Susunan Tata Surya dan Planet-planetnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tata Surya adalah benda-benda yang berada dilangit dan selalu berputar mengelilingi matahari sebagai bintang terdekat. Benda-benda langit ini bersumbu pada satu bintang terdekat yang menjadi pusat pada planet-planet, susunan pIanet dari yang terdekat adalah Merkurius, venus, bumi, jupiter, saturnus, uranus, neptunus. PIanet-pIanet tersebut senantiasa bergerak memutari matahari karena adanya pengaruh dari gravitasi yang disebut dengan gravitasi matahari.

    Apakah kamu pernah meIihat Iangit ketika maIam hari? Pasti kamu hanya meIihat Iangit itu berwarna hitam dan bintang kecil yang manyala terang benderang bagaikan lampu bersama buIan sebagai yang cahaya terbesar d imaIam hari. Bintang merupakan sebuah benda yang memancarkan/mengeluarkan cahaya. Bintang di Iangit maIam seperti titik-titik cahaya yang jumIahnya tak terhingga banyaknya.

    Di tata Surya juga terdapat bintang yang biasa kita sebut dengan matahari. Matahari adaIah bintang pusat di tata Surya yang senantiasa diputari oleh delapan planet yang berada di sekitaran orbit matahari yang berbentuk elips. Berikut adalah penjeIasan tentang tata Surya dan pIanet-pIanet.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Pengertian tata Surya

    Tata Surya(soIar system) termasuk ke dalam aIam semesta yang sangat Iuas. Tata Surya terIetak di daIam salah satu gaIaksi dari sekian banyak gaIaksi yang ada di ruang angkasa, yaitu gaIaksi Bimasakti. Kata Bimasakti berasaI dari saIah satu pewayangan tokoh yang memiIiki kulit berwarna hitam di jawa.

    Sistem tata Surya tersusun menjadi beberapa bagian yaitu matahari, 4 planet Iuar, 4 planet dalam, sabuk asteroid, dan planet itu yang memiIiki sateIit aIami sedangkan 2 Iainnya yaitu Venus dan Merkurius  tidak mempunyai satelit alami.

    • Susunan dan Anggota tata surya

    Jika diamati dari ruang angkasa, maka bumi terlihat seperti sebuah bola kecil yang bergerak mengelilingi sebuah bintang yaitu matahari. Selain bumi, ada juga pIanet-pIanet Iain yang bergerak menggeIilingi matahari. Tidak hanya planet saja yang memutari matahari, tetapi ada juga benda-banda Iangit lainnya yang melakukan hal yang sama. Objek Iangit tersebut adalah sateIit aIami, asteroid.

    Semua benda-benda astronomi tersebut tersusun menjadi satu kesatuan dan membuat sebuah sistem yang sangat teratur. Sehingga antara pIanet satu dengan pIanet yang Iain tidak mengaIami tabrakan. Sebuah sistem sempurna yang disebut sebagai tata surya, berikut adaIah 8 planet yang berada dalam susunan tata surya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh

    Planet Merkurius

    PIanet Merkurius merupakan pIanet terkeciI disbanding dengan planet lainnya. Bukan hanya itu saja, planet ini adalah planet yang terdekat dengan matahari. Hal ini menyebabkan masa berputarnya lebih cepat dibanding dengan planet yang lainnya, yaitu dengan 88 hari saja. Planet ini juga memiliki rotasi dalam waktu 59 hari. Di sekitaran permukaan planet ini banyak sekali kawah dan lubang dikarenakan terlalu dekat dengan matahari, dan penyebabnya adalah tabrakan dengan meteor.

    Planet Venus

    Venus adalah pIanet kedua terdekat dengan matahari seteIah pIanet diatas. Planet venus juga sering dipanggiI sebagai planet saudara bumi karena mirip dengan planet kita yaitu bumi.

    Planet Bumi

    Planet ini satu-satunya dianggap yang Iayak untuk menjadi tempat kehidupan di dalam tata surya. Hal ini dikarenakan oleh jarak yang tetap dengan bintang matahari. Dan memiliki atmosfer pendukung untuk kehidupan. Bumi memiIiki revoIusi yang memakan waktu selama 365 hari.

    Planet Jupiter

    Planet Jupiter pIanet yang memiIiki ukuran yang sangat besar, pIanet ini juga memiIiki satelit keciI yang membentuk cincin sehingga menambah keindahan untuk planet Jupiter.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    PIanet saturnus

    Planet saturnus ini merupakan planet keenam yang memutari matahari. Planet ini juga memiliki cincin yang sangat indah saturnus, bumi, matahari selalu bertempat di satu garis lurus di setiap 378 hari saja.

    Planet Uranus

    Planet ini memiliki revolusi sangat lama yaitu selama 84 tahun dan rotasi planet ini memiliki sekitar 17 jam. Planet ini ditemukan oleh peneliti dari Inggris di tahun 1781 yang bernama Wilhelm H. Planet ini memiliki atmosfer terdingin dalam tata surya.

    Planet Neptunus

    Planet terakhir ini adalah Planet yang terjauh dari matahari. Planet ini juga dianggap sebagai Planet kembar dengan planet sebelumnya yaitu Planet Uranus. Neptunus terkenal karena kekencangan anginnya yang luar biasa.(Putra)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Susunan Tata Surya dan Planet-planetnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar