap besaran fisika memiliki satuannya masing-masing. Besaran digolongkan menjadi dua bagian:

    1. Besaran Pokok

    Merupakan besaran yang ukurannya (atas kesepakatan fisikawan dulu). Terdapat tujuh besaran pokok dalam fisika, sebagai berikut:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Panjang

    Besaran pokok tersebut merupakan tolak ukur dari suatu bidang. Dengan satuan meter, 1 meter lintasan berarti panjang lintasan yang ditempuh oleh cahaya dalam sebuah ruangan yaitu 1/299 sekian detik(second).

    1. Massa

    Massa merupakan ukuran kuantitatif dengan bersifat inersia pada benda. Satuan massa yaitu kilogram (kg). 1 kilogram, berarti jumlah materi sebuah tabung platinum-iridium yang mempunyai tinggi dan diameter 3.9 cm.

    1.  Waktu

    Waktu merupakan sebuah rangkaian besaran pokok, dengan satuan second (s). 1 second merupakan seling waktu

    1.  Temperature

    Temperature yaitu suatu besaran yang mengukur tinggi atau rendahnya suatu suhu ruangan, satuannya yakni kelvin(k), kelvin merupakan absolut, 1 kelvin merupakan pecahan dari 1/273.16 temperature termodinamika triple point air.

    1. Kuat arus

    Kuat arus, satuan ampere(a), 1 ampere yakni arus yang dialirkan pada dua konduktor lurus parallel di ruangan dengan jarak 1 meter. Dengan panjang masing-masing konduktor. Pecahan yang akan dihasilkan yaitu gaya magnet tarik-menarik sebesar 2*10 N/m.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Akademi Kebidanan Munawarrah Bireuen

    1. Intensitas

    Keadaan tingkatan atau ukuran intens suatu cahaya. Dengan satuan candela(cd). 1 candela bermakna kekuatan sinar pada arah yang telah ditetapkan dari sebuah sumber dengan pancaran gelombang monokromatik dengan kekuatan 540*10 Hz

    1. Jumlah zat

    Besaran pokok jumlah zat (n), dengan satuan mol yang berarti 1 mol dengan jumlah zat penyusunnya sebanyak jumlah atom pada 0.012 kg atom carbon-12.

    1. Besaran Turunan

    Besaran dihasilkan jumlahnya sangat banyak, sebagai berikut:

    1. Luas (a) = m2
    2. Kecepatan (v) = m/s1
    3. Percepatan (a) = m/s2
    4. Massa jenis (p) = kg/m3
    5. Gaya (f) = N
    6. Tekanan (P) = Pa

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Berarti:

    1. Luas, ukuran panjang-lebarnya suatu besaran, diturunkan dari besaran panjang (panjang dikali panjang).
    2. Kecepatan, dihasikan dari besaran panjang dan waktu (jarak atau waktu dibagi waktu).
    3. Percepatan, dihasilkan dari massa dan panjang (massa dibagi dengan panjang dua).
    4. Massa jenis, hasilkan dari massa dan panjang (massa dibagi dengan panjang pangkat tiga) bervolume.
    5. Gaya hasilkan oleh massa, panjang, dan waktu, (massa dikalikan panjang dibagi waktu pangkat dua).
    6. Tekanan dihasilkan oleh massa, panjang, dan waktu (massa dibagikan dengan massa dikalikan waktu pangkat dua).

    Dimensi besaran pokok dan besaran turunan

    Dimensi adalah suatu ukuran atau matra dalam besaran-besaran pokok penyusunnya. Hal itu, terbentuk disebut dimensi. Pada sistem dunia (SI), ada 6 besaran pokok yang ada dimensi, sedangkan dua besaran pokok tambahan tidak berdimensi. Cara pembuatan dikatakan dengan dan dikasih tanda kurung persegi.

    Macam-macam satuan internasional

    Satuan internasional merupakan satuan baku yang diakui secara universal atau menglobal yang dapat digunakan di negara manapun. Sehingga, satuan tersebut telah ditetapkan sebagai alat ukur untuk mengukur besaran pokok dan besaran turunan.(Manda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Besar Turunan dan Satuannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar