Pernyataan Ratu Elizabeth Soal Pencopotan Gelar Kerajaan Harry dan Meghan

Daftar Isi


    Foto: Ratu Elizabeth II, Meghan Markle dan Pangeran Harry

    LancangKuning.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle melepas gelar kerajaan mereka. Artinya, mereka tidak akan menggunakan titel HRH (His/Her Royal Highness) atau Yang Mulia di depan nama masing-masing.

    Pasangan yang dikaruniai satu orang anak ini juga tidak akan mendapatkan dana pemerintah untuk tugas-tugas kerajaan mereka. Pencopotan gelar kerajaan Harry dan Meghan telah diumumkan secara resmi oleh Istana Buckingham, seperti dilansir BBC.

    Baca Juga: Papua Diguncang Gempa M 6,3

    Nantinya pasangan yang menikah pada 2018 itu juga tidak lagi mengabdi pada Ratu Elizabeth II dalam acara maupun kunjungan Kerajaan. Mereka pun berniat mengganti biaya yang telah dikeluarkan untuk renovasi Frogmore Cottage, tempat yang menjadi rumah mereka saat menetap di Inggris.

    Pernyataan Ratu Elizabeth Soal Pencopotan Gelar Kerajaan Harry dan MeghanMeghan Markle, Pangeran Harry dan Ratu Elizabeth II. Foto: John Stillwell - WPA Pool/Getty Images.

    Baca Juga: Kondisi Ekki Soekarno yang Sakit Paru-paru dan Jantung

    Seperti diketahui, renovasi dan pemugaran kembali Frogmore Cottage di Windsor, menghabiskan biaya sekitar Rp 4,2 miliar yang diambil dari pajak negara. Dengan mengganti biaya renovasi, berarti Frogmore Cottage akan tetap menjadi tempat tinggal mereka di Inggris.

    Pencopotan gelar kerajaan akan mulai berlaku pada musim semi 2020, atau sekitar Maret-April tahun ini. Pernyataan resmi dari Ratu yang terbit pada Sabtu (18/01/2020), menulis bahwa keputusan tersebut diambil setelah mereka membicarakannya berbulan-bulan lalu, dan berdasarkan diskusi yang dilakukan para anggota senior Kerajaan pada Senin (13/01/2020).

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Saya bersyukur akhirnya kami telah menemukan solusi yang kontstruktif dan suportif untuk cucuku dan keluarganya," tulis Ratu dalam pernyataannya.

    "Harry, Meghan dan Archie akan selalu jadi anggota keluarga yang sangat kami cintai," lanjutnya.

    Ratu Elizabeth II juga menyadari berbagai tantangan yang telah Pangeran Harry dan Meghan Markle lalui sebagai anggota kerajaan yang selalu diamati gerak-geriknya. Untuk itu Ratu mengambil keputusan terbaik bagi mereka.

    "Saya menyadari tantangan yang telah mereka lalui karena pengawasan intens dalam dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk menjalani hidup yang lebih mandiri."

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Saya berterima kasih atas dedikasi mereka pada negara, Persemakmuran dan lainnya, dan saya bangga Meghan juga dengan begitu cepat bisa menjadi salah satu bagian dari keluarga."

    Pernyataan Ratu akhirnya ditutup dengan, "Ini harapan seluruh keluarga saya bahwa kesepakatan hari ini menyetujui mereka untuk memulai hidup baru yang lebih bahagia dan tenang."

    Meskipun tak lagi memiliki gelar HRH, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Pangeran Harry juga masih berada di garis keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pernyataan Ratu Elizabeth Soal Pencopotan Gelar Kerajaan Harry dan Meghan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar