Manfaat Keanekaragaman Hayati dalam Berbagai Bidang

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Keanekaragaman hayati dapat diartikan sebagai adanya berbagai macam spesies jenis ras dari tumbuhan dan hewan. Dengan keanekaragaman hayati yang banyak dapat menghasilkan mamfat dalam berbagai bidang, contoh nya sebagai pangan manusia.Pada artikel ini saya akan membahas tentang mamfaat kenekaragaman hayati dalam berbagai bidang.

    1. Bidang pertanian

    Dengan keanekaragaman hayati yang sangat banyak maka akan menolong manusia untuk mempelajari dunia pertanian. Contoh nya dengan banyak nya ragam tumbuhan di Indonesia ini, maka pertanian Indonesia akan jauh berkembang dan di tambah tanah Indonesia sangat subur.

    1. Bidang peternakan

    Pada bidang ini manusia dapat memanfaatkan keanekaragaman hayati, khusus nya pada hewan. Dengan keanekaragaman hayati yang banyak spesies hewannya pun tentu banyak, maka akan memudahkan manusia dalam bidang peternakan.

    1. Bidang farmasi

    Dalam hal ini bidang farmasi juga ambil bagian,karena dengan banyak nya spesies hewan dan tanaman dengan hal ini manusia dapat menemukan hobat herbal yang sangat berguna bagi manusia contoh nya jahe yang sangat diperlukan manusia untuk menghangtkan tubuh.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Bidang ilmu pengetahuan

    Bidang ilmu pengetahuan juga masuk sebagai manfaat dalam bidang ini, karena dengan keanekaragaman hayati yang banyak maka manusia akan dengan mudah menuntut ilmu pengetahuan baik dengan mengamati saja atau melakukan percobaan, contoh suatu hewan memakan daun ini karena apa, dan tumbuhan kalau di beri cairan ini maka apa reaksinya. Semua itu tidak lepas dari ilmu pengetahuan, tapi perlu diingat tuntut lah ilmu pengetahuan dari alam ini untuk tujuan yang baik.

    1. Bidang industri

    Dalam bidang ini lah manusia sangat di bantu keanekaragaman hayati, karena dengan keanekaragaman yang sangat banyak ini manusia tertolong dengan tersedia nya bahan baku dalam jumlah banyak dan segar, yang akan dibutuhkan manusia sebagai bahan untuk industri nya. Contoh nya adalah sawit yang banyak dibudidayakan manusia dari sawi ini kita dapat menikmati makan yang digoreng, contoh nya lagi kapas yang berguna sebagai pakai an kita sehari hari.

    1. Bidang pariwisata

    Dengan adanya kearifan hayati ini maka alam ini akan indah, yang akan menarik wisatawan baik dari local ataupun internasional. Seperti keanekaragaman hayati lautan pada lautan terdapat banyak sekali jenis flora dan fauna bawah laut, hal ini akan membuat wisatawan asing tertarik ke Indonesia,contoh nya lagi pada hutan di dalam hutan terdapt berbagai tanaman yang indah seprti pinus jati dan mungkin kita bisa menjumpai bunga langka contoh anggrek, raflesia,bunga bangkai.Semua ini tidak lepas dari kearifan hayati.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Pekalongan

    1. Bidang ekonomi

    Dengan kearifan hayati ini perekonomian manusia sangat terbantu dengan adanya ini karena, dengan tumbuhan dan hewan yang banyak dan beragam manusia dapat memafaatkan dalam kehidupan dan ekonominya .Sebagai contoh manusia dapat mencari tanaman herbal dari hutan dan dapat memaki nya dan menjualnya.

    Mamfaat bagi kehidupan manusia

    1. Sebagai pangan

    Dengan kenaekaragaman hayati ini manusia dapat menjadikan nya sebagai sumber makanan contoh pada tanaman yang dapat di ambil dan dijadikan bahan pangan. Dan juga pada hewan contoh nya ikan dengan manusia menangkap ikan manusia dapat mengolahnya sebagai bahan pangan.

    1. Pakaian

    Dengan adanya keanakeragaman ini manusia dapat memanfaatkannya sebagai sumber pakaian contoh kapas sebagai bahan dasar baju, karet sebagai sebagai pelapis tapak sepatu dan masih banyak lagi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Sebagai bangunan

    Manusia perlu tempat tinggal, karena itu manusia dapat memanfaatkan dengan baik contoh nya papan yang diambil manusia dari hutan, dan pasir dari sungai.

    1. Sebagai budaya

    Denga tersedianya kearifanhayati manusia dapat melakukan budaya dari alam. Seperti tumbuhan yang dijadikan ukiran papan, dan silat harimau yang mengambil seperti gerakan harimau.(Alfikri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Keanekaragaman Hayati dalam Berbagai Bidang
    Sangat Suka

    14%

    Suka

    28%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    28%

    Marah

    28%

    Komentar